REDESAIN STAN PEDAGANG SUVENIR DI LINGKUNGAN MUSEUM SANGIRAN SRAGEN DENGAN PENDEKATAN ERGONOMI DAN BUDAYA SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN DAYA TARIK PRODUK DAN CITRA OBYEK WISATA

Downloads

Downloads per month over past year

Haryanto, Eko Sri and Utomo, Tri Prasetyo (2018) REDESAIN STAN PEDAGANG SUVENIR DI LINGKUNGAN MUSEUM SANGIRAN SRAGEN DENGAN PENDEKATAN ERGONOMI DAN BUDAYA SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN DAYA TARIK PRODUK DAN CITRA OBYEK WISATA. Technical Report. ISI Surakarta, Surakarta. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
REDESAIN STAN PEDAGANG SUVENIR DI LINGKUNGAN MUSEUM_Eko Sri Haryanto.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Stan produk suvenir merupakan sarana penting yang digunakan sebagai pendukung kelancaran kegiatan usaha di ruang publik bagi pedagang. Stan produk suvenir digunakan penjual untuk menampilkan produk dagangannya agar menarik minat pengunjung untuk datang dan melakukan kegiatan transaksi jual beli. Penelitian terapan ini bertujuan untuk mengetahui kondisi stan produk pedagang suvenir di lingkungan Museum Sangiran, kemudian dilakukan analisa dan sintesa, selanjutnya dilakukan redesain stan yang baru yang sesuai dengan tuntutan fungsi, ergonomi, budaya dan citra dari obyek wisata Museum Sangiran. Desain stan yang baru dibuat agar dapat berfungsi secara baik untuk menunjang tampilan produk khas sangiran yang dijual, pada akhirnya diharapkan ada penambahan transaksi sehingga dapat meningkatkan omset penjualan pedagang suvenir di lingkungan Museum Sangiran. Desain dibuat berdasarkan kaidah fungsi guna, aman dan nyaman secara ergonomis, serta memiliki karakter khas sesuai destinasi wisata yang ada di lingkungan Museum Sangiran. Obyek penelitian terapan desain ini adalah stan produk pedagang suvenir di lingkungan Museum Sangiran, metode yang digunakan dalam deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang didukung dengan data kuantitatif atau dapat disebut juga strategi penelitian ganda. Kuantitafif disini menggunakan data-data numerik yang merupakan hasil pengukuran dilapangan, kemudian dibandingkan dengan referensi yang dirujuk, nara sumber serta dianalisis berdasarkan intepretasi peneliti, selanjutnya kegiatan desan diawali dengan tahap product discovery sampai memperoleh hasil kreasi inovasi dalam proses product design. Hasil penelitian terapan seni/desain ini berupa desain dan moke up stan yang sesuai dengan kaidah ; fungsi, ergonomi, keindahan dan citra Museum Sangiran. Hasil penciptaan seni/desain ini diharapkan juga memberikan pengayakan materi Mata Kuliah Desain Interior dan Desain Mebel yang ada pada Program Studi Desain Interior ISI Surakarta. Kata Kunci : redesain stan, ergonomi, budaya, Museum Sangiran

Type: Monograph (Technical Report)
Not controling keyword: redesain stan, ergonomi, budaya, Museum Sangiran
Subject: 1. ISI Surakarta > Desain Komunikasi Visual
Divisions: Faculty of Fine Art and Design > School of Visual Communication Design
User deposit: UPT. Perputakaan
Datestamp: 07 Aug 2019 02:59
Last mod: 07 Aug 2019 02:59
URI: http://repository.isi-ska.ac.id/id/eprint/3385

Actions (login required)

View item View item