PERANCANGAN ULANG CORPORATE IDENTITY RUMAH BATIK “ANTO DJAMIL” DI SOKARAJA DENGAN PENDEKATAN MOTIF LUMBON

Downloads

Downloads per month over past year

ASTUTI, RETNO DWI SETIO (2018) PERANCANGAN ULANG CORPORATE IDENTITY RUMAH BATIK “ANTO DJAMIL” DI SOKARAJA DENGAN PENDEKATAN MOTIF LUMBON. S1 thesis, FAKULTAS SENI RUPA DAN DESAIN.

[img] Text
RETNO DWI S.A..pdf

Download (24MB)

Abstract

ABSTRAK “PERANCANGAN ULANG CORPORATE IDENTITY RUMAH BATIK “ANTO DJAMIL” DI SOKARAJA DENGAN PENDEKATAN MOTIF LUMBON”. (Retno Dwi Setio Astuti, i-184) Tugas Akhir Karya Program Studi Desain Kmunikasi Visual, Jurusan Desain, Fakultas Seni Rupa dan Desain, Institut Seni Indonesia Surakarta. Rumah Batik “Anto Djamil” merupakan salah satu produsen batik Banyumas yang masih produktif Di Sokaraja Banyumas, selain tempatnya yang strategis perusahaan tersebut juga menyediakan tempat workshop untuk para pengunjung belajar membatik. Corporate identity adalah suatu cara yang memungkinkan suatu perusahaan untuk dikenal dan dibedakan dari perusahaan lainnya, melalui penyeragaman penampilan fisik dari beberapa aspek perusahaan. Namun ditinjau dari segi visual Rumah Batik “Anto Djamil” memiliki kekurangan dalam hal corporate identity sehingga tidak memiliki identitas yang jelas dan tidak menggambarkan karakter perusahaan. Oleh sebab itu, perlu adanya perancangan ulang corporate identity perusahaan agar konsisten dan menggambarkan karakter perusahaan tersebut. Metode yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif dan analisis SWOT serta metode perancangan logo oleh Surianto Rustan, namun pada tahap review menggunakan teori David E Carter kemudian metode perancangan media promosi oleh Rama Kerta Mukti. Menggunakan pendekatan motif Lumbon sebagai ide dasar perancangan ini akan mampu memperkuat karakter atau identitas perusahaan sebagai produsen Batik Banyumasan. Hasil dari perancangan ini berupa sebuah sistem identitas visual baru yang terdiri dari logo, tipografi, warna, supergraphic serta gaya beriklan yang baru. Kemudian diterapkan pada beberapa media promosi yang mampu menjangkau target audience, seperti billboard, print ad (koran, majalah, dan poster), website, media sosial, serta transit ad. Hal ini perlu dilakukan untuk mempromosikan Rumah Batik “Anto Djamil” dengan corporate identity yang baru kepada masyarakat. Kata kunci : Perancangan Corporate Identity, Rumah Batik “Anto Djamil”, Motif Lumbon, Media Promosi.

Type: Thesis (S1)
Not controling keyword: Perancangan Corporate Identity, Rumah Batik “Anto Djamil”, Motif Lumbon, Media Promosi.
Subject: 1. ISI Surakarta > Desain Komunikasi Visual
Divisions: Faculty of Fine Art and Design > School of Visual Communication Design
User deposit: UPT. Perputakaan
Datestamp: 13 Dec 2018 02:03
Last mod: 13 Dec 2018 02:03
URI: http://repository.isi-ska.ac.id/id/eprint/2779

Actions (login required)

View item View item