TY - UNPB KW - Gamifikasi KW - Teknik Pounding eco-print KW - Board game KW - Robot Edukasi N2 - Eco-print merupakan salah satu sustainbility fashion yang mulai dikenalkan untuk anak-anak karena dapat menambah motivasi dan kreativitas mereka. Pengenalan eco-print kepada anak-anak menggunakan metode praktikum teknik pounding yang cukup memakan tenaga dan waktu untuk pelaksanaannya. Untuk mengurangi kompleksitas metode praktikum teknik pounding eco-print dapat menerapkan gamifikasi. Gamifikasi merupakan proses penambahan elemen permainan ke dalam konteks non permainan. Penerapan gamifikasi teknik pounding eco-print melalui media board game robot edukasi. Proses perancangan menggunakan metode design thinking dengan tahapan sebagai berikut: empathize untuk mengumpulkan data; define dilakukan dengan analisis data menggunakan teknik 5W?s 1H; ideate dan prototyping menggunakan metode board game dari Eko Nugroho (theme, mechanic, artwork) untuk merancang board game dan engineering design dari Pahl dan Beitz (Plan, Conseptual, Embodyment, Detail); serta testing. Hasil perancangan berupa board game robot edukasi teknik pounding eco-print dengan judul ?Roco Quest? dengan komponen: kartu item, kartu , kartu eco-print, dan robot edukasi. Testing dilakukan dua kali dengan aplha test dengan ahli board game dengan hasil penilaian persentase 73,33% dan ahli eco-print dengan penilaian persentase 80%; dan beta test dengan target audience anak usia 6-12 tahun yang memberikan tanggapan positif. TI - GAMIFIKASI TEKNIK POUNDING ECO PRINT UNTUK ANAK-ANAK MELALUI BOARD GAME ROBOT EDUKASI UR - https://repository.isi-ska.ac.id ID - eprintsOLD7840 PB - Institut Seni Indonesia Surakarta A1 - Tori, Pisteo Gabriel AV - public Y1 - 2025/02/26/ M1 - s1 EP - 124 ER -