@unpublished{eprintsOLD7834, author = {Aprilia Fathianisa}, month = {November}, school = {Institut Seni Indonesia Surakarta}, year = {2024}, title = {INTERPRETASI MAKNA ORNAMEN GEOMETRI \& UNSUR TRADISI PADA IKLAN KFC VERSI RAMADAN DI INSTAGRAM (ANALISIS IKONOGRAFI \& IKONOLOGI ERWIN PANOFSKY)}, url = {http://repository.isi-ska.ac.id/7834/}, keywords = {Studi Ikon, Iklan Ramadan, Instagram, Ornamen Geometri Islam, Unsur Tradisi, Kentucky Fried Chicken}, abstract = {Suatu usaha dagang membutuhkan kegiatan periklanan sebagai upaya dalam meningkatkan jumlah penjualan dengan mempromosikan produk atau jasa tersebut kepada khalayak. Media sosial menjadi salah satu sarana untuk beriklan di era modern ini, contohnya seperti media sosial Instagram. Visual sebuah iklan menjadi peran penting guna memberikan visualisasi terhadap produk apa yang ingin dikomunikasikan seperti halnya pada produk Kentucky Fried Chicken. Penelitian ini memfokuskan pada interpretasi makna ilustrasi ornamen geometri \& unsur tradisi pada dua buah iklan KFC Indonesia versi ramadan di Instagram. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan ikonografi \& ikonologi Erwin Panofsky yang merupakan cabang dari sejarah seni yang memfokuskan pada subject matter (pokok bahasan) atau makna dari karya seni. Berdasarkan hasil analisis interpretasi makna pada kedua iklan, menunjukan bahwa unsur ornamen geometri dan unsur tradisi (beduk dan ketupat) memiliki peran dalam mendukung tema dan konsep islami pada iklan dengan tema Ramadan sebagaimana dengan keterkaitan kondisi dan peristiwa sejarah dari unsur- unsur tersebut dengan bulan Ramadan dan merupakan salah satu bentuk pendekatan dengan strategi glokalisasi yang dilakukan oleh KFC sebagai upaya untuk menjadi bagian dari target pasar dengan menggunakan ketiga unsur tersebut sebagai ?satu bahasa? yang sama untuk berkomunikasi melalui ikon-ikon pada visual sebuah iklan.} }