eprintid: 7836 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 31 dir: disk0/00/00/78/36 datestamp: 2025-10-13 01:16:59 lastmod: 2025-10-13 01:16:59 status_changed: 2025-10-13 01:16:59 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Tsani, Jasmine Fitria title: Komik Berwarna “Tualang Rasa Tuban” Bergenre Komedi Slice of Life dengan Gaya Gambar Manga Sebagai Upaya Pengenalan Kuliner Daerah ispublished: unpub subjects: AB divisions: sch_law full_text_status: public keywords: Kuliner Tradisional Tuban, Komik, Tualang Rasa Tuban , Slice of Life, Manga abstract: Penelitian yang dilakukan oleh Sempati (2017) menunjukkan bahwa persepsi remaja Indonesia pada makanan tradisional lebih rendah daripada persepsi remaja terhadap makanan modern. Permasalahan tersebut juga terjadi pada remaja Tuban dengan rentang umur 11-15 tahun, dimana pengetahuan mereka tentang kuliner lokal Tuban lebih rendah 20% dari pada pengetahuan mereka terhadap kuliner asing. Oleh karena itu, diperlukan adanya media yang dapat mempopulerkan Kembali kuliner Tuban supaya lebih dikenal oleh generasi muda. Salah satu cara untuk memperkenalkan Kembali ialah dengan melalui komik berjudul “Tualang Rasa Tuban”. Alasan mengapa media tersebut dipilih dikarenakan Wahyudin (2020) menyatakan bahwa komik merupakan media penyampaian yang baik untuk anak umur 11-15 tahun. Komik dirancang berwarna dengan gaya gambar manga agar lebih menarik oleh audiens, serta menggunakan genre komedi slice of life agar tidak membosankan dan lebih membekas untuk pembaca. Selain itu, penggunaan media cetak dipilih daripada digital, sebab Seal (2020) memaparkan bahwa buku fisik dapat memberikan pemahaman dan pengalaman yang lebih baik terhadap pembaca. Dalam pembuatan komik, digunakan pendekatan design thinking dengan Mccloud agar komik yang dibuat menarik untuk target pasar, serta metode AISAS untuk perancangan promosi. Dari hasil yang didapatkan, remaja yang telah membaca komik tersebut jadi lebih tertarik terhadap kuliner Tuban dan ingin memperkenalkan kuliner Tuban ke khalayak yang lebih luas. Adanya komik “Tualang Rasa Tuban” dapat melestarikan serta memperkenalkan kepada Masyarakat yang lebih luas mengenai makanan lokal yang masih belum dikenal, terutama makanan tradisional khas Tuban date: 2025-01-30 date_type: completed pages: 270 institution: Institut Seni Indonesia Surakarta department: Fakultas Seni Rupa dan Desain thesis_type: s1 thesis_name: ssn official_url: https://repository.isi-ska.ac.id referencetext: DAFTAR PUSTAKA Ang, J. (2022). Using White Space in Design: A Complete Guide - Venngage. https://venngage.com/blog/white-space-design/ Añonuevo, M. (2022, January 2). Anime’s Most Feel-Good Genre, Slice of Life, Explained. https://www.cbr.com/slice-of-life-anime-genre-meaning-explained/ Arghawana, R. (2020). Value Dalam Membuat Karya Ilustrasi. https://www.gamelab.id/news/344-value-dalam-karya- ilustrasi#:~:text=Unsur Nilai%2C atau sering juga,mudah walaupun tanpa menggunakan warna A. Rosmiati, R. A. Kurniawan, B. H. Prilosadoso, A. N. P. (2020). Aspects of Visual Communication Design in Animated Learning Media for Early Childhood and Kindergarten. https://doi.org/10.31295/ijss.v3n1.260 Ashfiya, M. Z., & Rahmawaty, P. (2018). Perbandingan Tingkat Engagement Antara Post Foto Dan Video Instagram ( Studi Pada Akun Instagram Perusa- haan Berbasis Aplikasi Smartphone ). Jurnal Manajemen Bisnis Indonesia, 2(4), 182–194. Aslam, I. (2024). Unsur Adiksimba dalam Teks Berita Lengkap dengan Contohnya. https://www.goodnewsfromindonesia.id/2024/03/21/unsur-adiksimba- dalam-teks-berita-lengkap-dengan-contohnya Azis, Y. A. (2023). Data Sekunder: Pengertian, Sumber Data dan Contoh Di Penelitian. https://deepublishstore.com/blog/data-sekunder- penelitian/#1_Contoh_Data_Sekunder_dengan_Data_Kuantitatif Badriyah, S. (2023). Jenis Komik: Pengertian, Fungsi dan Contohnya. Gramedia. Retrieved December 6, 2023, from https://www.gramedia.com/literasi/jenis- komik/ 216 Binus. (2022). #60 Spektrum dan Pigmen Warna. https://onesearch.id/Author/Home?author=Sanyoto%2C+Sadjiman+Ebdi Cameron Chapman. (2021). Color Theory for Designers, Part 1: The Meaning of Color. Smashing Magazine. https://www.smashingmagazine.com/2010/01/color-theory-for-designers- part-1-the-meaning-of-color/ Decker, K. (2022). The fundamentals of understanding color theory. 99Designs. https://99designs.com/blog/tips/the-7-step-guide-to-understanding-color- theory/ Decoart. (2021). Composition - Focal Points. https://shop.decoart.com/content/composition-focal-points.pdf Disbudporapar. (2020). Legen. https://disbudporapar.tubankab.go.id/entry/legen Disparbudpora, A. (2018). KARE RAJUNGAN. https://disbudporapar.tubankab.go.id/entry/kare-rajungan Faidah, D. N. (2021). Mengenal Jenis-Jenis Ilustrasi Dalam Dunia Desain Grafis. https://www.gamelab.id/news/1318-mengenal-jenis-jenis-ilustrasi-dalam- dunia-desain-grafis Harris, M. (1922). What Is Background? The North American Review. http://www.jstor.org/stable/25112758%5Cnhttp://www.jstor.org/stable/pdfpl us/25112758.pdf?acceptTC=true IMA. (2023). Pengertian Bidang Geometris beserta Contohnya. https://kumparan.com/ragam-info/pengertian-bidang-geometris-beserta- contohnya-21C1OzW2KpC/full Lum, K. (2020). The Difference Between Art and Fact, 1995. Everything Is Relevant. https://doi.org/10.2307/j.ctvwvr2jd.10 217 Kartika, D. S. (2017). Estetika Seni Rupa Nusantara. Pengembangan Ilmu Budaya bekerjasama dengan ISI Press Surakarta. Kurniawan, R. A. (2014). Perancangan Promosi Pariwisata Kuliner Wedangan Kota Solo Melalui Komik Ginasthel. Maccloud, S. (2006). MAKING COMICS - STORYTELLING SECRETS OF COMICS. William Morrow Paperbacks. https://archive.org/details/MakingComics- StorytellingSecretsOfComics/mode/2up MarilynO. (2022). What Is Perspective In Art? (For Beginners). https://trembelingart.com/what-perspective-art-beginners/ Marionbe. (2019). The Elements of Composition in Art – Marion Boddy-Evans. https://marion.scot/the-elements-of-composition-in-art/ Meilyana, E. (2018, August 13). AISAS Model. Bbs.Binus.Ac.Id. https://bbs.binus.ac.id/gbm/2018/08/13/aisas-model/ Mustafa, S. (2022). Pengaruh Kolonialisme terhadap Kuliner Indonesia Masa Kini. https://kumparan.com/safira-mustafa/pengaruh-kolonialisme-terhadap- kuliner-indonesia-masa-kini-1y9vyQmEsZj/full Mustakim, W. (2016). Perancangan Komunikasi Visual CT-Eats Jasa Transportasi Online Caktrans Dengan Teknik Vector Untuk Memperluas Segmentasi Pasar [Universitas Dinamika Stikom Surabaya]. https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/1740/ Nathasia Subroto, E., & Qohar, A. (2020). Efektivitas Pemanfaatan Komik sebagai Media Pembelajaran Matematika. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/ Nguyen, C., & Hopp, D. (2019, October 1). Books Vs. Phones: Which Is Better? Www.Ghspawprint.Com. https://ghspawprint.com/1826/opinion/books-vs- phones-which-is-better/ 218 Nugroho, P. A., & Hendrastomo, G. (2017). Anime Sebagai Budaya Populer (Studi Pada Komunitas Anime di Yogyakarta). Jurnal Pendidikan Sosiologi, 6(3), 1–15. O’Neill, K. (2023). The Power of Details in Painting & Avoiding 5 Common Mistakes. https://kristenoneillart.com/details-in-painting-2/ Pixcap. (2023). Apa itu Teori Warna? Roda Warna, Makna Warna, dan Lainnya. https://pixcap.com/id/blog/apa-itu-teori-warna Outcrowd. (2020). Nilai Ritme dalam Desain. https://www-outcrowd-io.translate.goog/blog/value-of-rhythm-in- design?_x_tr_sl=en&_x_tr_tl=id&_x_tr_hl=id&_x_tr_pto=tc Piekos, N. (2013). Comic Book Grammar & Tradition. http://www.blambot.com/grammar.shtml Pluralsight. (2022). Beyond Black & White: Contrast in Graphic Design. https://www.pluralsight.com/blog/creative-professional/just-black-white- using-contrast-get-attention-graphic-designs Poole, O. (2022). 9 extraordinary food etiquette rules from around the world. https://www.trafalgar.com/real-word/food-etiquette-rules/ Primarasa. (2020). Pengaruh Belanda dalam Kuliner Indonesia. https://www.primarasa.co.id/artikel-boga/pengaruh-belanda-dalam- kuliner-indonesia Purnama, S. (2010). Elemen Warna Dalam Pengembangan Multimedia Pembelajaran Agama Islam. In AI-Bidayah 2(1). https://www.neliti.com/id/publications/284641/elemen-warna-dalam- pengembangan-multimedia-pembelajaran-agama-islam Puspitorini, R. (2014). No Title. PENGGUNAAN MEDIA KOMIK DALAM PEMBELAJARAN IPA 219 UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN AFEKTIF, 3. Qothrunnada, K. (2021). 7 Prinsip Dasar Desain Grafis Lengkap dengan Unsur- Unsurnya. Detik.Com, Detikpedia. https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-5838921/7-prinsip-dasar- desain-grafis-lengkap-dengan-unsur-unsurnya Riggs, K. D. (2021). Elements of Design: Size and Space. https://medium.com/upskilling/elements-of-design-size-and-space- 301ea598cab1 Rini, M., & Harahab, N. (2018). The Influ- ence of Endorser in Social Media To- ward Consumer Decision Making with AISAS Model. ECSOFiM: Journal of Economic and Social of Fisheries and Marine, 06(01), 106– 118. Roberto Lisandro. (2023). The Art and Science of Color Theory: Warm and Cool Colors. Medium. https://medium.com/design-bootcamp/the-art-and- science-of-color-theory-warm-and-cool-colors-c38fdbdfeeae Roman Aqviriyoso, Anung Rachman, & Asmoro Nurhadi. (2022). Edukasi Peran Hak Asasi Manusia di Era Digital Lewat Filter Augmented Reality (AR) Instagram. Journal of Computer Science and Visual Communication Design, 7(1), 17–25. https://doi.org/10.55732/jikdiskomvis.v7i1.497 Sempati, G. (2017). Persepsi Dan Perilaku Remaja Terhadap Makanan Tradisional Dan Makanan Modern. Galuh Putri Hardikna Sempati, 1–97. https://eprints.uny.ac.id/47397/1/laporan pdf.pdf Store, D. (2023). Unsur Buku Fiksi dan Non Fiksi. https://deepublishstore.com/blog/unsur-buku-fiksi-dan-non- fiksi/#Unsur_Buku_Fiksi Sutedjo A, P. B. (2016). Perancangan Desain Permainan Materi Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Wayang Beber. Acintya Jurnal Penelitian Seni 220 Budaya, ISI Surakarta, 8(1), 17–24. https://doi.org/https://doi.org/10.33153/acy.v8i1.1909 Swarnadwitya, A. (2020). Design Thinking: Pengertian, Tahapan dan Contoh Penerapannya. 15 Juni 2023. https://sis.binus.ac.id/2020/03/17/design- thinking-pengertian-tahapan-dan-contoh-penerapannya/ Tigis, P. (2020). Teknik cetak dalam seni patung. http://pamantulis.blogspot.com/2020/11/teknik-cetak-dalam-seni- patung.html Tim. (2024). Despar Goes To Malaysia (3): Pengaruh Tradisi Belanda dan China dalam Warisan Kuliner Indonesia. Fakultas Interdisiplin UKSW. https://fid.uksw.edu/detail_post/news/despar-goes-to-malaysia-3- pengaruh-tradisi-belanda-dan-china-dalam-warisan-kuliner-indonesia Yusuf, W. P., Saptorini, E. S., & Suwijah. (1997). Tradisi dan Kebiasaan Makan Pada Masyarakat Tradisional di Jawa Tengah (Dra. Emayanti (ed.); 1st ed., Vol. 1). Proyek Pengkajian dan Pembinaan Nilai-Nilai Budaya Direktorat Sejarah dan Nilai Tradisional Direktorat Jendral Kebudayaan. Yunianto, I. K., Rupa, S. T. S., & Indonesia, D. V. (2014). JOGJAFORCE, Niteni, Nirokne, Nambahi Sebagai Proses Berpikir Kreatif. Kreatif: Jurnal Desain Komunikasi Visual, 2(2), 121–133. Zufikar, F. (2022). Pakar Sejarah Ungkap Kuliner Legendaris Indonesia, Ada Sejak Abad 10 Masehi. DetikEdu. https://www.detik.com/edu/detikpedia/d- 6387736/pakar-sejarah-ungkap-kuliner-legendaris-indonesia-ada- sejak-abad-10-masehi citation: Tsani, Jasmine Fitria (2025) Komik Berwarna “Tualang Rasa Tuban” Bergenre Komedi Slice of Life dengan Gaya Gambar Manga Sebagai Upaya Pengenalan Kuliner Daerah. S1 thesis, Institut Seni Indonesia Surakarta. document_url: http://repository.isi-ska.ac.id/7836/1/Jasmine%20Fitria%20Tsani%20-%20UP.pdf