STRATEGI KREATIF PEMENANG LOMBA POSTER DEEP & EXTREME INDONESIA 2016

Downloads

Downloads per month over past year

FATMASARI, IKA (2018) STRATEGI KREATIF PEMENANG LOMBA POSTER DEEP & EXTREME INDONESIA 2016. S1 thesis, FAKULTAS SENI RUPA DAN DESAIN.

[img]
Preview
Text
Ika Fatmasari.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Perancangan poster kreatif, dituntut untuk dapat menciptakan sesuatu yang berbeda dalam menarik perhatian masyarakat bahkan mempengaruhinya apalagi poster untuk sebauh gerakan/kampanye seperti Iklan Layanana Masyarakat (ILM . Untuk mencapai itu dibutuhkan sebuah strategi kreatif yang bisa dikemas dalam strategi komunikasi visual, di mana bukan hanya dituntut menampilkan visual yang bagus saja, tetapi juga mengkombinasikan elemen-elemen desain untuk menjadi kesatuan visual yang mempunyai pesan yang akan disampaikan. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metodologi kualitatif, dengan pendekatan deskriptif, di mana data yang dikumpulkan berupa wawancara, observasi dan studi pustaka terhadap desain para pemenang lomba poster Deep & Extreme Indonesia 2016. Penelitian ini menunjukan bahwa setiap desain pada setiap finalis memiliki strategi kreatif yang berbeda dilihat dari ilustrasi, tipografi, layout, dan warna. Juara 1 menggunakan Layout prinsip keseimbangan simetris, untuk gaya Layout ini menggunakan dua elemen yang diletakan dengan tempat dan jarak yang sama, warna putih menjadi warna dominan, selain itu untuk typografi mengunakan jenis lato. Untuk juara ke dua sendiri pemenang mengunakan warna gelap seperti biru dan hitam, selain itu untuk ilustrasinya mengunakan ide poster yang original. Sedangkan untuk juara 3 mengunakan layout jenis picture window layout jenis layout ini memiliki tampilan gambar yang besar menjadi ciri utama tata letak ini, diikuti dengan keterangan gambar yang memiliki porsi yang kecil. Ketiga poster tersebut mengandung pesan-pesan strategi kreatif yang dapat menarik dewan juri, untuk menjadi pemenang. Sebuah karya desain yang menjadi pemenang dalam lomba ini, dapat menjadi tolok ukur bagi desainer lainnya untuk membuat desain agar menarik pada visual maupun dalam pesan-pesan yang terkandung. Kata kunci: Strategi kreatif, Poster, Deep & Extreme Indonesia.

Type: Thesis (S1)
Not controling keyword: Strategi kreatif, Poster, Deep & Extreme Indonesia.
Subject: 1. ISI Surakarta > Desain Komunikasi Visual
Divisions: Faculty of Fine Art and Design > School of Visual Communication Design
User deposit: UPT. Perputakaan
Datestamp: 07 Dec 2018 08:23
Last mod: 07 Dec 2018 08:23
URI: http://repository.isi-ska.ac.id/id/eprint/2692

Actions (login required)

View item View item