Dr Ana Rosmiati, S.Pd., M.Hum (2018) PROBLEM BASED INTRODUCTION (PBI) SEBAGAI MODEL PEMBELAJARAN MATAKULIAH SEMINAR DI PROGRAM STUDI DESAIN KOMUNIKASI VISUAL FAKULTAS SENI RUPA DAN DESAIN ISI SURAKARTA. EC00201846510.
|
Text
Ana Rosmiati_PROBLEM BASED INTRODUCTION (PBI) SEBAGAI MODEL PEMBELAJARAN MATAKULIAH SEMINAR DI PROGRAM STUDI DESAIN KOMUNIKASI VISUAL FAKULTAS SENI RUPA DAN DESAIN ISI SURAKARTA.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) merupakan salah satu usaha untuk memperbaiki pembelajaran di kelas. PTK pada umumnya dilakukan untuk mengevaluasi dan memperbaiki proses pembelajaran yang sudah sudah dilakukan oleh para guru atau dosen. Dosen maupun guru memiliki kewajiban untuk memperbaiki model pembelajaran setiap saat untuk memperoleh hasil pembelajaran yang berkualitas. Seorang dosen apabila memiliki model pembelajaran yang tepat pada mahasiswa secara otomatis akan dapat menjamin mahasiswa dengan kompetensi yang handal pula. Model pembelajaran PBI (Problem Based Instruction) merupakan salah satu dari banyak model pembelajaran inovatif. Model ini menyajikan suatu kondisi belajar siswa aktif serta melibatkan siswa dalam suatu pemecahan masalah melalui tahap-tahap metode ilmiah. Melalui PBI ini diharapkan siswa dapat mempelajari pengetahuan yang berhubungan dengan masalah yang disajikan serta dapat memiliki suatu keterampilan dalam memecahkan masalahMatakuliah Seminar merupakan matakuliah teori yang wajib ditempuh semua mahasiswa semester VII di ISI Surakarta. Matakuliah seminar merupakan matakuliah yang wajib ditempuh oleh seluruh mahasiswa Program Desain Komunikasi Visual. Matakuliah ini memiliki kompetensi dalam bidang ketrampilan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar sehingga dapat menyusun proposal tugas akhir dengan benar. Matakuliah ini memiliki kontribusi yang nyata untuk membantu mahasiswa menyusun proposal tugas akhir baik skripsi maupun karya. Program Studi Desain Komunikasi Visual pada semester VII tahun ajaran 2016/2017 memiliki 1 kelas dengan jumlah mahasiswa 50 mahasiswa. Sementara dosen yang mengampu hanya satu orang. Hal ini tentunya tantangan yang tidak mudah untuk membimbing 50 proposal mahasiswa dalam satu semester. Maka model based learning menjadi alternatif peneliti untuk bisa mewujudkan hasil matakuliah seminar yang optimal. Tugas akhir semua mahasiswa ISI Surakarta berupa skripsi ataupun kekaryaan. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana model penerapan pembelajaran model problem based learning melalui matakuliah seminar pada mahasiswa Progdi Desain Komunikasi Visual di ISI Surakarta dan Apakah penerapan model pembelajaran problem based learning melalui matakuliah seminar dapat meningkatkan kemampuan dalam menyusun proposal tugas akhir baik skripsi atau karya pada mahasiswa Progdi Desain Komunikasi Visual di ISI Surakarta?. Penelitian dilakukan di kelas dengan mengadakan pendekatan ke per-mahasiswa di Jurusan Desain Komunikasi Visual Fakultas Seni Rupa. Penelitian dilakukan di Ruang kuliah Gedung 3Kampus II Mojosongo. Pemilihan tempat didasarkan pada beberapa pertimbangan antara lain ruang tersebut merupakan kelas untuk pembelajaran matakuliah Seminar. Penelitian berlangsung selama 6 bulan, yakni bulan September- Januari 2017 Subjek Penelitian adalah mahasiswa yang mengambil Matakuliah Seminar Tahun Akademik 2016/2017 Jurusan Desain Komunikasi Visual Fakultas Seni Rupa Institut Seni Indonesia Surakarta. Dengan demikian Kelas Seminar Tahun Akademik 2016/2017 Jurusan Desain Komunikasi Visual Fakultas Seni Rupa Institut Seni Indonesia Surakarta adalah Setting kelas. Sementara dosen pengampu Mata kuliah Seminar dijadikan subjek penelitian.
Type: | Patent |
---|---|
Not controling keyword: | HAKI, Laporan Penelitian, Model Pembelajaran, PBI |
Subject: | 1. ISI Surakarta > Desain Komunikasi Visual |
Divisions: | Faculty of Fine Art and Design > School of Visual Communication Design |
User deposit: | UPT. Perpustakaan |
Datestamp: | 17 Jan 2019 04:05 |
Last mod: | 17 Jan 2019 04:05 |
URI: | http://repository.isi-ska.ac.id/id/eprint/3059 |
Actions (login required)
View item |