eprintid: 7953 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 31 dir: disk0/00/00/79/53 datestamp: 2025-12-10 03:31:18 lastmod: 2025-12-10 03:31:18 status_changed: 2025-12-10 03:31:18 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Firdauzi, Alma Aulia title: INTERAKSI TOKOH PAK DOMU SEBAGAI PENGUAT CERITA DALAM FILM NGERI-NGERI SEDAP ispublished: unpub subjects: AK divisions: sch_man full_text_status: public keywords: Film Ngeri-Ngeri Sedap, Tokoh, Interaksi, Gestur, Ekspresi, Pergerakan abstract: Alma Aulia Firdauzi, 2024, INTERAKSI TOKOH PAK DOMU SEBAGAI PENGUAT CERITA DALAM FILM NGERI-NGERI SEDAP, Tugas Akhir Fakultas Seni Rupa dan Desain, Jurusan Seni Media Rekam, Prodi Film dan Televisi, Institut Seni Indonesia Surakarta. Film Ngeri-Ngeri Sedap adalah salah satu film yang mengangkat keluarga dengan budaya Batak yang tayang di bioskop pada tanggal 2 Juni 2022 kemudian tayang dalam platform streaming Netflix pada tanggal 6 Oktober 2022. Keegoisan Pak Domu yang menganggap istri dan anak-anaknya harus mengikuti perintahnya membuat hubungannya dengan keluarganya menjadi hancur. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan gestur, ekspresi, dan pergerakan dalam interaksi tokoh Pak Domu dengan tokoh lainnya sebagai penguat cerita. Penelitian ini menggunakan film Ngeri- Ngeri Sedap sebagai objek penelitian dan berfokus pada interaksi yang terjadi antara tokoh Pak Domu dengan Mak Domu, Domu, Sarma, Gabe, dan Sahat dalam film tersebut. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data berupa adegan-adegan yang mengandung interaksi antara Pak Domu dengan Mak Domu, Domu, Sarma, Gabe, dan Sahat yaitu adegan nomor scene 2, 11, 14, 15, 21, 30, 63, 68, 69, 72, dan 79. Hasil analisis interaksi dapat diketahui bahwa gestur, ekspresi wajah, dan pergerakan dari tokoh memiliki tujuan yang dapat memengaruhi perkembangan tujuan tokoh Pak Domu. Selanjutnya analisis pengaruh interaksi tokoh dilakukan untuk mengetahui pengaruhnya sebagai penguat cerita. Hasil penelitian interaksi tokoh Pak Domu dengan Mak Domu, Domu, Sarma, Gabe, dan Sahat dapat disimpulkan bahwa melalui gestur, ekspresi wajah, dan pergerakan memiliki tujuan yang memengaruhi perkembangan tujuan tokoh Pak Domu dalam setiap sampel scene yang diteliti sehingga dapat memperkuat cerita dalam film Ngeri- Ngeri Sedap. date: 2024-01-10 date_type: completed pages: 130 institution: Institut Seni Indonesia Surakarta department: Fakultas Seni Rupa dan Desain thesis_type: s1 thesis_name: ssn official_url: https://repository.isi-ska.ac.id referencetext: 123 DAFTAR ACUAN Buku Ali, M., Asrori, M. (2014). Psikologi Remaja: Perkembangan Peserta Didik. Jakarta Bumi Aksara. Bordwell, D., & Thompson, K. 2008. Film art: An introduction (8th ed.). McGraw Hill. Fatoni, A. (2011). Metodologi Penelitian dan Teknik Penyusunan Skripsi. Jakarta:Rineka Cipta. Fauzy, A. (2019). Metode Sampling. Banten: Universitas Terbuka HB. Sutopo. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif (Dasar Teori dan Terapannya Dalam Penelitian). Surakarta: Sebelas Maret Press. Iswantara, Nur. (2016). Drama: Teori Dan Praktik Seni Peran. Yogyakarta: Media Kreatifa. Mark, T G. (2023). Directing the Play. Vernon Press: United States. Moleong, L J. (2013). Metode Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Morris, Desmond. (1977). Manwatching: A Field Guide to Human Behavior, Harry N. Abrams, Inc., New York. Nurgiyantoro, B. (1998). Teori Pengkajian Fiksi. Gajah Mada University Press. 124 Pratista, Himawan. (2008). Memahami Film. Homerian Pustaka: Yogyakarta. Roberts, Stave. (2011). Character Animation Fundamentals. Elsevier Ltd: United Kingdom. Sudariyanto. (2020). Interaksi Sosial. Alprin. Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. Zaka Putra Ramdani. (2015). Gesture: Mengungkap Makna Di Balik Bahasa Tubuh Orang Lain Dari Mikroekspresi Hingga Makroekspresi. Klaten: PT. Hafamira. Artikel Andriyani, V., Rozi, F. (2022). Makna Keluarga Batak Pada Film Ngeri-Ngeri Sedap. Pendalas: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengabdian Masyarakat. Vol. 2. No. 3. Ariffananda, N., Dimas S.W. (2023). Representasi Peran Ayah Dalam Film Ngeri Ngeri Sedap (Analisis Semiotika John Fiske). ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia Vol. 9. No. 2. Devi, Zenita. (2021). Interaksi Tokoh Utama Dalam Pembentukan Karakter Pada Film Gie. Sense Vol. 4. No. 2. 125 Iqbal, M., Riki R. (2022). Adat Budaya Minangkabau Melihat Karya Film Dua Garis Biru Produksi Starvision Plus. Besaung Jurnal Seni Desain dan Budaya Vol.7. No. 1. Mcgiven, E S. (n.d). Blocking and Movement. Creative Works-Acting, The Biz, & More. Nisa, L., Lutfia S. (2023). Representasi Budaya Patriarki Dalam Film Ngeri-Ngeri Sedap. LoroNG: Media Pengkajian Sosial Budaya Vol. 12. No. 1. Novianto, Wahyu. (2016). Teknik Dasar Pemeranan. Surakarta: ISI PRESS. Sucita, S. P., Kurniawan, D.F. (2024). INTERAKSI TOKOH YUNI DENGAN PARA TOKOH ANTAGONIS PADA FILM YUNI. Jurnal Candra Rupa Vol. 3 No. 1. Tunziyah, Ri'aeni, I. (2019). Analisis Wacana Kritis Konstruksi Konflik Keluarga Dalam Film Cek Toko Sebelah. Jurnal LONTAR Vol.7 No.1: 71-88. Wahyuningsih, S. (2007). Sikap Interaksi Sosial dan Individu Dalam Kehidupan Sehari-Hari. Jurnal Ilmu Pendidikan, Humaniora, Sains, dan Pembelajarannya. Website https://lsf.go.id/movie/ngeri-ngeri-sedap/. Diakses tanggal 28 Desember 2022, Pukul 10.00 WIB. 126 http://ericseanmcgiven.com/writtings/acting/blocking-and-movement/. Diakses tanggal 16 November 2024, Pukul 21.30 WIB https://www.instagram.com/imajinari.id/. Diakses tanggal 5 Januari 2023, Pukul 11.30 WIB. citation: Firdauzi, Alma Aulia (2024) INTERAKSI TOKOH PAK DOMU SEBAGAI PENGUAT CERITA DALAM FILM NGERI-NGERI SEDAP. S1 thesis, Institut Seni Indonesia Surakarta. document_url: http://repository.isi-ska.ac.id/7953/1/Alma%20Aulia%20Firdauzi%20-%20up.pdf