eprintid: 7907 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 24 dir: disk0/00/00/79/07 datestamp: 2025-11-25 03:33:57 lastmod: 2025-11-25 03:33:57 status_changed: 2025-11-25 03:33:57 type: monograph metadata_visibility: show creators_name: Pamungkas, Ageng Satria creators_name: Styono, Gayuh creators_name: Aprilaj, Sabrina Putri title: ANALISIS PREFERENSI GAYA BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI BEJI BANJARNEGARA DALAM MENENTUKAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS CERITA FABEL ispublished: pub subjects: AF divisions: sch_soc full_text_status: public monograph_type: project_report keywords: gaya belajar, sekolah dasar, cerita fabel abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui preferensi gaya belajar siswa dalam menentukan media pembelajaran berbasis cerita fabel. Gaya belajar adalah cara yang disukai seseorang dalam menerima, memproses, dan memahami informasi. Terdapat tiga macam gaya belajar siswa, yaitu visual, auditori, dan kinestetik. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui preferensi gaya belajar siswa SD Negeri Beji Banjarnegara dalam menentukan media pembelajaran berbasis cerita fabel. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian deskriptif. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas bawah di SD Negeri Beji, Banjarnegara. Sampel penelitian ini diambil secara acak sebanyak 100 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner gaya belajar dan pedoman wawancara proses pembelajaran. Hasil penelitian ini mengkaji preferensi gaya belajar siswa di SD Negeri Beji Banjarnegara. Siswa dengan gaya belajar visual cenderung lebih menyukai media pembelajaran berbasis cerita fabel yang didukung oleh elemen visual yang menarik, seperti gambar, ilustrasi, dan video. Siswa dengan gaya belajar auditori lebih responsif terhadap media pembelajaran berbasis cerita fabel yang disajikan secara lisan, baik melalui pembacaan cerita oleh guru maupun menggunakan audio atau rekaman cerita. Siswa dengan gaya belajar kinestetik lebih memahami cerita fabel ketika media pembelajaran memberikan kesempatan bagi mereka untuk terlibat secara fisik, seperti melalui kegiatan drama, simulasi, atau permainan peran date: 2024-04-24 date_type: completed publisher: ISI Surakarta place_of_pub: Surakarta pages: 52 institution: Institut Seni Indonesia Surakarta department: Fakultas Seni Rupa Dan Desain official_url: https://repository.isi-ska.ac.id referencetext: [1] C. Riener dan D. Willingham, “The Myth of Learning Styles,” Change: The Magazine of Higher Learning, vol. 42, no. 5, 2010, doi: 10.1080/00091383.2010.503139. [2] C. A. Budiningsih, Karakteristik Siswa Sebagai Pijakan Pembelajaran. 2017. [3] R. Azzahrah Putri, I. Magdalena, A. Fauziah, dan F. Nur Azizah, “Pengaruh Gaya Belajar terhadap Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar,” Cerdika: Jurnal Ilmiah Indonesia, vol. 1, no. 2, 2021, doi: 10.59141/cerdika.v1i2.26. [4] B. De Porter dan M. Hernacki, “Quantum Learning : Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan,” Kaifa, PT. Mizan Pustaka. [5] R. Tabrani, “Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar,” Bandung: Remaja Karya, 1989. [6] S. Saefudin, “PENDIDIKAN KARAKTER DALAM CERITA FABEL BANJAR,” tuahtalino, vol. 15, no. 2, 2021, doi: 10.26499/tt.v15i2.3867. [7] R. M. Gagné, W. W. Wager, K. C. Golas, dan J. M. Keller, Principles of instructional design. 2004. [8] H. Pashler, M. McDaniel, D. Rohrer, dan R. Bjork, “Learning styles concepts and evidence,” Psychological Science in the Public Interest, Supplement, vol. 9, no. 3, 2008, doi: 10.1111/j.1539-6053.2009.01038.x. [9] Rusman, Belajar Dan Pembelajaran Berbasis Komputer Mengmbangkan Profesionalisme Guru Abad 21. 2013. [10] S. Nini, Mengatasi Kesulitan Belajar pada Anak. 2015. [11] M. Thobroni dan A. Mustofa, “Belajar dan Pembelajaran : Pengembangan Wacana dan Praktik Pembelajaran dalam Pembangunan Nasional,” Interdisciplinary Journal Of Linguistics; University of kashmir , Srinagar,J&K,INDIA ,190006., vol. 10, 2017. [12] Z. Habsari, “DONGENG SEBAGAI PEMBENTUK KARAKTER ANAK,” BIBLIOTIKA : Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi, vol. 1, no. 1, 2017, doi: 10.17977/um008v1i12017p021. [13] E. Pratiwi, N. Dhieni, dan A. Supena, “Urgensi Media Cerita Gambar Berseri Dalam Menstimulasi Perilaku Disiplin Anak Usia Dini,” Jurnal of Islamic Education, vol. 3, no. 2, 2019. [14] M. Setianingrum, “PENGGUNAAN VARIASI MEDIA AJAR TERHADAP 3 GAYA BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG,” JAPANEDU: Jurnal53 Pendidikan dan Pengajaran Bahasa Jepang, vol. 2, no. 1, 2017, doi: 10.17509/japanedu.v2i1.6561. [15] S. Nurfadhillah, D. A. Ningsih, P. R. Ramadhania, dan U. N. Sifa, “Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD Negeri Kohod III,” 2021. [16] L. Syaudah, “Media Komik Dalam Pembelajaran Cerita Fabel Di SMP/MTS,” Prosiding Bina Basa V, 2022. [17] Prof. DR. Sugiyono, Buku sugiyono, metode penelitian kuantitatif kualitatif, vol. 5, no. 1. 2019. [18] N. S. Sukmadinata, Metode penelitian pendidikan / Nana Syaodih Sukmadinata Pengarang. 2005. [19] S. S. Pamuji dan R. Nurmayani, “Buku Cerita Anak (Living Book) sebagai Pengembangan Media Pembelajaran Siswa Perbatasan Di SMP Negeri 1 Sebatik,” Kode : Jurnal Bahasa, vol. 12, no. 1, 2023, doi: 10.24114/kjb.v12i1.44354. [20] M. Yaumi, Media dan Teknologi Pembelajaran [Google Book]. 2018. [21] N. SARI, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Pendekatan Visual, Auditori, Kinestetik (Vak) Untuk Memfasilitasi Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama Pekanbaru,” Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, vol. 14, no. 7, 2017. [22] F. Mahadi, M. R. Husin, dan N. Md Hassan, “Gaya Pembelajaran: Visual, Auditori atau Kinestetik,” Journal of Humanities and Social Sciences, vol. 4, no. 1, 2022, doi: 10.36079/lamintang.jhass-0401.341. citation: Pamungkas, Ageng Satria and Styono, Gayuh and Aprilaj, Sabrina Putri (2024) ANALISIS PREFERENSI GAYA BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI BEJI BANJARNEGARA DALAM MENENTUKAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS CERITA FABEL. Project Report. ISI Surakarta, Surakarta. document_url: http://repository.isi-ska.ac.id/7907/1/lap_akhir_AGENG%20S%20PAMUNGKAS%20dkk%20-%20UP.pdf