DIANPUTRI, PITA (2018) STRATEGI KREATIF PERIKLANAN “PINED WEARHOUSE PERIGEE” MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM. S1 thesis, FAKULTAS SENI RUPA DAN DESAIN.
|
Text
Pita DianPutri.pdf Download (15MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Perkembangan dunia fashion (gaya atau mode berpakaian) merupakan perkembangan yang paling pesat terjadi dan tidak dapat dipungkiri bahwa pakaian adalah kebutuhan pokok manusia. Perkembangan pesat ini membuat berbagai pihak toko pakaian berlomba-lomba dalam menciptakan sebuah strategi kreatif dari segi desain visual dan media yang akan digunakan untuk kegiatan periklanannya. Poster dipilih sebagai salah satu media yang digunakan untuk menarik perhatian konsumen dalam dunia berpakaian serta media sosial instagram dipilih sebagai pelengkap untuk mendukung keberhasilan kegiatan promosi ini. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan tentang bagaimana strategi kreatif periklanan toko pakaian Pined Wearhouse Perigee yang bersegmen concept store (toko yang berkonsep) dan memililih media sosial Instagram sebagai media beriklannya. Metode penelitian yang dipilih yaitu kualitatif deskriptif dengan mengumpulkan data melalui proses dokumentasi, studi kepustakaan, observasi dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan menganalisis beberapa tahapan strategi kreatif melalui permasalahan yang ada, survey khalayak untuk target market yang dituju, posisi brand seperti apa yang ingin dihadirikan dalam benak konsumen, tujuan komunikasi yang ingin dicapai, usulan berupa ide yang digunakan untuk menenentukan karakter beriklannya, media poster yang dipilih dan media sosial instagram digunakan sebagai media untuk meluncurkan iklannya, serta arah kreatif sebagai sebuah gaya penyampaian pesan yang unik karena memiliki karakter periklanan yang informatif tetatpi dengan cara yang transformatif. Menganalisis konsep dari desain poster dengan mengurai elemen dan unsur desain dari logo, ilustrasi, tipografi, layout, dan warna. Serta pemanfaat media sosial Instagram sebagai media promosi dapat uraikan dengan beberapa spesifikasi yaitu konsumen, efektifitas media, kompetisi di pasar terhadap produk, biaya, dan fleksibilitas media. Hasil dari penelitian ini bahwa Pined Wearhouse Perigee merupakan sebuah toko yang memiliki konsep yang ingin tampil beda dengan toko pakaian lain di kota Solo dari segi konsep desain periklannanya, dan fokus utama media periklanan online (media sosial Instagram) dipilih sebagai media periklanannya. Kata Kunci : Strategi Kreatif Periklanan, Media Sosial, Fashion
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Not controling keyword: | Strategi Kreatif Periklanan, Media Sosial, Fashion |
Subject: | 1. ISI Surakarta > Desain Komunikasi Visual |
Divisions: | Faculty of Fine Art and Design > School of Visual Communication Design |
User deposit: | UPT. Perputakaan |
Datestamp: | 13 Dec 2018 01:49 |
Last mod: | 13 Dec 2018 01:49 |
URI: | http://repository.isi-ska.ac.id/id/eprint/2775 |
Actions (login required)
View item |