eprintid: 7834 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 31 dir: disk0/00/00/78/34 datestamp: 2025-10-13 01:02:12 lastmod: 2025-10-13 01:02:13 status_changed: 2025-10-13 01:02:12 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Fathianisa, Aprilia title: INTERPRETASI MAKNA ORNAMEN GEOMETRI & UNSUR TRADISI PADA IKLAN KFC VERSI RAMADAN DI INSTAGRAM (ANALISIS IKONOGRAFI & IKONOLOGI ERWIN PANOFSKY) ispublished: unpub subjects: AB divisions: sch_law full_text_status: public keywords: Studi Ikon, Iklan Ramadan, Instagram, Ornamen Geometri Islam, Unsur Tradisi, Kentucky Fried Chicken abstract: Suatu usaha dagang membutuhkan kegiatan periklanan sebagai upaya dalam meningkatkan jumlah penjualan dengan mempromosikan produk atau jasa tersebut kepada khalayak. Media sosial menjadi salah satu sarana untuk beriklan di era modern ini, contohnya seperti media sosial Instagram. Visual sebuah iklan menjadi peran penting guna memberikan visualisasi terhadap produk apa yang ingin dikomunikasikan seperti halnya pada produk Kentucky Fried Chicken. Penelitian ini memfokuskan pada interpretasi makna ilustrasi ornamen geometri & unsur tradisi pada dua buah iklan KFC Indonesia versi ramadan di Instagram. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan ikonografi & ikonologi Erwin Panofsky yang merupakan cabang dari sejarah seni yang memfokuskan pada subject matter (pokok bahasan) atau makna dari karya seni. Berdasarkan hasil analisis interpretasi makna pada kedua iklan, menunjukan bahwa unsur ornamen geometri dan unsur tradisi (beduk dan ketupat) memiliki peran dalam mendukung tema dan konsep islami pada iklan dengan tema Ramadan sebagaimana dengan keterkaitan kondisi dan peristiwa sejarah dari unsur- unsur tersebut dengan bulan Ramadan dan merupakan salah satu bentuk pendekatan dengan strategi glokalisasi yang dilakukan oleh KFC sebagai upaya untuk menjadi bagian dari target pasar dengan menggunakan ketiga unsur tersebut sebagai “satu bahasa” yang sama untuk berkomunikasi melalui ikon-ikon pada visual sebuah iklan. date: 2024-11-29 date_type: completed pages: 85 institution: Institut Seni Indonesia Surakarta department: Fakultas Seni Rupa dan Desain thesis_type: s1 thesis_name: ssn official_url: https://repository.isi-ska.ac.id referencetext: DAFTAR PUSTAKA Abdullahi, Y., & Embi, M. R. Bin. (2013). Evolution of Islamic geometric patterns. Frontiers of Architectural Research, 2(2), 243–251. https://doi.org/10.1016/j.foar.2013.03.002 Abdurrozaq. (2017). Kajian Ikonologi Poster Perjuangan “BOENG, AJO BOENG” Karya Affandi Tahun 1945. Ekspresi Seni: Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Karya Seni, 19(1), 1–19. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26887/ekse.v19i1.126 Abiyoga, T. A. (2024). Art After Syariat: Sebuah Konsep Seni Rupa dalam Perspektif Syariat Agama Islam. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 24(2), 929. https://doi.org/10.33087/jiubj.v24i2.5289 Aldianto, L., Raafaldini Mirzanti, I., Sushandoyo, D., & Fitriana Dewi, E. (2018). Pengembangan Science Dan Technopark Dalam Menghadapi Era Industri 4.0 - Sebuah Studi Pustaka. Jurnal Manajemen Indonesia, 18(1), 68–76. https://doi.org/10.25124/jmi.v18i1.1261 Angela, C. V., & Suhartono, A. W. (n.d.). Analisa Terhadap Feeds Instagram Dyandra Academy Sebelum Dan Sesudah Penerapan Teori Layout. https://datareportal.com/reports/digital-2022- Anwar, C. (2017). Komodifikasi Nilai Agama Islam dalam Produk Iklan Televisi (Studi Komparatif Produk Iklan Televisi di Bulan Ramadhan dan di Luar Bulan Ramadhan 1437 Hijriah Edisi Bulan Januari – Juni Tahun 2016 ) [Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Ssemarang]. http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7327/ Burhan, M. A. (2008). Perkembangan Seni Lukis Mooi Indie Sampai Persagi di Batavia, 1900-1942 (1st ed.). Galeri Nasional Indonesia. Carollina, D. (2016). Tinjauan Ikonografi dan Ikonologi Ilustrasi Kemasan Produk Seduh Teh Cap Botol. NIRMANA, 16(1), 50–63. https://doi.org/10.9744/nirmana.16.1.50-63 Critclow, K. (1976). Islamic Patterns: An Analytical and Cosmological Approach (1st ed.). Schocken Books. 74 Desi, E., Sri, A., & Astuti, R. T. (2011). Analisis Pengaruh Iklan, Kepercayaan Merek, dan Citra Merek terhadap Minat Beli Konsumen (Vol. 13, Issue 1). Dewi, N. K., Andri, G., & Yonaldi, S. (2012). Menggunakan Vaseline Hand and ... Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 3, 28. https://www.academia.edu/download/31808593/PENGARUH_IKLAN__CITR A_MEREK__DAN_KEPUASAN_KONSUMEN_TERHADAP_LOYALITAS_ KONSUMEN_DALAM_MENGGUNAKAN_VASELINE_HAND_AND_BOD Y_LOTION_DI_KOTA_P.pdf Dumadi, S. M. (1988). Peninggalan Sejarah Masa Perkembangan Agama-Agama di Indonesia (Vol. 2). CV. Haji Masagung. Dyah Pratiwi, R., & Handriyotopo. (2018). Di Balik Citra Iklan Shampoo Pantene (Makna Bias Gender pada Iklan Pantene versi Labels Against Women di Televisi). Texture: Art and Culture Journal, 1(2), 101–115. https://doi.org/https://doi.org/10.33153/texture.v1i2.2434 Edial, R. (2016). Imajinasi ke Imajinasi Visual Fotograi. In Jurnal Rekam (Vol. 12, Issue 2). Elsafitri, E., Wahida, N., Rasyid, A. N., & Amni, S. (2023). Analisis Efektivitas Strategi Lokalisasi Global Perusahaan Makanan Cepat Saji Dalam Menjangkau Konsumen Global. Southeast Asia Journal of Business, Accounting, and Entrepreneurship (SAINS), 1(1), 8–15. https://dailymakassar.id/ejournal/index.php/sains/article/view/25 Firmansyah, T., & Akbar, T. (2022). Ikonologi Wayang Kreasi Sebagai Pengembangan Seni Rupa. Visual Heritage: Jurnal Kreasi Seni Dan Budaya, 05(01), 19–27. https://doi.org/https://doi.org/10.30998/vh.v5i1 Guntur. (2004). Ornamen Sebuah Pengantar (J. Prasetyo, Ed.). P2AI bekerja sama dengan STSI PRESS Surakarta. Handriyotopo, H. (2022). Plaosan Temple Ornaments As Iconography Metaphorical Hindu-Buddhist Ideology. Harmonia: Journal of Arts Research and Education, 22(1), 129–143. https://doi.org/10.15294/harmonia.v22i1.33358 Hasbullah, Satria, C., & Nyoman Yoga Sumadewa, I. (2021). Komunikasi Visual Iklan Kentucky Fried Chicken (KFC) Pada Masa Pandemi Covid-19. Visma Design, 1(1). https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/135059/pp-no-21-tahun-2020 75 Indarti, & Purwantoyo, E. (2017). Keefektifan Project Based Learning dengan Observasi pada Materi Keanekaragaman Tumbuhan Tingkat Tinggi. Journal of Biology Education, 6(2), 187–194. https://doi.org/10.15294/jbe.v6i2.19321 Kasuma Dewi, Nila. A. Gus. Y. Sepris. (2012). Pengaruh Iklan, Citra Merek, Dan Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Konsumen Dalam Menggunakan Vaseline Hand And Body Lotion Di Kota Padang (Studi Kasus Di Pt. Unilever Caang Padang). Jurnal Manajemen Dan Kewirausaaan, 3, 14–15. Koentjaraningrat. (1997). Kebudayaan Jawa. Balai Pustaka. Maghfiroh, A., & Nurhayati, N. (2023). Makna Kultural pada Kepercayaan Masyarakat Jawa Terhadap Ketupat di Momen Lebaran: Kajian Antropologi Linguistik. Madah: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 14(2), 216–228. https://doi.org/10.31503/madah.v14i2.640 Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative data analysis : an expanded sourcebook / Matthew B. Miles, A.Michael Huberman (2nd ed.). Sage Publications. Mohamed, M. (2000). Great Muslim Mathematicians (M. M. R. Rahidi, Ed.). Universiti Teknologi Malaysia. https://books.google.com/books?hl=id&lr=&id=8uEFaPCpAdgC&oi=fnd&pg= PR9&ots=uLcKbkWkoA&sig=BmMzaTT3eCrD33Z3l8m4P6DeWDU Monavia Ayu Rizaty. (2022, August 22). Pengguna Instagram Indonesia Terbesar Keempat di Dunia. https://dataindonesia.id/digital/detail/pengguna-instagram- indonesia-terbesar-keempat-di-dunia Mulyawati, W., & Ilse, H. (2008). Resep andalan resto Indonesia lontong dan ketupat. PT. Gramedia Pustaka Utama. Panofsky, E. (1955). Meaning in The Visual Arts. Doubleday Anchor Books, Doubleday & Company, Inc. Prajarini, D. (2020). Media Sosial Periklanan Instagram. Deepublish Publisher. Purwono. (2009). Dasar-dasar Dokumentasi. Penerbit Universitas Terbuka. Putu, N., Lestari, E. B., Santosa, N. A., & Suharno, A. R. (n.d.). 11 Peran Ilustrasi Bertema Indonesia pada Produk Minuman Terhadap Respon Emosi Konsumen. Jurnal Bahasa Rupa. https://bit.ly/jurnalbahasarupa 76 Ramdani, G. (2019). Desain Grafis (1st ed.). IPB Press. Rianti, A., Novenia, A. E., Christopher, A., Lestari, D., & Parassih, E. K. (2018). Ketupat as traditional food of Indonesian culture. In Journal of Ethnic Foods (Vol. 5, Issue 1, pp. 4–9). Elsevier B.V. https://doi.org/10.1016/j.jef.2018.01.001 Rustan, S. (2010). LAYOUT, Dasar & Penerapannya. PT Gramedia Pustaka Utama. Setiawan, A. (2018). Metodologi Desain (1st ed.). Arttex. Setyawati, N. (2018). Struktur Kebahasaan Teks Iklan Layanan Masyarakat. https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/pibsi40/article/view/119 Siswayanti, N., Lektur, P., Keagamaan, K., Litbang, B., Diklat, D., & Agama, K. (n.d.- a). Akulturasi Budaya pada Arsitektur Masjid Sunan Giri. Siswayanti, N., Lektur, P., Keagamaan, K., Litbang, B., Diklat, D., & Agama, K. (n.d.- b). Akulturasi Budaya pada Arsitektur Masjid Sunan Giri. Sudiana, D. (1986). Komunikasi Periklanan Cetak (1st ed.). Remadja Karya CV. Sugiyono. (2007). Metode penelitian pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D) (3rd ed.). Alfabeta. Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (23rd ed.). Alfabeta. Sukmadinata, N. S. (2011). Metode penelitian pendidikan (7th ed.). Remaja Rosdakarya. Syahbani, R., Sahrul, & Efendi. (2022). Makna Ornamen Masjid Al-Islam Muhammad Cheng Ho Palembang. Jurnal Sitakara, 7, 84–96. https://doi.org/10.31851/sitakara Wahono, S. M. (2020). Keterkaitan antara Upacara Adat Tradisional Sekaten dengan Pengembangan Kepariwisataan di Kodya Surakarta Edipeni Pramusinto Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pariwisata Indonesia (STIEPARI) Semarang. Jurnal Ilmiah Pariwisata, 16(1). https://doi.org/https://doi.org/10.56910/gemawisata.v16i1.109 Zuliati. (2014). Ikonografi Karya Sudjojono “Di Depan Kelamboe Terboeka.” Journal of Urban Society’s Art, 1. 77 https://kbbi.kemdikbud.go.id https://about.instagram.com/features https://kfcku.com citation: Fathianisa, Aprilia (2024) INTERPRETASI MAKNA ORNAMEN GEOMETRI & UNSUR TRADISI PADA IKLAN KFC VERSI RAMADAN DI INSTAGRAM (ANALISIS IKONOGRAFI & IKONOLOGI ERWIN PANOFSKY). S1 thesis, Institut Seni Indonesia Surakarta. document_url: http://repository.isi-ska.ac.id/7834/1/Aprilia%20Fathianisa%20-%20UP.pdf