%C Surakarta %K gaya belajar, sekolah dasar, cerita fabel %L eprintsOLD7907 %I ISI Surakarta %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui preferensi gaya belajar siswa dalam menentukan media pembelajaran berbasis cerita fabel. Gaya belajar adalah cara yang disukai seseorang dalam menerima, memproses, dan memahami informasi. Terdapat tiga macam gaya belajar siswa, yaitu visual, auditori, dan kinestetik. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui preferensi gaya belajar siswa SD Negeri Beji Banjarnegara dalam menentukan media pembelajaran berbasis cerita fabel. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian deskriptif. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas bawah di SD Negeri Beji, Banjarnegara. Sampel penelitian ini diambil secara acak sebanyak 100 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner gaya belajar dan pedoman wawancara proses pembelajaran. Hasil penelitian ini mengkaji preferensi gaya belajar siswa di SD Negeri Beji Banjarnegara. Siswa dengan gaya belajar visual cenderung lebih menyukai media pembelajaran berbasis cerita fabel yang didukung oleh elemen visual yang menarik, seperti gambar, ilustrasi, dan video. Siswa dengan gaya belajar auditori lebih responsif terhadap media pembelajaran berbasis cerita fabel yang disajikan secara lisan, baik melalui pembacaan cerita oleh guru maupun menggunakan audio atau rekaman cerita. Siswa dengan gaya belajar kinestetik lebih memahami cerita fabel ketika media pembelajaran memberikan kesempatan bagi mereka untuk terlibat secara fisik, seperti melalui kegiatan drama, simulasi, atau permainan peran %A Ageng Satria Pamungkas %A Gayuh Styono %A Sabrina Putri Aprilaj %D 2024 %T ANALISIS PREFERENSI GAYA BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI BEJI BANJARNEGARA DALAM MENENTUKAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS CERITA FABEL