PERANCANGAN IDENTITAS VISUAL DAN MEDIA PROMOSI IKLAN CETAK MUSEUM KERETA API BONDOWOSO

Downloads

Downloads per month over past year

Nova, Angga Aditiya (2018) PERANCANGAN IDENTITAS VISUAL DAN MEDIA PROMOSI IKLAN CETAK MUSEUM KERETA API BONDOWOSO. S1 thesis, Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta.

[img] Text
ANGGA ADITIYA NOVA.pdf

Download (25MB)
Official url: http://repository.isi-ska.ac.id/

Abstract

Museum Kereta Api Bondowoso, merupakan tempat wisata sejarah transportasi kereta api jaman Hindu- Belanda yang terletak di Bondowoso Jawa Timur. Salah satu koleksinya yang terkenal adalah adanya Gerbong Maut sebagai saksi sejarah kejamnya masa kolonialisme. Dengan dijadikannya lokasi ini menjadi Museum Kereta Api Bondowoso maka diperlukan kegiatan branding image, atau icon yang menjadikan simbol tersendiri pada museum kereta api. Tujuan dari perancangan ini untuk melakukan merancang identitas visual sebagai brand image Museum Kereta Api Bondowoso dan mengaplikasikannya melalui media promosi iklan cetak yang sesuai dan efektif. Metode perancangan ini melalui beberapa tahapan dimulai dari teknik pengumpulan data dengan melalui observasi, wawancara, studi dokumentasi, dan menganilisis SWOT, kemudian dilanjut dengan tahapan sket dan digitaliasasi desain terpilih. Konsep perancangan identitas visual seperti logo dirancang dari gabungan picturemark dan letter mark. Picturemark berupa deformasi dari bentuk dari Gerbong pengangkut barang, letter mark yang bertuliskan nama dari Museum Kereta Api Bondowoso dan tagline merupakan pesan pokok yang ingin disampaikan. Aplikasi pada media dibuat dengan tujuan memperkenalkan logo dan unsur Identitas Visual lainnya tersebut kepada masyarakat. Hasil perancangan ini berupa media promosi iklan cetak yang meliputi: Poster, Iklan Surat Kabar, Corporate Identity, Merchandise, seperti kaos, gantungan kunci, mug, vandel, topi, roll banner, infografis, dan selebaran yang dirancang dalam proses visualisasi desain yang seragam atau tematik. Melalui media perancangan promosi iklan cetak ini harapannya dapat memperkenalkan kepada masyarakat terkait identitas yang baru, yang memiliki jiwa dan filosofi untuk memperkuat brand image dari identitas Museum Kereta Api Bondowoso.

Type: Thesis (S1)
Subject: 1. ISI Surakarta > Desain Komunikasi Visual
Divisions: Faculty of Fine Art and Design > School of Visual Communication Design
User deposit: UPT. Perpustakaan
Datestamp: 12 Dec 2018 01:53
Last mod: 12 Dec 2018 01:53
URI: http://repository.isi-ska.ac.id/id/eprint/2765

Actions (login required)

View item View item