eprintid: 7882 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 24 dir: disk0/00/00/78/82 datestamp: 2025-10-27 04:12:13 lastmod: 2025-10-27 04:12:13 status_changed: 2025-10-27 04:12:13 type: monograph metadata_visibility: show creators_name: Mumpuni, Primastiti Wening creators_name: Hapsari, Putri Sekar creators_name: Pertiwi, Ayu Ratna creators_name: Badriyah, Siti creators_name: Dyanindita, Cantyan Tyyana creators_name: Sari, Gumilang Kartika creators_name: Kusnubawati, Vimastika creators_name: Shafwati, Zahra creators_name: Soselisa, Azahra Aurelia creators_name: Umami, Hilmy Firza creators_name: Yunanda, Dinda Alvina title: ANALISIS ERGONOMI DAN ANTROPOMETRI DESAIN MEBEL RUANG BELAJAR KELAS BILINGUAL DI KB-TK ISLAMAL -AZHAR ispublished: pub subjects: AE divisions: sch_hum full_text_status: public monograph_type: project_report keywords: Ergonomi, Antropometri, Mebel Pendidikan, Desain Inklusif, Taman Kanak-Kanak abstract: Penelitian ini menelaah kesesuaian desain mebel ruang belajar kelas bilingual di KBTK Islam Al Azhar 28 Solo Baru dengan prinsip ergonomi dan antropometri. Berlandaskan pada pendekatan deskriptif dan metode mixed-method, penelitian ini menggabungkan data kuantitatif dan kualitatif dari observasi lapangan, wawancara dengan guru serta staf sekolah, dan analisis dokumen. Masalah utama yang diidentifikasi adalah potensi ketidaksesuaian dimensi mebel terhadap ukuran fisik anak usia dini, yang berisiko menimbulkan ketidaknyamanan dan gangguan muskuloskeletal. Dengan demikian, tujuan penelitian ini adalah mengukur dan menganalisis dimensi mebel, membandingkannya dengan standar ergonomi dan antropometri yang relevan, serta mengevaluasi dampaknya pada kenyamanan dan efektivitas belajar. Data antropometrik anak-anak diambil secara detail, mencakup tinggi badan, panjang kaki, dan ketebalan paha. Hasil analisis menunjukkan bahwa meskipun sebagian besar dimensi mebel telah memenuhi standar yang ditetapkan, terdapat beberapa aspek yang perlu penyesuaian untuk meningkatkan kenyamanan. Selain itu, penelitian ini menghasilkan rekomendasi desain mebel yang lebih sesuai bagi anak usia dini, termasuk fitur-fitur yang mendukung inklusivitas. Dengan demikian, hasil penelitian ini diharapkan menjadi referensi bagi para pemangku kepentingan dalam merancang fasilitas pendidikan yang tidak hanya aman dan nyaman tetapi juga kondusif bagi perkembangan fisik dan psikologis anak-anak date: 2024-03-20 date_type: completed publisher: ISI Surakarta place_of_pub: Surakarta pages: 38 institution: Institut Seni Indonesia Surakarta department: Fakultas Seni Rupa Dan Desain official_url: https://repository.isi-ska.ac.id referencetext: Barrett, P., Zhang, Y., Moffat, J., & Kobbacy, K. (2013). A holistic, multi-level analysis identifying the impact of classroom design on pupils’ learning. Building and Environment, 59, 678–689. Elmalı, D. (2005). Anthropometric Evaluation of the Kindergarten Children Furniture in Turkey. Ataturk Universitesi Sosyal Bilimler Enstitusu Dergisi. https://www.academia.edu/31303365/Anthropometric_Evaluation_of_the_Kinder garten_Children_Furniture_in_Turkey Ivory, D. (2011). The Impact of Dynamic Furniture on Classroom Performance: A Pilot Study. School of Occupational Therapy Master’s Theses (2010-2015). https://soundideas.pugetsound.edu/ms_occ_therapy/12 Lueder, R., & Rice, V. (2008). Ergonomics for Children: Designing Products and Places for Toddler to Teens. Nurmianto, E. (2023). Empowering in Coastal Communities Using Ergonomics and Technopreneurship Methods. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 1198(1), 012014. https://doi.org/10.1088/1755-1315/1198/1/012014 Panero, J., & Zelnik, M. (1979). Human dimension and interior space: A source book of design reference standards. Watson-Guptill citation: Mumpuni, Primastiti Wening and Hapsari, Putri Sekar and Pertiwi, Ayu Ratna and Badriyah, Siti and Dyanindita, Cantyan Tyyana and Sari, Gumilang Kartika and Kusnubawati, Vimastika and Shafwati, Zahra and Soselisa, Azahra Aurelia and Umami, Hilmy Firza and Yunanda, Dinda Alvina (2024) ANALISIS ERGONOMI DAN ANTROPOMETRI DESAIN MEBEL RUANG BELAJAR KELAS BILINGUAL DI KB-TK ISLAMAL -AZHAR. Project Report. ISI Surakarta, Surakarta. document_url: http://repository.isi-ska.ac.id/7882/1/lap__PRIMASTITI%20W%20MUMPUNI%20%20dkk%20-%20UP.pdf