eprintid: 7837 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 31 dir: disk0/00/00/78/37 datestamp: 2025-10-13 07:47:00 lastmod: 2025-10-13 07:47:00 status_changed: 2025-10-13 07:47:00 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Swandaru, Ken Yeriko title: EDUKASI AVOIDABLE FOOD WASTE REDUCING UNTUK SISWA KELAS RENDAH MELALUI BUKU CERGAM FABEL ENDEMIK BERGAYA KARTUN ispublished: unpub subjects: AB divisions: sch_law full_text_status: public keywords: Avoidable Food Waste, Buku Cergam, Fabel, Kartun, Lariscus Insignis, Siswa Kelas Rendah abstract: Food waste menjadi isu global yang menyumbang 4,4 gigaton emisi gas rumah kaca setiap tahunnya. Indonesia menjadi penghasil food waste rumah tangga terbesar di Asia Tenggara, mencapai 14,73 juta ton pada tahun 2021, hal ini disebabkan karena minimnya simpati masyarakat terhadap permasalahan tersebut. Sebagai negara yang turut serta menyepakati agenda pembangunan global, masyarakat lingkup rumah tangga turut andil bertanggung jawab. Edukasi avoidable food waste reducing merupakan salah satu cara yang paling mudah dipahami dan dilakukan. Intervensi diarahkan kepada anak usia 6-8 tahun, mengingat usia middle childhood merupakan masa yang tepat untuk belajar nilai dan kebiasaan positif yang menjadi reflek di masa depan. Edukasi disajikan melalui buku cegam bergaya ilustrasi kartun flat, dengan penokohan fabel bertemakan hewan endemik indonesia yaitu bajing tanah bergaris tiga atau Lariscus Insignis. Alur perancangan menggunakan model ADDIE, yang dimulai dari tahap analyze yaitu pengumpulan data dan diakhiri dengan analisa STP, design merupakan tahap merancang creative brief menggunakan 5W+1H, Development merupakan tahap merancang draft buku dan media publikasi, implement merupakan tahap visualisasi karya buku dan media publikasi berupa poster, kotak bekal, botol minum, dan gantungan kunci, evaluation merupakan tahap penilaian tenaga ahli. Hasil uji coba menunjukkan bahwa penggunaan buku cergam fabel endemik bergaya kartun terbukti cukup efektf sebagai media edukasi kegiatan avoidable food waste reducing bagi siswa kelas rendah. date: 2025-01-09 date_type: completed pages: 209 institution: Institut Seni Indonesia Surakarta department: Fakultas Seni Rupa dan Desain thesis_type: s1 thesis_name: ssn official_url: https://repository.isi-ska.ac.id referencetext: Anna Amalia. (2021). Laporan Kajian Food Loss and Waste di Indonesia dalam Rangka Mendukung Penerapan Ekonomi Sirkular dan Pembangunan Rendah Karbon. Jakarta : BAPPENAS Aroisi, N. S., & Kurniawan, R. A. (2023). Metode Desain Karakter Aaron Blaise dengan Penerapan Antropomorfisme dalam Animasi Lakontara sebagai Upaya Pelestarian Ketoprak. CITRAWIRA: Journal of Advertising and Visual Communication, 4(1), 63-78. https://doi.org/10.33153/citrawira.v4i1.5093 Aspa. (2023). “Desain Fasilitas dan Layout. Makassar : Universitas Muhammadiyah Makassar Astutiningsih, Edi Endang. (2022) "Meningkatkan Kemampuan Mengidentifikasi Unsur Intrinsik Fabel Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Index Card Match." Strategy: Jurnal Inovasi Strategi Dan Model Pembelajaran 2.3 ): 371-383. https://doi.org/10.51878/strategi.v2i3.1499 Babuta, Yoddie Yanuar Iryawan, and Octaviyanti Dwi Wahyurini. (2014). Perancangan buku pendidikan karakter toleransi dan cinta damai untuk anak usia 3-5 tahun. Jurnal Sains Dan Seni ITS 3.1 F28-F32. https://doi.org/10.12962/j23373520.v3i1.6060 Cista, L. P. A. C., & Murtono, T. (2023). Buku Ilustrasi Banten Prayascita Gaya Flat Design Sebagai Sarana Pelestarian Budaya Bali Pada Parisada Hindu Dharma Indonesia Bekasi. CITRAWIRA: Journal of Advertising and Visual Communication, 4(1), 1-18. https://doi.org/10.33153/citrawira.v4i1.5296 Fauzi, Ahmad. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter di Pondok Pensantren Darul Qur’an Sumbersari Kencong Kepung Kediri. SALIMIYA: Jurnal Studi Ilmu Keagamaan Islam, 1(1), 68-79. https://doi.org/10.12962/j23373520.v3i1.5346 Febriyanti, Theresia, Syarifah Asdiyah, Lutfi Alinsyiroh, and Oktian Fajar Nugroho. n.d. (2022) Problematika Karakteristik Siswa Kelas Rendah Di Sdn 11 Duri Kepa. In Seminar Nasional Ilmu Pendidikan dan Multi Disiplin (Vol. 5, No. 01) : Universitas Esa Unggul 179 Hafsah, Iklima. (2021). Peningkatan Kemampuan Emosi Melalui Story book (TK Yaa Bunayya Ngawi Tahun Ajaran 2018/2019). Journal of Modern Early Childhood Education 1.01: 25-35. https://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/JMECE/article/view/1 57 Hariadi, Muh. Aldy Haidar, and Satriadi. (2021). Tipografi Yang Ramah Untuk Anak-Anak. Makassar : Universitas Negri Makassar Hendrawan, Henky. (2021). Analisa SWOT Dan STP (Segmentasi, Tertarget, Posisi) Terhadap Strategi Pemasaran Digital Pada Usaha Mikro – Bunda Culinary. Jkbm (Jurnal Konsep Bisnis Dan Manajemen) 7(2):127–38. https://doi.org/10.31289/jkbm.v7i2.4505. Hesti, Hernia. (2013). Kemampuan mengenal warna pada anak usia 4-5 tahun di TK segugus III kecamatan panjatan kabupaten kulon progo. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta Hidayat, Fitria, and Nizar Muhamad. (2021). Model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Model in Islamic Education Learning." J. Inov. Pendidik. Agama Islam 1.1: 28-37. https://doi.org/10.22236/jpi.v11i1.5033 Hidayatullah, R. A. (2018). TA: Perancangan Buku Ilustrasi Topeng Malangan dengan Teknik Digital Painting sebagai Media Pembelajaran Anak Usia 8-12 Tahun. Surabaya : Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya IUCN. (2014). Komisi Penyelamatan Spesies IUCN panduan manajemen ex situ untuk konservasi spesies. Swiss: IUCN Juanda, Juanda. (2019). Eksplorasi Nilai Fabel Sebagai Sarana Alternatif Edukasi Siswa. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra 18(2):294–303. https://doi.org/10.17509/bs_jpbsp.v18i2.15517. Krissandi, Apri Damai Sagita. (2017). Merancang Buku Cerita Bergambar Merancang Buku Cerita Bergambar Sebagai Media Membaca Anak Yang Berkarakter. Yogyakarta: Sanata Dharma University Press Mahendra, N. G., & Pandanwangi, B. (2023). Edukasi Anti Kekerasan Seksual Terhadap Laki-Laki Melalui Ideologically Or Cause Oriented 180 Campaign. Sanggitarupa, 3(2). https://doi.org/10.33153/sanggitarupa.v3i2.4837 Mahfud, Imam, and Rizki Yuliandra. (2020). Pengembangan Model Gerak Dasar Keterampilan Motorik Untuk Kelompok Usia 6-8 Tahun. SPORT- Mu: Jurnal Pendidikan Olahraga 1.01:54-66. https://doi.org/10.32528/sport-mu.v1i01.3055 Mardison, Safri. (2016). Perkembangan Bahasa Anak Usia Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah (Sd/Mi). Jurnal Tarbiyah Al-Awlad 6(2):635–43. https://doi.org/10.15548/alawlad.v7i2.432 Misrah, Sahrudin Barasandji, and Efendi Dg. Pawala. (2013). Peningkatan Kemampuan Siswa Membuat Kalimat Tanya Melalui Teknik 5w 1h Di Kelas IV SD Inpres Lobu Gio. Jurnal Kreatif Tadulako Online 1(4):55– 66. Muallimah, Hadah. (2021). Kajian Penerapan Strategi Komunikasi AISAS Terhadap Perancangan Desain Komunikasi Visual. Kreatif: Jurnal Karya Tulis, Rupa, Eksperimental dan Inovatif, 3(2), 1-10. https://doi.org/10.53580/files.v3i02.30 Muhamad, A. (2014). Pengaruh Penggunaan Media Gambar Kartun Terhadap Hasil Belajar Ips Pada Siswa Kelas Viii Smp Al-Amanah. Setu Tangerang Selatan : FITK UIN Jakarta Noviadji, Benny Rahmawan, and Angga Hendrawan. (2021). Perancangan Buku Ilustrasi Sebagai Media Pengenalan Bidang Keilmuan Desain. Jurnal Desain 8(2):103. doi: 10.30998/jd.v8i2.7930. Nurjanah, Eka, and Dhikrul Hakim. (2018). Pengembangan bahan ajar materi mencerna (menyimak cerita anak) berbasis cerita anak majalah bobo pada siswa kelas VI MI Darun Najah 1 Jatirejo Mojokerto. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar 2.1: 69-83. https://doi.org/10.21067/jbpd.v2i1.2201 Pahlevi, S. R., & Handriyotopo, H. (2024). Peran Ilustrasi Sebagai Media Bercerita dalam Album Musik Band Elfensjón. CITRAWIRA: Journal of Advertising and Visual Communication, 5(1), 13-19. https://doi.org/10.33153/citrawira.v5i1.4840 181 Puspandari, Yani. (2008). Gambaran Watak Manusia Melalui Analisis Mata Dalam Xiangmian (相面相面相面相面). Depok : Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia Rudi Susilana, and Cepi Riyana. (2008). Media Pembelajaran: Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan, dan Penilaian. Bandung: Univesitas Pendidikan Indonesia Bandung. Shinta Citra Lestari, and Alin Halimatussadiah. (2022). Kebijakan Pengelolaan Sampah Nasional: Analisis Pendorong Food Waste Di Tingkat Rumah Tangga. Jurnal Good Governance 18(1):38–50. https://doi.org/10.1093/poq/nfm006 Silalahi, Bernita. (2017). Pengaruh Pengetahuan Tentang Sampah Dan Ketersediaan Sarana Prasarana Terhadap Perilaku Ibu Membuang Sampah Yang Berpotensi Bencana Banjir Di Daerah Aliran Sungai Deli Kota Medan. Jurnal Ilmiah Keperawatan IMELDA 3(1):208–17. https://doi.org/10.30596/jik.v1i2.5353 Wardaya, Marina. (2023). Langkah Mudah Membuat Buku Anak: Edisi Cerita Rakyat Indonesia. Jakarta: BRIN Yulianti, S.D., Rachman, A., & Kurniawan, R.A. (2023). Pembuatan Karakter Animasi “Rani” Sebagai Contoh Fenomena Gegar Budaya Mahasiswa Asal Pulau Sumatera di Pulau Jawa. Visualita Jurnal Online Desain Komunikasi Visual. DOI:10.34010/visualita.v12i1.10136 Zulvira, Riri, Neviyarni Neviyarni, and Irdamurni Irdamurni. (2021). Karakteristik siswa kelas rendah Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai 5.1 1846- 1851. https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v3i6.810 Sumber Internet : fachmycasofa.com. (2018). Anatomi Buku: Wajib Tahu Kalau Mengaku Penulis!. https://fachmycasofa.com/anatomi-buku/. Diakses tanggal 16 Maret 2024 gbif.org. (2024). Lariscus insignis (F.Cuvier, 1821). URL: https://www.gbif.org/species/2437524. Diakses tanggal 11 September 2024 kbbi.web.id. (2018). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)/komik. https://kbbi.web.id/komik. Diakses tanggal 15 Maret 2024 182 penerbitdeepublish.com. (2021). Menulis Buku Umum Popular Pengertian Latar Cerita, Macam-Macam, dan Contoh Lengkap. URL: https://penerbitdeepublish.com/pengertian-latar- cerita/#:~:text=Pengertian%20latar%20cerita%20menurut%20Kusnadi,n ilai%20yang%20diungkapkan%20si%20pengarang. Diakses tanggal 12 Agustus 2024 profauna.net. (2016). Fakta Tentang Satwa Liar Indonesia. https://www.profauna.net/id/fakta-satwa-liar-di-indonesia. Diakses tanggal 19 September 2024 Trimansyah, Bambang. (2020). Panduan Penulisan Buku Cerita Anak. URL: https://fliphtml5.com/wuwth/kujh/PANDUAN_PENULISAN_BUKU_. Diakses tanggal 20 Desember 2024 citation: Swandaru, Ken Yeriko (2025) EDUKASI AVOIDABLE FOOD WASTE REDUCING UNTUK SISWA KELAS RENDAH MELALUI BUKU CERGAM FABEL ENDEMIK BERGAYA KARTUN. S1 thesis, Institut Seni Indonesia Surakarta. document_url: http://repository.isi-ska.ac.id/7837/1/Ken%20Yeriko%20Swandaru%20-%20UP.pdf