MODEL PEMBELAJARAN TELAAH KARYA ILMIAH MELALUI MATAKULIAH BAHASA INDONESIA DI JURUSAN SENI TARI FAKULTAS SENI PERTUNJUKAN ISI SURAKARTA

Downloads

Downloads per month over past year

Rosmiati, Ana (2016) MODEL PEMBELAJARAN TELAAH KARYA ILMIAH MELALUI MATAKULIAH BAHASA INDONESIA DI JURUSAN SENI TARI FAKULTAS SENI PERTUNJUKAN ISI SURAKARTA. Project Report. Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta, Surakarta. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
Dr Ana Rosmiati, S.Pd., M.Hum._Penelitian.pdf

Download (1MB) | Preview
Official url: http://repository.isi-ska.ac.id/

Abstract

Pembelajaran merupakan serangkain proses terjadinya interaksi antara dosen dan mahasiswa di dalam kelas dalam kegiatan proses belajar mengajar. Matakuliah Bahasa Indonesia merupakan matakuliah teori yang wajib ditempuh bagi seluruh jurusan di ISI Surakarta. Matakuliah Bahasa Indonesia termasuk yang ditempuh oleh seluruh mahasiswa Program Seni Tari. Matakuliah ini memiliki kompetensi dalam bidang ketrampilan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar sehingga dapat menyusun karya ilmiah dengan benar. Matakuliah ini memiliki kontribusi yang nyata untuk membantu mahasiswa mengembangkan tulisan menjadi sebuah karya ilmiah baik berupa makalah, paper, artikel, maupun skripsi.Dosen memerlukan suatu model tertentu yang diselaraskan dengan kondisi di kelas. Mengingat matakuliah bahasa Indonesia adalah matakuliah teori yang cenderung kurang diminati oleh mahasiswa di Jurusan Seni Tari. Peneliti di awal pertemuan sudah melakukan observsi kelas untuk menetukan model pembelajaran yang tepat untuk mahasiswa Seni tari. Model pembelajaran telaah karya tulis ilmiah mulai dilakukan untuk memberikan bekal mahasiswa dalam mempersiapkan diri dalam menyusun tugas akhir berupa skripsi. Adapun permasalahan dalam penelitian adalah bagaimana model penerapan pembelajaran telaah karya ilmiah melalui mata kuliah bahasa Indonesia pada mahasiswa Jurusan Seni Tari di ISI Surakarta dan apakah penerapan pembelajaran telaah karya ilmiah melalui matakuliah bahasa Indonesia dapat meningkatkan kemampuan menyusun karya tulis ilmiah pada mahasiswa Jurusan Seni Tari di ISI Surakarta. Metode dalam penelitian adalah observasi dan pendekatan mahasiswa di kelas. Hasil dari penelitian ini adalah menemukan model penerapan pembelajaran telaah karya ilmiah melalui matakuliah bahasa Indonesia pada mahasiswa Jurusan Seni Tari di ISI Surakarta dan mengevaluasi penerapan pembelajaran telaah karya ilmiah melalui matakuliah bahasa Indonesia untuk meningkatkan kemampuan menyusun karya tulis ilmiah pada mahasiswa Jurusan Seni Tari di ISI Surakarta.

Type: Monograph (Project Report)
Not controling keyword: Model, telaah, karya ilmiah, pembelajaran
Subject: 1. ISI Surakarta > Desain Komunikasi Visual
Divisions: Faculty of Fine Art and Design > School of Visual Communication Design
User deposit: UPT. Perpustakaan
Datestamp: 04 Jul 2019 07:44
Last mod: 04 Jul 2019 07:44
URI: http://repository.isi-ska.ac.id/id/eprint/3285

Actions (login required)

View item View item