PENEMPATAN PRODUK (PRODUCT PLACEMENT) DALAM FILM ADA APA DENGAN CINTA 2

Downloads

Downloads per month over past year

SANTIKA, AMELIA PUTRI (2018) PENEMPATAN PRODUK (PRODUCT PLACEMENT) DALAM FILM ADA APA DENGAN CINTA 2. S1 thesis, FAKULTAS SENI RUPA DAN DESAIN.

[img] Text
AMELIA PUTRI SANTIKA.pdf

Download (10MB)

Abstract

ABSTRAK Penempatan Produk Dalam Film Ada Apa Dengan Cinta 2, Amelia Putri Santika 12151126. Pada era sekarang ini film bukan hanya menjadi media hiburan saja namun film juga menjadi media promosi sebuah produk atau sebagai media untuk mengiklankan suatu produk atau iklan layanan masyarakat. Hal itu disebabkan karena para pemasar mungkin beranggapan bahwa pada era sekarang ini iklan yang ditampilkan pada saat jeda sebuah program sudah tidak begitu efektif, karena dalam media televisi, kebanyakan pemirsa akan mengganti channel pada saat jeda program yang sedang dilihatnya. Salah satu film yang bisa dikatakan populer adalah film “Ada Apa Dengan Cinta 2” ada beberapa produk yang disisipkan dalam film ini antara lain Aqua, Loreal Paris, dan Line. Masalah dalam penelitian ini bagaimana analisis penempatan produk dari produk yang ada dalam film Ada Apa Dengan Cinta 2. Tujuan dalam penelitian ini adalah menganalisis beberapa produk yang sengaja ditempatkan (Product Placement) dalam film Ada Apa Dengan Cinta 2. Metode penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian penempatan produk dalam film ini di analisis berdasarkan sifat iklan menurut Fandy Tjiptono yaitu public presentation, persuasiveness, amplified expressiveness, impersonality. Pada film ini terdapat delapan produk didalamnya, namun pada penelitian ini hanya diambil 3 produk saja. Tiga produk tersebut adalah Aqua, Loreal, dan Line. Beberapa produk dalam film ini memiliki sifat yang berbeda-beda. Aqua lebih terkesan terlihat ajakannya untuk menggunakan produknya, begitu pun Line yang berulang kali terlihat mengajak untuk menggunakan fiturnya hal ini membuktikan bahwa pada penempatan produk dalam film ini Aqua dan Line bersifat Persuasiveness. Berbeda halnya dengan Loreal yang tidak memperlihatkan ajakan nya untuk menggunakan produknya, hal ini menunjukan bahwa penempatan produk Loreal dalam film ini termasuk impersonality. Penempatan produk dalam film mampu menjadi media promosi bagi produsen atau pihak pengiklan. Kata kunci : film, produk, iklan, analisis, penempatan produk.

Type: Thesis (S1)
Not controling keyword: film, produk, iklan, analisis, penempatan produk.
Subject: 1. ISI Surakarta > Desain Komunikasi Visual
Divisions: Faculty of Fine Art and Design > School of Visual Communication Design
User deposit: UPT. Perputakaan
Datestamp: 06 Dec 2018 05:14
Last mod: 06 Dec 2018 05:14
URI: http://repository.isi-ska.ac.id/id/eprint/2671

Actions (login required)

View item View item