PEMANFAATAN FACEBOOK SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN MENULIS DAN BERTANGGUNG JAWAB KEPADA PUBLIK DENGAN PENGGABUNGAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DAN DRILLING PADA MATA KULIAH BPKI

Downloads

Downloads per month over past year

Utami, Citra Dewi (2017) PEMANFAATAN FACEBOOK SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN MENULIS DAN BERTANGGUNG JAWAB KEPADA PUBLIK DENGAN PENGGABUNGAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DAN DRILLING PADA MATA KULIAH BPKI. Technical Report. ISI Surakarta, Surakarta. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
PEMANFAATAN FACEBOOK_Citra Dewi Utami.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran merupakan kegiatan interaktif yang terjadi antara pendidik dan peserta didik, oleh sebab itulah dibutuhkan suasana yang nyaman dan menyenangkan dalam menjalaninya. Salah satu upaya untuk menciptakan hal tersebut adalah dengan pemilihan model serta sarana pembelajaran yang sesuai dengan karakter mata kuliah dan target pembelajarannya. Bimbingan Penulisan Karya Ilmiah (BPKI) adalah mata kuliah semester 4 pada Prodi Televisi dan Film, Jurusan Seni Media Rekam, Fakultas Seni Rupa dan Desain, Institut Seni Indonesia Surakarta. Penelitian tindakan kelas yang menggabungkan metode pembelajaran Inkuiri dan Drilling menggunakan media sosial Facebook sebagai sarana pembelajaran. Bukan sebagai media untuk menyebarkan materi tatap muka namun dimanfaatkan sebagai media pengunggahan hasil belajar mahasiswa. Siklus tindakan dilaksanakan sebanyak 2 kali. Hasil dari penelitian ini menunjukkan peningkatan rerata nilai hasil belajar sebesar 40% dan motivasi belajar yang masuk kategori sangat tinggi serta tidak ada lagi yang bermotivasi rendah. Kata Kunci : Inkuiri, Drilling, Facebook

Type: Monograph (Technical Report)
Not controling keyword: Inkuiri, Drilling, Facebook
Subject: 1. ISI Surakarta > Desain Komunikasi Visual
Divisions: Faculty of Fine Art and Design > School of Visual Communication Design
User deposit: UPT. Perputakaan
Datestamp: 08 Aug 2019 01:33
Last mod: 08 Aug 2019 01:33
URI: http://repository.isi-ska.ac.id/id/eprint/3399

Actions (login required)

View item View item