eprintid: 7936 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 25 dir: disk0/00/00/79/36 datestamp: 2025-12-02 08:41:21 lastmod: 2025-12-02 08:41:21 status_changed: 2025-12-02 08:41:21 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Dharmawan, Abdi title: KREATIVITAS NYI KARINAH DALAM PENYAJIAN SINDHÈNAN GENDING-GENDING BANYUMASAN ispublished: unpub subjects: AI divisions: sch_che full_text_status: public keywords: kreativitas, garap, sindhènan Banyumasan Gaya Nyi Karinah abstract: Skripsi yang berjudul “Kreativitas Nyi Karinah Dalam Penyajian Sindhènan Gending-Gending Banyumasan” menjelaskan tentang kreativitas Nyi Karinah dalam menyajikan sindhènan gending-gending Banyumasan dalam hal ini dicontohkan pada repertoar gending; Lancaran Rènggong Lor, Lancaran Ricik-Ricik, Lancaran Sènggot, dan Lagon Adhêm Ayêm. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan; studi pustaka, observasi, dan wawancara. Teori dalam penelitian ini menggunakan teori garap Rahayu Supanggah untuk membedah sindhènan Banyumasan Gaya Nyi Karinah dan teori kreativitas untuk membedah ciri khas sindhènan Nyi Karinah. Hasil penelitian menemukan bahwa Nyi Karinah memiliki kreativitas garap sinden berupa cèngkok sèlèh 1 pada Lancaran Ricik-Ricik. Nyi Karinah memiliki kemampuan olah cèngkok gending prênès dan daya kreativitasnya ada pada cèngkok spontanitas. Prênès berupa cèngkok olahan lompatan nada berbelit, pengulangan abon-abon/isèn-isèn dengan berbagai variasi, dan pengulangan suku kata pada wangsalan merupakan ciri khas Nyi Karinah. Ciri khas yang lain dari Nyi Karinah mempunyai sindhènan berkarakter kerakyatan yang lazim disajikan dalam pertunjukan lènggèr dan èbèg Banyumasan. Nyi Karinah memiliki teknik sindhènan sèlèh nungkak. Kehadiran Nyi Karinah punya andil cukup besar dalam membangun popularitas dan perkembangan karawitan Banyumasan di masyarakat luas. Didukung oleh popularitas di atas panggung maupun di dunia rekaman, gaya atau cèngkok sindhènan Nyi Karinah yang khas tersebut kemudian tampil menjadi trend setter bagi banyak pesindhèn di eranya maupun generasi berikutnya. Hal lain ditemukan cakêpan wangsalan sindhènan Banyumasan yang belum atau jarang dijumpai oleh pesindhèn di Banyumas. Kata kunci : kreativitas, garap, sindhènan Banyumasan Gaya Nyi Karinah date: 2024-06-19 date_type: completed institution: ISI SURAKARTA department: FSP thesis_type: s1 thesis_name: ssn referencetext: Anita Wijayanti, Sri. 2007. “Supadmi Dalam Sindhenan Gaya Surakarta”. (Skripsi S-1, ISI Surakarta). Budiarti, Muriah, dan Siswati. 2019. “Kreatifitas Suryati Dalam Menyajikan Cèngkok Sindhenan Banyumasan.” Kêtêg, Jurnal Pengetahuan, Pemikiran Dan Kajian Tentang “Bunyi”Vol. 19, No. 2 (November 2019). Budiarti, Muriah. 2006. “Suryati Dalam Kepesindhenan Gaya Banyumas”. Tesis Pascasarjana ISI Surakarta. ________________. 2008. “Sekilas Tentang Sindhenan Banyumasan”. Laporan penelitian ISI Surakarta. Devi, Regiana. 2022. “Penggunaan Wangsalan dalam Sindhenan Karawitan Jawa”. Jurnal Pengkajian, Penyajian dan Penciptaan Musik Vol. 10. No. 1 (April 2022). Ishak, Joice dan Soleh Hidayat. 2017. Kreativitas dalam berkarya. Semarang: Krida Karya. Kuwat. 1990.“Sindhenan Gendhing-Gendhing Banyumas Gaya Kunes”. Laporan Penelitian STSI Surakarta. May, Rollo. 2019. Kreativitas dan keberanian: risalah tentang proses kreatif dalam pandangan eksistensialisme. Yogyakarta: IRCiSoD. Moleong, Lexy J. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif, Edisi Revisi. Bandung: Remaja Rosda Karya. Munandar, Utami. 2002. Kreativitas & Keberbakatan. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama. Padmosoekotjo. S. 1960. Ngengrengan Kasusastran Djawa II. Yogyakarta: Hien Hoo Sing. Poerwadarminta, W.J.S. 1989. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: PT. Balai Pustaka. 119 Pramono, Bayu Sekti. 2013. “Kreativitas Yono Prawiro Dalam Mencipta Gending Tayub Gaya Tulung Agung”. Skripsi Institut Seni Indonesia Surakarta. Pratiwi, Ngesti. (2016). “Kreativitas Gunarto Dalam Penyusunan Karya Musik (Deskriptif Interpretatif)”. (Skripsi S-1, ISI Surakarta). Purwanto, Sigit. (2012). ”Sekecekelè Konsep Musikal Dalam Sajian Calung Banyumasan”. (Skripsi S-1, ISI Surakarta). Rahayu, Sukesi. 2017. Garap Sindhenan Jawa Timur Surabayan. Surakarta: ISI PRESS. Ratna, Nyoman Kutha. 2010. Metodologi Penelitian: Kajian Budaya dan Ilmu Sosial Humaniora Pada Umumnya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Soelaiman, Joice Ishak. 2017. Kreativitas dalam Berkarya. Semarang: CV. Krida Karya. Strauss, Anselm dan Juliet Corbin. 2007. Dasar-Dasar Penelitian Kualitatif Prosedur, Tehnik, dan Teori. Surabaya: Bina Ilmu Ofset. Suharto, Totok Sumaryanto, Victor Ganap dan Santosa. 2017. “Banyumasan Songs as Banyumas People’s Character Reflection”, Harmonia Journal of Arts Research and Education, 16(1): 49. Supanggah, Rahayu. 2002. Bothekan Karawitan I. Jakarta: Masyarakat Seni Pertunjukan Indonesia (MPSI). __________________. 2005. “Garap: Salah Satu Konsep Pendekatan/Kajian Musik Nusantara”, dalam Menimbang Pendekatan Pengkajian & Penciptaan Musik Nusantara, ed. Waridi. Surakarta: STSI Press. ___________________. 2009. Bothekan Karawitan II Garap. Surakarta: ISI Press. Supriyadi, Dedi. 1994. Kreativitas Kebudayaan dan Perkembangan Iptek tahun 1994. Bandung Alfabeta. citation: Dharmawan, Abdi (2024) KREATIVITAS NYI KARINAH DALAM PENYAJIAN SINDHÈNAN GENDING-GENDING BANYUMASAN. S1 thesis, ISI SURAKARTA. document_url: http://repository.isi-ska.ac.id/7936/1/Kreativitas%20UP.pdf