eprintid: 7954 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 31 dir: disk0/00/00/79/54 datestamp: 2025-12-10 03:39:59 lastmod: 2025-12-10 03:39:59 status_changed: 2025-12-10 03:39:59 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Shafa, Alya Dhiya title: RESISTENSI TOKOH JENG YAH TERHADAP NILAI-NILAI PATRIARKI MELALUI STAGING DAN MOVEMENT DALAM SERIES GADIS KRETEK ispublished: unpub subjects: AK divisions: sch_man full_text_status: public keywords: Resistensi, Patriarki, Staging dan Movement, Film abstract: Alya Dhiya Shafa, 2024, Resistensi Tokoh Jeng Yah Terhadap Nilai-Nilai Patriarki Melalui Staging dan Movement Dalam Series Gadis Kretek, Tugas Akhir Fakultas Seni Rupa dan Desain, Jurusan Seni Media Rekam, Program Studi Televisi dan Film, Institut Seni Indonesia Surakarta. Penelitian ini mengkaji resistensi tokoh Jeng Yah terhadap nilai-nilai patriarki dalam Series "Gadis Kretek". Serial ini mengisahkan perjuangan seorang perempuan yang ingin meneruskan usaha kretek ayahnya namun dihadang oleh norma-norma gender yang kaku. Dengan menggunakan pendekatan teori feminisme kekuasaan, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan staging dan movement yakni melalui dialog, narasi, ekspresi, dan gerak tubuh untuk selanjutnya diidentifikasi adegan-adegan yang menunjukkan konflik dan resistensi terhadap patriarki. Metode kualitatif deskriptif digunakan untuk menentukan adegan-adegan yang memenuhi kriteria resistensi, yaitu yang menunjukkan perlawanan terhadap prinsip-prinsip feminisme kekuasaan, seperti hak perempuan untuk menentukan jalannya sendiri, pengalaman perempuan yang dihargai setara dengan laki-laki, dan perempuan memiliki hak untuk mengatakan kebenaran mengenai pengalaman hidupnya. Adegan dipilih berdasarkan dialog, narasi dan mise en scene yang memperkuat resistensi patriarki pada 5 episode series ini. Analisis dilakukan menggunakan pendekatan Miles dan Huberman, yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tokoh Jeng Yah mampu meresistensi nilai patriarki yang diterima sehingga mencapai 5 poin feminisme kekuasaan. date: 2024-10-07 date_type: completed pages: 146 institution: Institut Seni Indonesia Surakarta department: Fakultas Seni Rupa dan Desain thesis_type: s1 thesis_name: ssn official_url: https://repository.isi-ska.ac.id referencetext: DAFTAR ACUAN Artikel Amanah, N. (2023). Di Mana Letak Kota M yang Hits dalam Serial Gadis Kretek? Okezone Travel. https://travel.okezone.com/read/2023/11/13/408/2919506/di-mana-letak- kota-m-yang-hits-dalam-serial-gadis-kretek Ashari, F. (2023). “Gadis Kretek” tempati posisi 10 besar series Netflix secara global. Antara News. https://www.antaranews.com/berita/3836784/gadis- kretek-tempati-posisi-10-besar-series-netflix-secara-global Bedah Bareng Sosok Dasiyah, Si Introvert Penuh Visi. (2023). Netflix Indonesia. https://youtu.be/ho1IaqBbhsg?si=f2jFKuSlkDVf-ho6 CNN. (2023). Ario Bayu Berusaha Keras Kurangi Maskulinitas Soeraja di Gadis Kretek. CNN Indonesia. ILO, I. L. O. (2020). Indonesia supports the global movement towards equal pay. https://www.ilo.org/resource/news/indonesia-supports-global-movement- towards-equal-pay Kamila Andini dan Hasrat Menghidupkan “Gadis Kretek.” (2023). Narasi WMNLYFE. https://youtu.be/tUaRB57b0dI?si=F5kFbTcAAuSzY_l3 Khairunnisa, N. (2023). Gadis Kretek Tayang Perdana di Busan International Film Festival 2023. Narasi.Tv. https://narasi.tv/read/narasi-daily/gadis-kretek-di- busan-international-film-festival#google_vignette McKinsey Global Institute. (2018). the Power of Parity : Advancing Women ’ S Equality in Asia Pacific. In McKinsey Global Institute (Issue November). http://www.mckinsey.com/insights/growth/the_power_of_parity_advancing_ womens_equality_in_india Netflix. (2023a). “Gadis Kretek” Masuk dalam Daftar Top 10 Global Netflix. Netflix. https://about.netflix.com/id/news/cigarette-girl-enters-netflix-global- top-10 Netflix. (2023b). Netflix Hadirkan Trailer dan Poster Serial Drama ‘Gadis Kretek.’ About Netflix. https://about.netflix.com/id/news/netflix-reveals-newest- trailer-and-poster-for-indonesian-period-drama Putri, S. K., Sunarto, S., & Santoso, H. P. (2023). RESISTENSI PEREMPUAN TERHADAP DOMESTIFIKASI DALAM FILM YUNI (2021). Interaksi Online, 11(3). Raihan, O. K. (2023, September). Fakta-Fakta “GADIS KRETEK”, Sebuah Kisah Cinta Berbalut Sejarah yang Menjadi Serial Indonesia Pertama Original Netflix. Kapanlagi.Com. https://www.kapanlagi.com/showbiz/film/indonesia/fakta-fakta-8220gadis- kretek8221-sebuah-kisah-cinta-berbalut-sejarah-yang-menjadi-serial- indonesia-pertama-original-netflix-be82cb.html?page=7 Swift, J. and, & Gould, H. (2021). Respect for Children Not An Object: On Sexualization and Exploitation of Women and Girls. UNICEF. https://www.unicefusa.org/stories/not-object-sexualization-and-exploitation- women-and-girls-0#:~:text=Objectification and sexualization of girls,least 128 once in her life. Yolandha, F. (2023). Novel Populer Gadis Kretek Diterjemahkan dalam Bahasa Filipina, Malaysia, dan Thailand. Republika.Id. https://ameera.republika.co.id/berita/s1ncm0370/novel-populer-gadis-kretek- diterjemahkan-dalam-bahasa-filipina-malaysia-dan-thailand Buku Aizid, R. (2024). Pengantar Feminisme. Anak Hebat Indonesia. https://books.google.co.id/books?id=MRX3EAAAQBAJ Bordwell, D., Thompson, K., & Smith, J. (2008). Film Art ; An introduction. Mc Graw Hill Educatio. Irianto, S. (2003). Perempuan Di Antara Berbagai Pilihan Hukum. Yayasan Pustaka Obor Indonesia. https://books.google.co.id/books?id=GPP1DQAAQBAJ Kozloff, S. (1988). Invisible Storytellers. University of California Press. http://www.jstor.org/stable/10.1525/j.ctt1pp12j Kozloff, S. (2000). Overhearing Film Dialogue. University of California Press. https://books.google.co.id/books?id=NYPi_iUuaOAC Pratista, H. (2008). Memahami Film - Edisi 1. Montase Press. https://books.google.co.id/books?id=BSOqEAAAQBAJ Wolf, N. (1993). Fire with Fire: The New Female Power and how it Will Change the 21st Century. Random House. https://books.google.co.id/books?id=kUgqAAAAYAAJ Filmografi Andini, K., & Isfansyah, I. (2023). Gadis Kretek. Jurnal Annatasya, B. F., & Saksono, L. (2021). Resistensi perempuan dalam film nur eine frau karya sherry hormann: kajian feminisme kekuasaan Naomi Wolf. E- Journal Identitaet, 10(2), 1–10. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/identitaet/article/view/41013 Apriliani Basnapal, R., & Retno Wulan, R. (2019). Presentasi Perempuan dalam Perspektif Ekofeminisme pada Film Marlina Si Pembunuh dalam Empat Babak. Jurnal Komunikasi, 13(2), 151–164. https://doi.org/10.20885/komunikasi.vol13.iss2.art3 Maghfiroh, D. L., & Zawawi, M. (2020). Resistensi Perempuan Dalam Film For Sama: Kajian Timur Tengah Perspektif Feminisme Naomi Wolf. Nusa: Jurnal Ilmu Bahasa Dan Sastra, 15(4), 506–520. https://doi.org/10.14710/nusa.15.4.506-520 Mutiah, R. (2019). Sistem Patriarki Dan Kekerasan Atas Perempuan. Komunitas, 10(1), 58–74. https://doi.org/10.20414/komunitas.v10i1.1191 Narti, S., & Syaputra, D. (2024). Discrimination against women in film “ Gadis Kretek .” 12(2), 130–138. Safira, D., Kurniawan, D. F., Al-hamzi, A. M. S., Rochnadia, J., Yudhitya, N., & Tengah, J. (2023). THE NARRATIVE ELEMENTS OF ISLAMIC 129 RESISTANCE TO TERRORISM ISSUES IN THE MOVIE BULAN TERBELAH DI LANGIT. https://doi.org/10.33153/capture.v14i3.4174 Sucita, S. P., & Kurniawan, D. F. (2024). Analisis Mise En Scene dalam Interaksi Tokoh Yuni dengan Para Tokoh Antagonis pada film Yuni. CandraRupa : Journal of Art, Design, and Media, 3(1), 35–39. https://e- journals.dinamika.ac.id/Candrarupa/article/view/625 Ward, L. M., & Grower, P. (2020). Media and the Development of Gender Role Stereotypes. Annual Review of Developmental Psychology, 2(1), 177–199. https://doi.org/10.1146/annurev-devpsych-051120-010630 citation: Shafa, Alya Dhiya (2024) RESISTENSI TOKOH JENG YAH TERHADAP NILAI-NILAI PATRIARKI MELALUI STAGING DAN MOVEMENT DALAM SERIES GADIS KRETEK. S1 thesis, Institut Seni Indonesia Surakarta. document_url: http://repository.isi-ska.ac.id/7954/1/Alya%20Dhiya%20Shafa%20-%20UP.pdf