TY - RPRT ID - eprintsOLD7871 M1 - project_report UR - https://repository.isi-ska.ac.id A1 - Marwati, Sri A1 - Prabowo, Rahayu Adi A1 - Septia, Rizky Dara A1 - Anggara, Afifah TI - KAJIAN ESTETIKA VISUAL WĘDANA RĘNGGAN PRABA MAKUTHANING PRANG PADA NASKAH LANGEN WIBAWA PAKUALAMAN CY - Surakarta Y1 - 2024/10/31/ N2 - enelitian berjudul Kajian Estetika Visual Wędana Ręnggan Praba Makuthaning Prang Pada Naskah Langen Wibawa ini merupakan penelitian kualitatif yang berfokus pada kajian Estetika Visual Wędana Ręnggan Praba Makuthaning Prang yang merupakan salah satu bagian dari naskah Langen Wibawa. Langen Wibawa merupakan naskah Pakualaman Yogyakarta yang memuat analisis tarian yang dirumuskan dalam teks, halaman naskah dibingkai dengan hiasan yang fungsinya tidak hanya menghias tetapi juga memiliki maksud tersendiri. Objek yang menjadi kajian dalam penelitian ini yaitu naskah Langen Wibawa pada Wędana Ręnggan Praba Makuthaning Prang. Pendekatan yang digunakan dalam kajian visual ini yaitu pendekatan estetika dan filologi. Teori estetika yang digunakan adalah teroi Monroe Beardsley yang memuat aspek: (1) Kesatuan (unity); (2) Kerumitan (complexity) dan; (3) Kesungguhan (Intensity). Hasil penelitian yaitu Pola dasar wędana ręnggan pada Wędana Ręnggan Praba Makuthaning Prang terdiri atas bagian yang terletak di bagian tengah, kemudian dilanjutkan bagian bingkai dalam, bagian atas atau gambar pokok, latar atau gambar pendukung, dan bingkai luar. Gambar pokok terdiri dari pistol, meriam, trompet,tambur, pedang, bayonet, dan senapan. Latar atau gambar pendukung yaitu songsong atau payung berjumlah tiga, dua pasang busur panah atau gendewa lengkap dengan anak panah serta sepasang umbul-umbul. Komposisi gambar utama dan gambar pendukung ini memunculkan unity. Penerapan teknik sungging dengan tingkat warna hingga tiga tingkatan memunculkan serta background untuk gambar utama dan gambar pendukung berupa bingkai warna putih dan ungu muda berselang-seling memunculkan complexity. Intensity terdapat pada komposisi gambar wędana ręnggan yang diletakkan secara berpasangan di dua halaman naskah, sisi verso lembar yang satu dan recto pada lembar berikutnya serta adanya warna merah, putih, biru, dan emas serta objek berupa alat perang terkait kondisi Pakualaman yang pada masa tersebut dipengaruhi oleh Belanda. EP - 42 AV - public PB - ISI Surakarta KW - wędana ręnggan KW - pakualaman KW - ornamen ER -