%0 Thesis %9 S1 %A Tori, Pisteo Gabriel %B Fakultas Seni Rupa dan Desain %D 2025 %F eprintsOLD:7840 %I Institut Seni Indonesia Surakarta %K Gamifikasi, Teknik Pounding eco-print, Board game, Robot Edukasi %P 124 %T GAMIFIKASI TEKNIK POUNDING ECO PRINT UNTUK ANAK-ANAK MELALUI BOARD GAME ROBOT EDUKASI %U http://repository.isi-ska.ac.id/7840/ %X Eco-print merupakan salah satu sustainbility fashion yang mulai dikenalkan untuk anak-anak karena dapat menambah motivasi dan kreativitas mereka. Pengenalan eco-print kepada anak-anak menggunakan metode praktikum teknik pounding yang cukup memakan tenaga dan waktu untuk pelaksanaannya. Untuk mengurangi kompleksitas metode praktikum teknik pounding eco-print dapat menerapkan gamifikasi. Gamifikasi merupakan proses penambahan elemen permainan ke dalam konteks non permainan. Penerapan gamifikasi teknik pounding eco-print melalui media board game robot edukasi. Proses perancangan menggunakan metode design thinking dengan tahapan sebagai berikut: empathize untuk mengumpulkan data; define dilakukan dengan analisis data menggunakan teknik 5W’s 1H; ideate dan prototyping menggunakan metode board game dari Eko Nugroho (theme, mechanic, artwork) untuk merancang board game dan engineering design dari Pahl dan Beitz (Plan, Conseptual, Embodyment, Detail); serta testing. Hasil perancangan berupa board game robot edukasi teknik pounding eco-print dengan judul “Roco Quest” dengan komponen: kartu item, kartu , kartu eco-print, dan robot edukasi. Testing dilakukan dua kali dengan aplha test dengan ahli board game dengan hasil penilaian persentase 73,33% dan ahli eco-print dengan penilaian persentase 80%; dan beta test dengan target audience anak usia 6-12 tahun yang memberikan tanggapan positif.