PERANCANGAN VISUAL BRANDING FESTIVAL JENANG KEDUNGGUDEL SEBAGAI PROMOSI KULINER TRADISIONAL KHAS KELURAHAN KENEP, KECAMATAN SUKOHARJO

Downloads

Downloads per month over past year

ASRI, BAYU (2018) PERANCANGAN VISUAL BRANDING FESTIVAL JENANG KEDUNGGUDEL SEBAGAI PROMOSI KULINER TRADISIONAL KHAS KELURAHAN KENEP, KECAMATAN SUKOHARJO. S1 thesis, FAKULTAS SENI RUPA DAN DESAIN.

[img]
Preview
Text
Bayu Asri.pdf

Download (16MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Festival Jenang Kedunggudel merupakan event yang bertujuan untuk mengangkat dan mempromosikan Jenang Kedunggudel sebagai kuliner tradisional khas Dusun Kedunggudel, Kelurahan Kenep, Kecamatan Sukoharjo, Kabupaten Sukoharjo. Event tersebut memerlukan visual branding supaya promosi kuliner jenang khas Dusun Kedunggudel dapat tepat sasaran sesuai target audience dan mampu menjadi daya tarik bagi wisatawan, sehingga potensi wisata yang ada di sekitarnya ikut terangkat. Desain visual branding yang dibuat menggambarkan karakter masyarakat setempat yang ramah dan menampakkan citra potensi budaya Jawa yang kental, potensi alam yang masih asri, dan keanekaragaman produk khas Dusun Kedunggudel. Metode perancangan visual branding yang digunakan mengadaptasi metode perancangan brand awareness, di mana target audience dirangsang untuk mengenali dan mengingat Festival Jenang Kedunggudel ketika mendengar festival kuliner, sehingga brand image mengenai Jenang Kedunggudel akan terbentuk. Proses penciptaan visual branding dibagi menjadi empat tahap, yaitu eksplorasi, eksperimentasi, perwujudan, dan evaluasi. Perancangan logo melalui tahap thumbnails, sketsa, computerize yang terbagi menjadi rough layout dan comprehensive layout, serta Graphic Standard Manual (GSM). Aplikasi media yang dibuat terdiri dari stationery, display material, dan media luar ruang. Manfaat hasil perancangan bagi penyelenggaraan Festival Janang Kedunggudel yaitu mampu memberikan identitas visual yang mencerminkan karakter Dusun Kedunggudel dan sebagai media promosi yang mampu menarik wisatawan untuk datang berkunjung. Kata kunci : visual branding, festival, jenang, Kedunggudel

Type: Thesis (S1)
Not controling keyword: Kata kunci : visual branding, festival, jenang, Kedunggudel
Subject: 1. ISI Surakarta > Desain Komunikasi Visual
Divisions: Faculty of Fine Art and Design > School of Visual Communication Design
User deposit: UPT. Perputakaan
Datestamp: 06 Dec 2018 05:23
Last mod: 06 Dec 2018 05:23
URI: http://repository.isi-ska.ac.id/id/eprint/2673

Actions (login required)

View item View item