LANDMARK SEBAGAI STRATEGI KREATIF PADA IKLAN TELEVISI PRODUKSI 25 FRAMES (IKLAN TEH BOTOL SOSRO “VERSI UNIKNYA NEGERI”)

Downloads

Downloads per month over past year

KUNTI, DEWI (2018) LANDMARK SEBAGAI STRATEGI KREATIF PADA IKLAN TELEVISI PRODUKSI 25 FRAMES (IKLAN TEH BOTOL SOSRO “VERSI UNIKNYA NEGERI”). S1 thesis, FAKULTAS SENI RUPA DAN DESAIN.

[img] Text
Dewi Kunti.pdf

Download (12MB)

Abstract

ABSTRAK Dewi Kunti. 12151107. Landmark Sebagai Strategi Kreatif Pada Iklan Televisi Produksi 25 Frames (Iklan Teh Botol Sosro). Skripsi (S1) Program Studi Desain Komunikasi Visual. Fakultas Desain. ISI Surakarta. Suatu iklan harus mampu mempersuasif khalayak untuk mencapai tujuan pemasaran dengan memperhatikan pesan-pesan yang disampaikan. Agar dapat membuat pesan periklanan yang menarik perhatian konsumen diperlukan strategi kreatif dalam periklanan. Penelitian ini yang mengkaji tentang landmark sebagai stretegi kreatif iklan televisi produksi 25 Frames, dengan kajian iklan Teh Botol Sosro Versi Uniknya Negeri.. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan strategi kreatif iklan yang dilakukan oleh PH 25 Frames dengan mengusung tema uniknya negeri. Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis interaktif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dengan dua narasumber yang terkait, yaitu Ipang Wahid selaku Art Director dan Nizar Bajri selaku Assistant Director dan Director of Photography. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa proses kreatif yang dilakukan oleh 25 Frames dalam menciptakan iklan ialah strategi resonansi, yaitu lebih menitik beratkan pada situasi atau kondisi yang menguatkan pengalaman hidup konsumen dalam menikmati keberagaman yang ada di Indonesia. Di tengah keberagaman itu, Teh Botol Sosro mengambil bagian untuk menjadi minuman yang dapat menemani masyrakat dalam menikmati keberagaman tersebut. Image landmark yang ada didalam iklan juga sangat mendukung Tagline “Apapun.. Minumnya Teh Botol Sosro”. Landmark yang terdapat dalam iklan Teh Botol Sosro Versi Uniknya Negeri antara lain, Tugu Selamat Datang Jakarta, Jembatan Ampera dan sungai Musi Palembang, Pantai Natsepa Maluku, Ubud Bali dan Malioboro Yogyakarta. Melalui strategi kreatif dengan menggunakan keberagaman landmark dapat disimpulkan bahwa pengiklan mencoba mengingatkan serta menginformasikan konsumen terhadap produk teh botol sosro melalui landmark dan keberagaman Indonesia yang terdapat dalam iklan. Kata Kunci : Landmark, Strategi Kreatif, Iklan Televisi, Teh Botol Sosro, Tagline.

Type: Thesis (S1)
Not controling keyword: Landmark, Strategi Kreatif, Iklan Televisi, Teh Botol Sosro, Tagline.
Subject: 1. ISI Surakarta > Desain Komunikasi Visual
Divisions: Faculty of Fine Art and Design > School of Visual Communication Design
User deposit: UPT. Perputakaan
Datestamp: 06 Dec 2018 05:47
Last mod: 06 Dec 2018 05:47
URI: http://repository.isi-ska.ac.id/id/eprint/2677

Actions (login required)

View item View item