eprintid: 7838 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 31 dir: disk0/00/00/78/38 datestamp: 2025-10-13 07:56:13 lastmod: 2025-10-13 07:56:13 status_changed: 2025-10-13 07:56:13 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Amanina, Nadya Ahla title: PERANCANGAN IDENTITAS VISUAL DAN PENERAPANNYA PADA JASA BIRO WISATA “BERKAEYUH” DI KOTA SOLO DENGAN METODE ALINA WHEELER ispublished: unpub subjects: AB divisions: sch_law full_text_status: public keywords: Branding Pariwisata, identitas visual, branding touchpoint. abstract: Perancangan ini bertujuan untuk merancang identitas visual bagi biro jasa wisata "Berkaeyuh" yang berlokasi di Kota Solo, dengan menggunakan metode Alina Wheeler sebagai panduan dalam proses desain. Identitas visual yang kuat sangat penting dalam membedakan suatu merek di pasar yang kompetitif, terutama dalam industri pariwisata yang terus berkembang. Metode Alina Wheeler memberikan kerangka kerja sistematis yang mencakup analisis, strategi, dan implementasi elemen-elemen desain seperti logo, tipografi, palet warna, dan supergrafis. Proses penelitian dimulai dengan analisis mendalam terhadap visi, misi, dan nilai-nilai Berkaeyuh serta pemahaman tentang target audiens. Selanjutnya, dilakukan pengembangan konsep desain yang mencerminkan karakteristik Berkaeyuh. Hasil dari perancangan ini adalah sebuah graphics standart manual yang mencakup panduan lengkap tentang identitas visual "Berkaeyuh", termasuk penerapan branding touchpoints untuk meningkatkan pengalaman pelanggan. Dengan adanya identitas visual yang dirancang secara profesional, diharapkan biro jasa wisata Berkaeyuh dapat meningkatkan daya tarik dan brand awareness di kalangan wisatawan. Perancangan ini juga memberikan kontribusi bagi pengembangan strategi branding di sektor pariwisata di Indonesia. date: 2025-01-06 date_type: completed pages: 189 institution: Institut Seni Indonesia Surakarta department: Fakultas Seni Rupa dan Desain thesis_type: s1 thesis_name: ssn official_url: https://repository.isi-ska.ac.id referencetext: Audria, M. A., & Rizkavirwan, D. (2021). Perancangan Brand Identity Es Buntin Pasar Lama Tangerang. De-Lite: Journal of Visual Communication Design Study & Practice, 1(2). B. Zurna, H. P., Irfan, D., & Effendi, H. (2023). Studi Literatur Riview Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Articulate Story Line di Sekolah Menengah Kejuruan. JAVIT : Jurnal Vokasi Informatika, 3(2), 72–78. https://doi.org/10.24036/javit.v3i2.130 Bhargawa, I. N. B., Udayana, A. A. G. B., & Cokorda, A. A. (2022). PERANCANGAN ULANG IDENTITAS VISUAL UNTUK BRAND TETUEK SANGMONG DI DENPASAR. AMARASI: JURNAL DESAIN KOMUNIKASI VISUAL, 3(2), 192–204. https://doi.org/https://doi.org/10.59997/amarasi.v3i02.1685 Clearesta, I., Angelina, G., & Wiradharma, G. (2018). PENGALAMAN KONSUMEN TERHADAP LAYANAN GOJEK DI KOTA JAKARTA: STUDI KUALITATIF DESKRIPTIF. Jurnal Komunikasi Dan Bisnis, 6(1), 70–80. https://jurnal.kwikkiangie.ac.id/index.php/JKB/article/view/492 Da’on, I. A., & Hendri, Z. (2023). Pengembangan identitas visual brand Wavymilk di Sukabumi. SUNGGING: Jurnal Seni Rupa, Kriya, Desain Dan Pembelajarannya, 2(1), 50–66. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/sungging.v2i1.60553.g2000 1 142 Fami, A., Yusrina, S., Asy’ari, A. Y., & Barus, I. R. (2023). Pengaruh Pemilihan Palet Warna Dalam E-Book Terhadap Representasi Identitas Desa Bigaran, Borobudur. SENIMAN: Jurnal Publikasi Desain Komunikasi Visual, 2(1), 232–241. https://doi.org/10.59581/seniman-widyakarya.v2i1.2167 Fatharani, C. Q., & Wirasari, I. (2024). ANALISIS MODEL AISAS (ATTENTION, INTEREST, SEARCH, ACTION, DANSHARE)PADA BRANDINGBISNIS FASHIONMUSLIM(STUDI KASUS DIAN PELANGI). COSTING: Journal of Economic, Business and Accounting, 7(4), 8349–8356. https://doi.org/https://doi.org/10.31539/costing.v7i4.10368 Ghurroh, I. A. (2018). Perancangan Typography Center dengan Pendekatan Typography As Architecture di Surabaya. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI MAULANA MALIK IBRAHIM. Hendrawan, A. (2020). Berdesain: Teori dan Praktik Desain. Books Manggo. https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=RowIEAAAQBA J&oi=fnd&pg=PR15&dq=teori+desain&ots=AkVuuob7ji&sig=lFf oqndzToBSIuX6LHJ5j0nHQUM&redir_esc=y#v=onepage&q=teo ri%20desain&f=false 143 Indirwati, D. P., Agustin, T., & Mahmudah, A. M. H. (2024). Analisis Mobilitas Pesepeda Sebagai Bagian Transportasi Berkelanjutan di Jalan Slamet Riyadi, Kota Surakarta. Sustainable Civil Building Management and Engineering Journal, 1(4), 1–11. https://doi.org/10.47134/scbmej.v1i4.3148 Kusumawati, I. R. (2024). RELIGION AND CULTURE BASED ARTS SUSTAINABILITY MODEL IN THE “AMONG” SYSTEM: EMPIRICAL STUDY IN BUTUH, THE WAYANG HAMLET. ARTISTIC : International Journal of Creation and Innovation, 5(2), 160–176. https://doi.org/10.33153/artistic.v5i2.6437 Labib, Moch. A. M., & Wibawa, B. M. (2019). Analisi Peta Kompetitor Industri Mobile Payment di Indonesia. Jurnal Sains Dan Seni Its, 8(1), 21–26. https://doi.org/https://doi.org/10.12962/j23373520.v8i1.41789 Ladipo, P. K., Oniku, A., Oluwaseyi Bankole, J., & Akeke, O. S. (2022). Effect of Aaker’s Model of Brand Personality on Customer Choice of Branded E-Retailing Outfits. The International Journal of Applied Business), 6(2), 176–186. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.20473/tijab.v6.I2.2022.37447 Monica. (2010). PENGARUH WARNA, TIPOGRAFI, DAN LAYOUT PADA DESAIN SITUS. Humaniora, 1(2), 459–468. https://doi.org/https://doi.org/10.21512/humaniora.v1i2.2887 144 Mubarok, F. S. (2023). Penerapan Prinsip Gestalt Dalam Desain Visual Untuk Meningkatkan Memori Dan Pemahaman Pesan. Jurnal Ilmiah Komunikasi Makna, 11(2), 152–174. https://doi.org/10.30659/jikm.v11i2.33002 Murtono, T. (2015). Tipografi: Sejarah, Karakter, Kaidah & Proses Penciptaan Huruf. ISI Press. Nugraha, F., & Tarmawan, I. (2022). Perancangan Identitas Visual Yessika Roti. DIVAGATRA - Jurnal Penelitian Mahasiswa Desain, 2(2), 205–219. https://doi.org/https://doi.org/10.34010/divagatra.v2i2.8314 Nugroho, D. C., & Ayuswantana, A. C. (2023). Perancangan Logo dan Standar Manual Grafis untuk Membangun Citra Identitas Badan Usaha Milik Desa Sukses Bersama Simpang. Kegiatan Positif: Jurnal Hasil Karya Pengabdian Masyarakat, 1(4), 30–52. https://doi.org/https://doi.org/10.61132/Kegiatan Positif.v1i3.466 Nurdin, A. (2023). PERANCAGAN IDENTITAS VISUAL KAFE “EL- KAUTSAR.” UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR. Pernyata, R. S., & Vincentius, R. (2023). Perancangan Logo dengan Metode Logo Design Process untuk Tempat Wisata. Prosiding Serenade, 2, 414. Prabasmara, P. G., Subroto, T. Y. W., & Rochyansyah, M. S. (2019). Konsep livabilitas sebagai dasar optimalisasi ruang publik Studi 145 kasus: Solo City Walk, Jalan Slamet Riyadi, Surakarta. Jurnal Arsitektur Pendapa, 1(2), 44–53. https://doi.org/https://doi.org/10.37631/pendapa.v1i2.110 Praiswari, R. W., & Arsandrie, Y. (2021). Akulturasi Budaya di Kawasan Kauman Surakarta. Jurnal Arsir Universitas Muhammadiyah Palembang, 35–45. https://doi.org/https://doi.org/10.32502/arsir.v0i0.3647 Pratama, I. P. A. A., Paramitha, A. A. I. I., & Satwika, I. P. (2024). Penerapan Metode Design Thinking Dalam Implementasi User Interface Berbasis Website Studi Kasus JRO Sandat Property. Jurnal Teknologi Komputer Dan Sistem Informasi, 7(1), 73–86. https://doi.org/https://doi.org/10.56327/jtksi.v7i1.1635 Qanita, A. (2020). ANALISIS STRATEGI DENGAN METODE SWOT DAN QSPM (QUANTITATIVE STRATEGIC PLANNING MATRIX): STUDI KASUS PADA D’GRUZ CAFFE DI KECAMATAN BLUTO SUMENEP. KOMITMEN: Jurnal Ilmiah Manajemen, 1(2), 11. https://doi.org/https://doi.org/10.15575/jim.v1i2.10309 Rachmawati, I. N. (2007). PENGUMPULAN DATA DALAM PENELITIAN KUALITATIF: WAWANCARA. Jurnal Keperawatan Indonesia, 11(1), 35–40. https://doi.org/https://doi.org/10.7454/jki.v11i1.184 146 Rahmawati, S. W., Sunarti, S., & Hakim, L. (2017). PENERAPAN SAPTA PESONA PADA DESA WISATA (Analisis Persepsi Wisatawan atas Layanan Penyedia Jasa di Kampung Wisata Kungkuk, Desa Punten, Kota Batu). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 50(2), 195–202. Resmisari, G. (2023). Analisis Prinsip Gestalt Pada Pola Monogram Brand Goyard Dalam Membentuk Persepsi Visual. 03(2), 103–112. Roitman, S., & Rukmana, D. (2022). ROUTLEDGE HANDBOOK OF URBAN INDONESIA. Routledge. https://doi.org/10.4324/9781003318170 Rustan, S. (2013). Mendesain Logo. Gramedia Pustaka Utama. Sachari, A., & Sunarya, Y. Y. (2000). PENGANTAR TINJAUAN DESAIN (T. Sarah, Ed.; 1st ed.). https://www.researchgate.net/publication/306012610 Salim, A. K., & Hartanto, D. D. (2022). Analisis Pentingnya Creative Brief Pada Integrated Marketing Communication. Jurnal DKV Adiwarna, 11(1). Sayatman. (2015). The Development of Visual Identity Design System for Strengthening The Brand of Academic Institution. In PROCEEDINGS (Issue 2). 147 Sayatman, Mardiono, B., & Noordyanto, N. (2021). Pengembangan Konsep Brand Identity dan Visual System ITS yang Lebih Terintegrasi. JurnalDesainIdea, 20(1), 10–15. https://doi.org/10.12962/iptek_desain.v20i1.9329 Setiawati, R., & Aji, P. S. T. (2020). IMPLEMENTASI SAPTA PESONA SEBAGAI UPAYA DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN PRIMA PADA WISATAWAN DI DESA WISATA PENTINGSARI. Jurnal Administrasi Bisnis Terapan, 2(2), 128–130. https://doi.org/10.7454/jabt.v2i2.98 Sofyaningrum, R., & Faujiyah, F. (2024). Eksplorasi Penamaan Kota di Jawa Tengah: Perspektif Semantik. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 3013–3030. https://doi.org/10.31004/jptam.v8i1.12837 Sumbodo, D. S., Sayekti, P., & Hermanto, Y. A. L. (2023). PENGEMBANGAN CREATIVEPRENEURSHIP BRAND EXCOFF MELALUI PERANCANGAN VISUAL IDENTITY. Jurnal VcoDe : Visual Communication Design Journal, 3(1), 52–63. https://doi.org/10.26887/vcode.v3i1.3852 Suryono, T. A., Rahayu, P., & Rini, E. F. (2020). TINGKAT KESIAPAN KOTA SURAKARTA SEBAGAI KOTA NYAMAN BERSEPEDA. Desa-Kota, 2, 100–116. https://doi.org/10.20961/desa- kota.v2i1.32260 148 Ulita, N. (2019). TINJAUAN WARNA PADA VISUAL BRANDING WARUNG KOPI LOKAL. Jurnal Dimensi DKV Seni Rupa Dan Desain, 4(2), 205–223. https://doi.org/10.25105/jdd.v4i2.5895 Wahid, A., Achmad, M., Iriani, D., Mutohari, A. S., Wijaya, A., & Putra, G. M. (2023). Penyuluhan Visual Brand Identity Martabak Mini Sobirin Sebagai Upaya Meningkatkan Brand Awareness. JURNAL PENGABDIAN UNIVERSITAS CATUR INSAN CENDEKIA, 3(3), 2023. http://jpucic.ejournal.id Yuwono, B. (2021). PERANCANGAN REDESAN LOGO LPI SALSABILA DENGAN MENGAPLIKASIKAN PRINSIP GESTALT. AKSA JURNAL KOMUNIKASI VISUAL, 5(1), 732–742. http://aksa.stsrdvisi.ac.id Zulfikri, Z., & Budiwirman, B. (2022). Identitas Visual Kampung Budaya Dan Religi Sigando Padang Panjang. DEKAVE : Jurnal Desain Komunikasi Visual, 12(2), 139. https://doi.org/10.24036/dekave.v12i2.116879 citation: Amanina, Nadya Ahla (2025) PERANCANGAN IDENTITAS VISUAL DAN PENERAPANNYA PADA JASA BIRO WISATA “BERKAEYUH” DI KOTA SOLO DENGAN METODE ALINA WHEELER. S1 thesis, Institut Seni Indonesia Surakarta. document_url: http://repository.isi-ska.ac.id/7838/1/Nadya%20Ahla%20Amanina%20-%20UP.pdf