TY - UNPB ID - eprintsOLD7838 TI - PERANCANGAN IDENTITAS VISUAL DAN PENERAPANNYA PADA JASA BIRO WISATA ?BERKAEYUH? DI KOTA SOLO DENGAN METODE ALINA WHEELER UR - https://repository.isi-ska.ac.id N2 - Perancangan ini bertujuan untuk merancang identitas visual bagi biro jasa wisata "Berkaeyuh" yang berlokasi di Kota Solo, dengan menggunakan metode Alina Wheeler sebagai panduan dalam proses desain. Identitas visual yang kuat sangat penting dalam membedakan suatu merek di pasar yang kompetitif, terutama dalam industri pariwisata yang terus berkembang. Metode Alina Wheeler memberikan kerangka kerja sistematis yang mencakup analisis, strategi, dan implementasi elemen-elemen desain seperti logo, tipografi, palet warna, dan supergrafis. Proses penelitian dimulai dengan analisis mendalam terhadap visi, misi, dan nilai-nilai Berkaeyuh serta pemahaman tentang target audiens. Selanjutnya, dilakukan pengembangan konsep desain yang mencerminkan karakteristik Berkaeyuh. Hasil dari perancangan ini adalah sebuah graphics standart manual yang mencakup panduan lengkap tentang identitas visual "Berkaeyuh", termasuk penerapan branding touchpoints untuk meningkatkan pengalaman pelanggan. Dengan adanya identitas visual yang dirancang secara profesional, diharapkan biro jasa wisata Berkaeyuh dapat meningkatkan daya tarik dan brand awareness di kalangan wisatawan. Perancangan ini juga memberikan kontribusi bagi pengembangan strategi branding di sektor pariwisata di Indonesia. KW - Branding Pariwisata KW - identitas visual KW - branding touchpoint. Y1 - 2025/01/06/ M1 - s1 EP - 189 AV - public A1 - Amanina, Nadya Ahla PB - Institut Seni Indonesia Surakarta ER -