PENGAPLIKASIAN GAYA ILUSTRASI DAMAR KURUNG PADA PERANCANGAN BRAND IDENTITY SAPIT BANDENG BU AMIROH GRESIK

Downloads

Downloads per month over past year

ALIF, SILVI FIRMA (2018) PENGAPLIKASIAN GAYA ILUSTRASI DAMAR KURUNG PADA PERANCANGAN BRAND IDENTITY SAPIT BANDENG BU AMIROH GRESIK. S1 thesis, FAKULTAS SENI RUPA DAN DESAIN.

[img]
Preview
Text
Silvi Firma Alif.pdf

Download (24MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK PENGAPLIKASIAN GAYA ILUSTRASI DAMAR KURUNG PADA PERANCANGAN BRAND IDENTITY SAPIT BANDENG BU AMIROH GRESIK. (Silvi Firma Alif, 2018, xv dan 115 halaman) Kekaryaan Sarjana (strata-1), Program Studi Desain Komunikasi Visual, Jurusan Desain, Fakultas Seni Rupa dan Desain, Institut Seni Indonesia Surakarta. Tugas akhir karya ini menciptakan brand identity dari Bu Amiroh dengan fokus pada satu produk yakni Sapit Bandeng Gresik, desain yang dibuat mengadaptasi dari ilustrasi Damar Kurung yang merupakan maskot dari Kota Gresik. Damar Kurung yang merupakan kerajinan khas Gresik ini memang kurang diminati oleh khalayak ramai, dan entah kenapa kerajinan ini pun menjadi sangat kritis. Karena itu strategi untuk melestarikan kerajinan Damar Kurung ini diapliksikan untuk penjualan produk oleh-oleh khas Sapit Bandeng Bu Amiroh. Selain untuk melestarikan kerajinan Damar Kurung, penggunaan lokal konten tersebut dapat memberikan pembeda dengan produk lainnya. Proses penciptaanyang dilakukan pada tahap pembuatan karya ini menggunakan riset lapangan yaitu pengamatan langsung dilapangan skaligus wawancara secara tidak langsung kepada produsen Sapit Bandeng Bu Amiroh. Selanjutnya dilakukan analisis data secara kualitatif dan analisa SWOT. Dibuat alternatif desain dari logo, kemasan, ilustrasi, stationaries, marchandise, packaging, dan iklan, yang selanjutnya dilakukan pemilihan desain dan final art work atau hasil akhir desain yang dideskripsikan. Pengaplikasian ilustrasi dengan gaya Damar Kurung pada desain logo dan ilustrasi pembuatan Sapit Bandeng mampu memberi kekuatan visual yang menunjukkan sebagai makanan khas daerah Gresik. Perancangan ini menghasilkan desain logo, stationaries, marchandise, packaging, dan iklan pada koran Jawa Pos. Desain dibuat dengan mengaplikasikan ilustrasi pembuatan Sapit Bandeng dengan gaya Ilustrasi Damar Kurung yang di layout secara konsisten. Karena sebuah produk atau brand tidak berhenti pada merek dagang saja, karena itu simbol dan elemen promosi dari Sapit Bandeng Bu Amiroh ini memiliki dampak visual yang positif dalam peningkatan produksi makanan khas Gresik dengan pengaplikasian gaya ilustrasi Damar Kurung. Kata Kunci: Brand identity, Damar Kurung, Sapit bandeng, dan Gresik

Type: Thesis (S1)
Not controling keyword: Brand identity, Damar Kurung, Sapit bandeng, dan Gresik
Subject: 1. ISI Surakarta > Desain Komunikasi Visual
Divisions: Faculty of Fine Art and Design > School of Visual Communication Design
User deposit: UPT. Perputakaan
Datestamp: 13 Dec 2018 03:47
Last mod: 13 Dec 2018 03:47
URI: http://repository.isi-ska.ac.id/id/eprint/2788

Actions (login required)

View item View item