eprintid: 7835 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 31 dir: disk0/00/00/78/35 datestamp: 2025-10-13 01:08:39 lastmod: 2025-10-13 01:08:39 status_changed: 2025-10-13 01:08:39 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Mukhlisin, Ficky Zaid title: STRATEGI OPTIMALISASI IDENTITAS VISUAL DAN KEMASAN BUNDA FADHIL KITCHEN BERBASIS MODEL ALINA WHEELER ispublished: unpub subjects: AB divisions: sch_law full_text_status: public keywords: Identitas Visual, Desain Kemasan, Bunda Fadhil Kitchen, Alina Wheeler abstract: Usaha Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) memainkan peran vital dalam perekonomian di era industri 4.0 dengan kontribusinya terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) dan penyerapan tenaga kerja. Namun, UMKM sering menghadapi perlambatan valuasi yang disebabkan oleh faktor-faktor seperti lemahnya daya saing, kurangnya pengakuan merek, dan kesulitan mendapatkan investor. Kesadaran akan pentingnya identitas merek menjadi salah satu solusi utama untuk mengatasi masalah ini. Identitas merek yang kuat dapat dibentuk melalui proses branding yang melibatkan penggunaan elemen visual dan pengalaman konsumen yang konsisten. Identitas visual yang baik, seperti logo, tipografi, dan palet warna, penting untuk memperkuat citra merek. Selain itu, membangun media komunikasi atau brand touchpoint yang efektif dengan konsumen target adalah kunci untuk menjaga persepsi merek dan kualitas produk. Studi kasus UMKM Bunda Fadhil Kitchen di Surakarta menunjukkan bahwa kurangnya identitas visual dan pemilihan media promosi yang kurang tepat menghambat pertumbuhan UMKM ini. Melalui perancangan identitas visual sebagai penguat identitas merek dan kemasan sebagai brand touchpoint sekaligus media promosi utama, diharapkan UMKM ini dapat meningkatkan daya saing dan persepsi mereknya di pasar. Dengan pendekatan kualitatif dan model perancangan identitas merek oleh Alina Wheeler, hasil perancangan ini diharapkan dapat membantu UMKM mempertahankan konsistensi visual dan membangun kepercayaan konsumen. date: 2024-12-30 date_type: completed pages: 184 institution: Institut Seni Indonesia Surakarta department: Fakultas Seni Rupa dan Desain thesis_type: s1 thesis_name: ssn official_url: https://repository.isi-ska.ac.id referencetext: DAFTAR PUSTAKA Arianty, N., & Andira, A. (2021). Pengaruh brand image dan brand awareness terhadap keputusan pembelian. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 4(1), 39-50. DOI: https://doi.org/10.30596/maneggio.v4i1.6766 Aulia, F., Afriwan, H., & Faisal, D. (2021). Konsistensi logo dalam membangun sistem identitas. Gorga: Jurnal Seni Rupa, 10(2), 439-444. DOI: https://doi.org/10.24114/gr.v10i2.28131 Afrizal. (2014). Metode Penelitian Kualitatif: Sebuah Upaya Mendukung Penggunaan Penelitian Kualitatif dalam Berbagai Disiplin Ilmu. PT RajaGrafindo Persada. Akarapi.com (2024, 18 Desember). Sejarah Logo Holland Bakery. Akarapi.com Anggi, (2022, 12 Juli) Creative Brief adalah Pedoman Singkat Sebuah Proyek Kreatif, Bagaimana Membuatnya?. Accurate.id. https://accurate.id/marketing-manajemen/creative-brief-adalah/ Aqviriyoso, R., Rachman, A., & Yunianto, I. K. (2022). Design User Interface Duniaku. Com Mobile Application Using Design Thinking Method. Arty: Jurnal Seni Rupa, 11(1), 69-76. DOI: https://doi.org/10.15294/arty.v11i1.57136 Carter, D. E. (2001). The big book of logos. Hbi. HarperCollins Freddy, R. (2008). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Gramedia Pustaka Utama. 161 Gondo, N. C., & Djoko, C. (2020). Perancangan Ulang Identitas Visual Brand Permainan Edukatif (Studi Kasus: The Menthilis Project). Prosiding KOMA DKV 2020, 653-660. Gitosudarmo, I. (2000). Manajemen pemasaran. Yogyakarta: bpfe. Hamzah, Z. (2022). Perancangan Identitas Visual Dan Promosi Museum Keris Nusantara (Doctoral dissertation, ISI Surakarta). Hananto, B. A. (2019). Perancangan Identitas Visual Dan Desain Kemasan Produk Makanan (Studi Kasus: Fibble). Gestalt: Jurnal Desain Komunikasi Visual, 1(1), 77-94. DOI: 10.33005/gestalt.v1i1.21 Hiebert, J. T. (2011). Gamestorming: a Playbook for Innovators, Rulebreakers, and Changemakers. The Journal of Library Innovation, 2(2), 101–102. http://www.libraryinnovation.org/article/download/144/245 Isac, (2016, 25 Maret) How To Understand the Semrush Competitive Positioning Map. semrush.com. How Competitive Positioning Map Could Help Find Rival Benefits. https://www.semrush.com/blog/how-to-understand-the- semrush-competitive-positioning. Jonathan Sarwono; Lubis, Hary. (2007.). Metode riset untuk desain komunikasi visual / Jonathan Sarwono dan Hary Lubis. Yogyakarta : Andi. Kotler, P., & Keller, K. L. (2013). Strategi Pemasaran. Preshallindo, Jakarta. Kaputa, C. (2010). You are a brand!: How smart people brand themselves for business success. Nicholas Brealey Publishing. Kusrianto, A. (2007). Pengantar Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: Andi Offset 162 Moleong, L. J. (2006). Metode Penelitian. Bandung: PT RemajaRosdakarya. Murphy, J. (1988). How to Design Trademarks and Logos. Adams Media. Murtono, T. (2019). Eksperimen Tipografi. CV Kekata Group. Morrison, M. A. (2010). Periklanan Komunikasi Pemasaran Terpadu, cetakan pertama. Penerbit: Kencana Prenada Media Group. Naufalina, F. E., Nugraha, G., & Soedewi, S. (2021). Desain Kemasan Sebagai Media Promosi Studi Kasus Sheny Kelom Geulis Tasikmalaya. Wacadesain, 2(1), 8-15. DOI:10.51977/wacadesain.v2i1.507 Pratiwi, D., Indartini, M., & Rahayu, E. E. (2020). Pentingnya Strategi Branding Bagi Produk UMKM Pendampingan Di Desa Glonggong Kecamatan Dolopo Kabupaten Madiun. Jurnal Daya-Mas, 5(2), 43-46. DOI:https://doi.org/10.33319/dymas.v5i2.45 Prasetyo, B. D., & Febriani, N. S. (2020). Strategi Branding: Teori dan Perspektif Komunikasi dalam Bisnis. Universitas Brawijaya Press. Pradana, R. B., (2024). Identitas Visual Dan Penerapannya Pada Media Promosi Wisata Benowo Park Kabupaten Pemalang. JMPIS: Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2547. Pratama, A. A., Basith, A., Putra, G. M., & Wijaya, A. (2024). Perancangan Graphic Standard Manual Media Sosial Pada Instagram Sma Negeri 3 Kota Cirebon. Jurnal Grafis, 3(1), 80-87. Prilosadoso, B. H., & Rosmiati, A. (2017). Identitas Visual Desa Wisata Batik Cokrokembang Melalui Environment Graphic Design Sebagai Pengembangan di Kabupaten Pacitan. Acintya, 9(1). DOI: https://doi.org/10.33153/acy.v9i1.2120 163 Rifianita, V., Falah, R. M., Pangestu, S., & Metasari, A. (2022, November). Pelatihan Branding Produk UMKM Dan Digital Branding Kerupuk Kulit “Rambakkuْ “.ْ Inْ Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ (Vol. 1, No. 1). Rizkizha, D. F. (2023). Perancangan Brand Guideline Klub Sepakbola PSIM Jogja Sebagai Upaya Meningkatkan Brand Image. AKSA: Jurnal Desain Komunikasi Visual, 6(2), 926-943. DOI: https://doi.org/10.37505/aksa.v6i2.86 Rustan, S. (2013). Mendesain Logo. Gramedia Pustaka Utama. Rahardjo, S. T., & Yunianto, I. K. (2018). Perancangan Purwarupa Desain Kemasan “BakpiaْSrikandiْSriْMulia”ْMenggunakanْKonsepْRetorikaْVisualْdanْ Gaya Grafis Victorian dengan Memanfaatkan Teknologi Laser Cutting dalam Pembentukan Struktur Kemasan. AKSA: Jurnal Desain Komunikasi Visual, 2(1), 224-239. DOI: https://doi.org/10.37505/aksa.v2i1.17 Satriyono, S. (2017). Mantra Kemasan Juara. Elex Media Komputindo. Samudra, S. M. (2021) Perancangan Corporate Identitiy Macaron Amore Untuk Meningkatkan Daya Jual Produk. (Doctoral dissertation, ISI Surakarta). Supriyono, R. (2010). Desain komunikasi visual teori dan aplikasi. Yogyakarta: Andi. Stone, T. L., Adams, S., & Morioka, N. (2008). Color design workbook: A real world guide to using color in graphic design. Rockport Pub. Sri Julianti. (2014). The Art of Packaging : Mengenal Metode, Teknik, & Strategi. Gramedia Pustaka Utama. 164 Swasty, W., & Utama, J. (2017). Warna sebagai identitas merek pada website. ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 3(01), 1- 16. DOI:10.33633/andharupa.v3i01.1294 Sugiyono. (2013). Metode penelitian pendidikan. Alfabeta. Suliyanto, S. E., & MM, S. (2017). Metode penelitian kuantitatif. Sudaryono, (2017). Metodologi Penelitian. Depok: PT. Raja Grafindo Husada. Siagian, Sondang (2008). Manajemen Sumber Daya Manusia (cetakan 15). Jakarta: Bumi Aksara. Soemanegara, D. F. (2019, 23 Mei) Konsep AIDA dalam Kemasan Untuk Memaksimalkan Penjualan. Mnews.co.id. https://mnews.co.id/read/berita-lainnya/konsep-aida-dalam-kemasan- untuk-memaksimalkan-penjualan/?form=MG0AV3 Wheeler, A, (2009). Designing Brand Identity An Essential Guide For The Entire Branding Team John Wiley & Sons. John Wiley & Sons, Inc., Hoboken, New Jersey. Wheeler, A. (2012). Designing brand identity: an essential guide for the whole branding team. John Wiley & Sons. Wheeler, A., & Meyerson, R. (2024). Designing brand identity: A comprehensive guide to the world of brands and branding. John Wiley & Sons. Wheeler, A. (2017). Designing Brand identity: an Essential Guide for the Entire Branding Team (5th ed.). Wiley. Yunianto, I. K. (2018). Destination Branding Sebagai Identitas Visual Dusun Dalem Widodomartani, Sleman, Yogyakarta. AKSA: Jurnal Desain 165 Komunikasi Visual, 1(2), 158-174. DOI: https://doi.org/10.37505/aksa.v1i2.13 Holland Bakery (2024, 27 Desember). One Stop Bakery Store. Holland Bakery https://www.hollandbakery.co.id/about.us citation: Mukhlisin, Ficky Zaid (2024) STRATEGI OPTIMALISASI IDENTITAS VISUAL DAN KEMASAN BUNDA FADHIL KITCHEN BERBASIS MODEL ALINA WHEELER. S1 thesis, Institut Seni Indonesia Surakarta. document_url: http://repository.isi-ska.ac.id/7835/1/Ficky%20Zaid%20Mukhlisin%20-%20UP.pdf