eprintid: 7841 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 31 dir: disk0/00/00/78/41 datestamp: 2025-10-13 08:05:33 lastmod: 2025-10-13 08:05:57 status_changed: 2025-10-13 08:05:57 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Kusumasari, Triana Dewi title: ASPEK HISTORIS SEBAGAI PENDEKATAN PERANCANGAN PROMOSI OBJEK WISATA WADUK GAJAH MUNGKUR WONOGIRI MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM ispublished: unpub subjects: AB divisions: sch_law full_text_status: public keywords: Promosi , Historis, Waduk Gajah Mungkur, Instagram, Gen z dan milenial. abstract: Aspek historis Waduk Gajah Mungkur sebagai pendekatan perancangan promosi ini didasari oleh latar belakang permasalahan dalam pengelolaan promosi digital yaitu media sosial instagram dan kurangnya pengetahuan masyarakat terutama generasi z dan generasi milenial tentang cerita masa lalu dibalik keindahan Objek Wisata Waduk Gajah Mungkur. Hal terkait historis ini beraitan dengan tokoh yang ada kaitannya dengan pembangunan waduk yaitu pada era resolusi baru, cerita dalam masyarakat setempat, dan juga kaitannya dengan cerita yang tidak terlupakan. Promosi digital pada jaman sekarang ini sangat penting dan seperti sudah menjadi suatu keharusan dalam mempromosikan suatu brand, product, atau company. Promosi dilakukan bertujuan sebagai pengenalan dan juga agar masyarakat lebih aware terhadap suatu brand atau perusahaan yang berdiri. Untuk itu aspek historis juga dipilih sebagai suatu tema perancangan promosi. Pernyataan tersebut menjadi rujukan utama dalam perancangan ini. Maka dari itu, aspek historis sebagai pendekatan perancangan promosi Objek Wisata Waduk Gajah Mungkur melalui media sosial instagram ini menjadi solusi dari permasalahan dalam pegelolaan promosi digital dan juga pengetahuan kepada masyarakat tentang Objek Wisata Waduk Gajah Mungkur, yaitu dari cerita sejarah dibalik keindahannya. Perancangan ini menggunakan metode pengumpulan data primer dan sekunder, metode design thinking sebagai metode desain, serta strategi promosi dengan menggunakan analisis SWOT, copywriting, dan content pillar dengan model AISAS. Perancangan ini menghasilkan pengetahuan dan pemahaman bagi masyarakat mengenai sejarah dibalik keindahan Objek Wisata Waduk Gajah Mungkur. date: 2025-01-08 date_type: completed pages: 248 institution: Institut Seni Indonesia Surakarta department: Fakultas Seni Rupa dan Desain thesis_type: s1 thesis_name: ssn official_url: https://repository.isi-ska.ac.id referencetext: Armayani, R. R., Tambunan, L. C., Siregar, R. M., Lubis, N. R., & Azahra, A. (2021). Analisis Peran Media Sosial Instagram dalam Meningkatkan Penjualan Online. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 8920–8928. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.2400 Asna K, P. S. M. (2019). Pemanfaatan Bahan Ajar Sejarah Dengan Pendekatan Ilmu- Ilmu Sosial Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Xii Ips 1 Sma Negeri 1 Trenggalek Khabibatul Asna. In Journal Pendidikan Sejarah. 7(1). Atmojo, Damas Jiwangga and , Drs. Priyono, M.Si. (2019) Analisis Potensi dan Faktor yang Mempengaruhi Kunjungan Wisata Ke Obyek Wisata Waduk Gadjah Mungkur. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. Aulia, A., Fakultas, P., Universitas, P., & Dahlan Yogyakarta, A. (2021). Pengaruh Dukungan Sosial Terhadap Komunitas Fotografi Indonesia (KFI). Beno, J., Silen, A. P., & Yanti, M. (2022). Dampak Pandemi Covid-19 Pada Kegiatan Ekspor Impor (Studi Pada Pt.Pelabuhan Indonesia Ii (Persero) Cabang Teluk Bayur). Vol 22(2) (2022). DOI: http://dx.doi.org/10.33556/jstm.v22i2.314 Choiril Anwar, M., Catur Utami, M., Sains, F., & Teknologi, D. (2012). Analisis SWOT pada Strategi Bisnis dalam Kompetisi Pasar ( Studi Kasus : Toko Pojok Madura). Studia Informatika: Jurnal Sistem Informasi, 5(1), 1–9. Dewi, A. K. (2019). Nilai Estetis Iklan Susu Formula Dancow di Media Televisi. 7(2), 1–21. https://pasca.isi.ac.id/wp-content/uploads/2019/04/Alit-Kumala-Sari- 201731005-S3.pdf Alfirahmi, D. M., Kania, D. S., & Yusup, D. (2023). Rancang Bangun Aplikasi Pengelolaan Sampah Plastik Menggunakan Pendekatan Design Thinking. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(3), 219–233. Retrieved from https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/2165 Dwi Pangestu, A. (2022). Pembuatan Media Promosi Video Iklan Dengan Menggunakan Aplikasi Sony Vegas Pro Untuk Menarik Minat Beli Di Bu’e Kitchen Surabaya. JAB Jurnal Aplikasi Bisnis. 8(1). Pratomo, A.S. (2013). Editing Video Pada Pembuatan Film Di PT. Scorpion Delta Film. http://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/4904 Erfiati , R. D., & Helfi, Y. (2023). Analisis Pemasaran Digital: Strategi Konten Live Streaming Tiktok Untuk Memasarkan Produk Affiliate. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(4), 3400–3412. Retrieved from https://j- innovative.org/index.php/Innovative/article/view/3848 216 Fadhila, A. P., Progam, S., Seni, S., Kons, R., Dkv, J. S., Rupa, F., Bahasa, D., Seni, U. N., & Semarang, I. (2017). Perancangan Ulang Identitas Visual Dan Aplikasinya Pada Media Promosi Vertico Studio Yogyakarta. Arty: Jurnal Seni Rupa 6(1). http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/arty. Fitra Alfajri, M., Adhiazni, V., & Aini, Q. (2019). Pemanfaatan Social Media Analytics Pada Instagram Dalam Peningkatan Efektivitas Pemasaran. In Jurnal Ilmu Komunikasi. 8(2). https://ejournal.undip.ac.id/index.php/interaksi. Fiyanto, A. (2018). Pemanfaatan Seni Kolase sebagai Produk Kreatif untuk Pengembangan Karya Proyek Studi Mahasiswa Jurusan Seni Rupa FBS UNNES. Brikolase : Jurnal Kajian Teori, Praktik dan Wacana Seni Budaya Rupa. 10(2) https://doi.org/10.33153/bri.v10i2.2329 Hanifah Akbar, A., & Maharlika, F. (2018). Peran Warna Sebagai Pendukung Kreativitasdiruang Kelas Seni Tata Rias. Waca Cipta Ruang. DOI 10.34010/wcr.v4i2.2037 Hasan Sistem Informasi, H., & Tidore Mandiri, S. (2022). Pengembangan Sistem Informasi Dokumentasi Terpusat Pada Stmik Tidore Mandiri. JURASIK (Jurnal Sistem Informasi dan Komputer). 2(1). Hasanah Anjaya, M., Fitri, L. E., & Bafadal, M. I. (2024). Analisis Pengaruh Promosi Model AIDA terhadap Keputusan Berdonasi melalui Media Sosial Instagram (Studi pada LAZ OPSEZI Kota Jambi). Bertuah : Journal of Shariah and Islamic Economics, 5(3), 442–457. doi: https://doi.org/10.56633/jsie.v5i3.898 Iswanto, R. (2023). Perancangan Buku Ajar Tipografi. Jurnal Desain Komunikasi Visual Nirmana, 23(2), 123–129. https://doi.org/10.9744/nirmana.23.2.123-129 Kamalia, R. (2019a). Gaya Vintage sebagai Konsep Perancangan Promosi Paguyuban Kampung Kopi Pelita Bondowoso. Institutional Repository. http://repository.isi- ska.ac.id/id/eprint/3828 Yunianto, I.K. (2018). Destination Branding Sebagai Identitas Visual Dusun Dalem Widodomartani, Sleman, Yogyakarta. 1(2). AKSA: Jurnal Desain Komunikasi Visual. https://doi.org/10.37505/aksa.v1i2 Latifolia Binersa, I. (2023). Perancangan Motion Graphics Sebagai Kampanye Kebugaran Tubuh Pasca Pandemi Covid-19 Bagi Remaja Melalui Media Sosial Instagram. Institutional Repository. http://repository.isi-ska.ac.id/id/eprint/6162 Marliana, R., & Indihadi, D. (2020). Teknik Brainstorming Pada Model Pembelajaran Menulis Teks Narasi. Pedadidaktika Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar.7(2). doi: https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v7i2.25459 217 Maulana, G. (2018). Perancangan Sign System Area Objek Wisata Pantai Padang Jurnal Desain Komunikasi Visual. 4(2). Muallimah, H. (2022). Kajian Penerapan Strategi Komunikasi AISAS terhadap Perancangan Desain Komunikasi Visual. KREATIF(Jurnal Karya Tulis, Rupa, Eksperimental dan Inovatif). 3(2). Nisak, Z. (2016). Analisis SWOT Untuk Menentukan Strategi Kompetitif. Academia.edu. https://www.academia.edu/30122150/analisis_swot_untuk_menentukan_strategi _kompetitif Noprianto, E. (2018). Pemanfaatan Media Sosial Dan Penerapan Social Media Analytics (Sma) Untuk Perpustakaan Di Indonesia. In Jurnal Pustaka Budaya 5(2). doi: https://doi.org/10.31849/pb.v5i2.1583 Novica, D. R., & Hidayat, I. K. (2018a). Kajian Visual Desain Karakter Pada Maskot Kota Malang. In Journal of Art, Design, Art Education And Culture Studies (JADECS) (Vol. 3, Issue 2). Novica, D. R., & Hidayat, I. K. (2018b). Kajian Visual Desain Karakter Pada Maskot Kota Malang. In Journal of Art, Design, Art Education And Culture Studies (JADECS). 3(2). doi: http://dx.doi.org/10.17977/um037v3i22018p52-58 Nugroho, F., & Asruddin. (2022). Pelatihan Penggunaan Copywriting bagi Komunitas Kubependa Rawalumbu Bekasi . Jurnal Pengabdian Masyarakat Gemilang (JPMG), 2(3), 62 - 68. https://doi.org/10.58369/jpmg.v2i3.67 Nurahmawati, H., & Sophan Ditami, A. (2024). Upaya Meningkatkan Keterlibatan Merek Melalui Konten Matrik Pemasaran @LoveBeautyAndPlanet_id. ARUNIKA: Bunga Rampai Ilmu Komunikasi, 2(01), 25 - 33. https://doi.org/10.36782/arunika.v1i01.328 Nurcahyo, M. (2022). Kajian Peran Sketsa Dalam Proses Kreatif Dan Pendidikan Desain (Kasus Pengalaman Belajar Desain Di Era Digital). In Jurnal Pengetahuan & Perancangan Desain Interior.10(2). Nurtanio, T. L., Ginting, Y. T., Tinggi, S., Trisakti, P., Ikpn, J., No, B., Pesanggrahan, K., Selatan, J., & Dki, J. (2022). Hubungan Daya Tarik Wisata Dengan Minat Berkunjung Wisatawan Ke Museum Multatuli, Banten. In Jurnal Pesona Hospitality 15(1). Pakarti, W. (2022). Analisis Potensi Dan Pengembangan Obyek Pariwisata Kabupaten Wonogiri Tahun 2018. Universitas Muhammadiyah Surakarta. 218 Farid, M. Pelestarian Warisan Sejarah Melalui Sinergi Antar-Stakeholder dan Digitalisasi Warisan Sebagai Model Pengembangan Pariwisata Banda Naira. (2020). KAMBOTI: Jurnal Sosial Dan Humaniora, 1(1), 44- 58. https://doi.org/10.51135//kambotivol1issue1page44-58 Pitaloka Margareta, D., Nugroho, S., & Islam Al-Azhar, U. (2022). Brand Journalism Act dalam Membangun Brand Personality sebagai NGO Professional. Virtu : Jurnal Kajian Komunikasi, Budaya, dan Islam. 2(1) Gitta Pramesti, T., & Purnamasari, O. (2023). Social Media Marketing Strategy for Asian Belly Food in Forming Brand Awarendess. Educationist: Journal of Educational and Cultural Studies, 2(1), 65–73. Retrieved from https://jurnal.litnuspublisher.com/index.php/jecs/article/view/93 Prasetyo, A. (2016). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Keptusan Wisatawan Dalam Berkunjung Ke Objek Wisata Waduk Gajah Mungkur Wonogiri. Journal Article Sosialitas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Sosiologi-Antropologi Prasetyo, H., & Rachmawati, I. (2016). Analisis AISAS (Attention, Interest, Search, Aaction, Share) Pada Pengguna ASUS Zenfone Di Indonesia. 3(3). Prihatiningsih, W. (2017). Motif Penggunaan Media Sosial Instagram Di Kalangan Remaja. In Jurnal Communication VIII, (1). DOI:10.36080/comm.v8i1.651 Purnomo, Agus and , Dr. Ahmad Muhibbin, M,Si (2018). Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Komunikasi Pariwisata Di Kabupaten Karanganyar ( Studi Analisis Deskriptif Kualitatif Pada Akun Instagram @Explorekabkaranganyar). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. Ramadhan, F. A., & Aryanto, H. (2021). Perancangan Ulang Feed Instagram Wisata Bahari Lamongan. Barik - Jurnal S1 Desain Komunikasi Visual, 2(3), 217–228. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/article/view/42325 Siahaan, J., Marchelin, T. N., & Wijayanti, C. A. (2023). Pengaruh Brand Personality, Brand Experience, Self-Brand Connection, Brand Love & Brand Trust terhadap Brand Loyalty Kosmetik Wardah. Journal of Management and Business Review, 20(1), 34–54. https://doi.org/10.34149/jmbr.v20i1.313 Sovia Pramudita, A. (2019). Pengaruh Insight Media Sosial Instagram Terhadap Penjualan Produk Online. JURISMA(Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen. 10(1). doi:10.34010/jurisma.v10i1.2264 Suharto Cenadi, C. (2004). Elemen-Elemen Dalam Desain Komunikasi Visual. Jurnal Desain Komunikasi Visual Nirmana, 1(1). https://doi.org/10.9744/nirmana.1.1. 219 Sukmana, W. J. (2021). Metode Penelitian Sejarah. Istoria Jurnal Pendidikan dan Sejarah. 1(2). doi: https://doi.org/10.21831/istoria.v19i1.53750 Tinarbuko, S. (2004). Semiotika Analisis Tanda Pada Karya Desain Komunikasi Visual. Jurnal Desain Komunikasi Visual Nirmana, 5(1). https://doi.org/10.9744/nirmana.5.1. Suprihati, S. (2014). Peran Waduk Gajah Mungkur Terhadap Pertumbuhan Sektor Pertanian Di Kabupaten Sragen. Jurnal Akuntansi Dan Pajak, 14(02), 20–38. https://doi.org/10.29040/jap.v14i02.78 Susetya, B. E. F., & Harjono, N. (2022). Pengembangan Media Filter Instagram Berbasis Augmented Reality sebagai Media Pembelajaran IPA untuk Meningkatan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(6), 10056– 10072. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.4228 Teguh, M., & Ciawati, S. T. (2020). Perancangan Strategi Digital Marketing Communication Bagi Industri Perhotelan Dalam Menjawab Tantangan Era Posmodern. Bricolage : Jurnal Magister Ilmu Komunikasi, 6(01), 051. https://doi.org/10.30813/bricolage.v6i01.2067 Tunggala, S., & Saadjad, K. A. (2019). Strategi Komunikasi pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata dalam Mempromosikan Objek Wisata Kabupaten Banggai. Jurnal Komunikasi, 11(2), 197. https://doi.org/10.24912/jk.v11i2.2714 Utomo Tri N. (2015). Konsep Pembelajaran Design Thinking dan Business Model Canvas Pada Perancangan Produk Furnitur. Visual Heritage: Jurnal Kreasi Seni dan Budaya. 6(01). https://doi.org/10.9744/interior.13.1.55-62 Wibowo, A. (2020). Digitalisasi Dakwah Di Media Sosial Berbasis Desain Komunikasi Visual. Jurnal Bimbingan Penyuluhan Islam. 2(2). doi:10.32332/jbpi.v2i2.2497 Wibowo, H. R. A., Suharno, & Kristanto, D. (2020). Analisis Efektifitas, Efisiensi, Dan Kontibusi Retribusi Pariwisata Sebagai Sumber Penerimaan Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Wonogiri Tahun 2013 – 2017 (Studi Kasus pada Objek Wisata Waduk Gajah Mungkur Wonogiri). Jurnal Akuntansi Dan Sistem Teknologi Informasi, 2017, 31–38. doi: https://doi.org/10.33061/jasti.v15i1.3664 Widi Satria, H., & Kurnia Agustine, D. (2019). Tinjauan Alur Kerja Copywriter Divisi Konten Suitmedia Dalam Industri Kreatif Pemasaran Digital. Jurnal Sosial Humaniora Terapan, 2(1). doi:10.7454/jsht.v2i1.66 220 Widodo, A. C. (2020). Penerapan Metode Pendekatan Design Thinking dalam Rancangan Ide Bisnis Kalografi. https://journal.uii.ac.id/AUTOMATA/article/download/19552/11568 Winarna, W., & Susanti, N. I. (2020). Faktor Yang Mempengaruhi Kunjungan Wisata Pada Obyek Wisata Sendang Asri Waduk Gajah Mungkur Wonogiri. ProBank : Jurnal Ekonomi dan Perbankan, 4(2), 233–250. https://doi.org/10.36587/probank.v4i2.513 Witabora, J. (2012). Peran dan Perkembangan Ilustrasi. Humaniora, 3(2), 659. https://doi.org/10.21512/humaniora.v3i2.3410 Xian, Gou Li, dkk. (2013). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Perdana Telkomflexi (Studi Kasus Pada Konsumen Telkomflexi Di Kecamatan Kota Kudus Kabupaten Kudus). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis S1 Undip, c. 1(1). 203–213. doi: https://doi.org/10.14710/jiab.2013.1636 Yamalia, I. (2024). Pemanfaatan Media Sosial sebagai Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Pembelajaran. Journal Vision Technology (V- TECH) , 7(1), 53-60.https://ejournal.unaja.ac.id/index.php/JVT/article/view/1162 Yogantari, M. V., Agung, I. G., & Widiari, A. (2019). Efektifitas Instagram Sebagai Sarana Periklanan Baru di Era Digital Efektifitas Instagram Sebagai Sarana Periklanan Baru di Era Digital. Jurnal Bisnis Terapan, July 2018, 0–8. Yunitasar. (2013). Eksistensi Obyek Wisata Waduk Gajah Mungkur Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat. Adharupa : Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. Yusantiar, R., & Widiatmoko Soewardikoen, D. (2018). Perancangan Identitas Visual untuk Promosi Pariwisata. 4(2). Adharupa. doi: https://doi.org/10.33633/andharupa.v4i02.1626 Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan Kombinasi (mixed Methods). Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar. doi: https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.11671 M. Iqbal Hasan. (2022). Pokok-pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya. (Bogor: Ghalia Indonesia, 2002), 82. Sarwono, J. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif & Kualitatif, (Yogyakarta: Graha Ilmu, 2006). 194. Pearce Robinson. (1997). Manajemen Strategik Formulasi, Implementasi, dan Pengendalian, (Jakarta: Bina Rupa Aksara, 1997), hal. 229-230 221 Sugiyama, K., & Andree, T. (2011). The Dentsu Way: Secrets of Cross Switch Marketing from the World’s Most Innovative Advertising Agency. McGraw Hill. Sumber Internet : Kemp, Simon. 2024. Digital 2024 : Indonesia. Dataportal.com. https://datareportal.com/reports/digital-2024-indonesia. Diakses pada 22 Juni 2024 Praditia, M.D. 2023. Warga Wonogiri Berjam-jam Main Medsos, Tiktok, dan Instagram. Solopos.com. https://solopos.espos.id/warga-wonogiri-bisa-berjam- jam-main-medsos-tiktok-dan-instagram-jadi-favorit-1680712. Diakses pada 25 Juli 2024. Daring. 2016. KBBI Daring. KBBI Kemendikbud. https://kbbi.kemdikbud.go.id/. Diakses pada 21 Juli 2024. Disporaparjateng. 2023. Renstra Disporapar. Disporapar Jateng. http://disporapar.jatengprov.go.id/content/files/RENSTRA%20DISPORAPAR %20JATENG%202024-2026-1713863233.pdf. Diakses pada 25 Agustus 2024. CJIPJatengprov. 2018. Pembangunan Kawasan Wisata Waduk Gajah Mungkur. CJIP Provinsi Jawa Tengah. https://cjip.jatengprov.go.id/peluang-investasi/169. Diakses pada 21 Juli 2024. Admin SMT. 2014. Historisme, Historis, dan Historiografi dalam Cerpen. Balai Bahasa Jateng. https://balaibahasajateng.kemdikbud.go.id/2014/02/historisme- historis-dan-historiografi-dalam-cerpen/. Diakses pada 26 Juli 2024. Merriam Webster. 2024. Historical. Merriam Webster. https://www.merriam- webster.com/dictionary/historical. Diakses pada 25 Juli 2024. Natasha, V. 2023. Mengenai Arti dan Makna Warna Biru Tua, Ada Filosofi Khusus. Rukita.co. https://www.rukita.co/stories/arti-dan-makna-biru-tua. Diakses pada 7 April 2024. Rahmadhani, D.S. 2022. Layout adalah Tata Letak Desain, Pahami Tujuan dan Prinsipnya. Brilio.net. https://www.brilio.net/wow/layout-adalah-tata-letak- desain-pahami-tujuan-dan-prinsipnya-220627i.html. Diakses pada 2 Maret 2024. Pasla, B.N. 2024. Digital Advertising : Pengertian, Jenis, dan Strategi. Pasla Provinsi Jambi. https://pasla.jambiprov.go.id/digital-advertising-pengertian-jenis-dan- cara-strategi/. Diakses pada 5 Juni 2024. Partners, E. 2025. Tips untuk Meningkatkan Engagement di Instagram. evervista.id. https://evervista.id/tips-untuk-meningkatkan-engagement-di-instagram/. Diakses pada 15 Januari 2025. Ricky, M. 2022. Jejak Gunung Api Purba Gajah Mungkur di Selogiri Wonogiri, Masih aktif?. Solopos.com. https://solopos.espos.id/jejak-gunung-api-purba- 222 gajahmungkur-di-selogiri-wonogiri-masih-aktif-1293636. Diakses pada 10 Juni 2024. Salsa Wisata. 2022. Waduk Pidekso. Salsawisata.com. https://salsawisata.com/waduk- pidekso/. Diakses pada 1 Juni 2024. Andreas, R. 2017. Museum Karst Wonogiri, Terbesar di Asia Tenggara!. Kompasiana.com. https://www.kompasiana.com/rinoandreas/59761cfbed967e4c577a98a2/museu m-karst-wonogiri-terbesar-di-asia-tenggara. Diakses pada 28 Maret 2024. Diniswari, D. 2022. Pantai Nampu Wonogiri : Daya Tarik, Harga Tiket, dan Rute. Kompas.com. https://regional.kompas.com/read/2022/06/08/ 165516078/pantai- nampu-wonogiri-daya-tarik-harga-tiket-dan-rute?page=all. Diakses pada 15 Maret 202. Jehandut, A. 2023. Air Terjun Girimanik: Keindahan Alam yang Menakjubkan. Jurnalflores.co.id. https://www.jurnalflores.co.id/travel/7769829820/air-terjun- girimanik-keindahan-alam-yang-menakjubkan. Diakses pada 2 Maret 2024. NeohistoriaIndonesia. 2024. Neo Historia Indonesia Profile. https://www.instagram.com/neohistoria.id/. Diakses pada 25 Februari 2024. Historiadotid. 2024. Historiadotid Profile. https://www.instagram.com/historiadotid/. Diakses pada 26 Februari 2024. Historia.of.Kedungpucung. 2024. Historia of Kedung Pucung Profile. https://www.instagram.com/historia.of.kedungpucung/. Diakses pada 27 Februari 2024 citation: Kusumasari, Triana Dewi (2025) ASPEK HISTORIS SEBAGAI PENDEKATAN PERANCANGAN PROMOSI OBJEK WISATA WADUK GAJAH MUNGKUR WONOGIRI MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM. S1 thesis, Institut Seni Indonesia Surakarta. document_url: http://repository.isi-ska.ac.id/7841/1/Triana%20Dewi%20Kusumasari%20-%20UP.pdf