eprintid: 7815 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 31 dir: disk0/00/00/78/15 datestamp: 2025-09-29 07:53:39 lastmod: 2025-09-29 07:53:39 status_changed: 2025-09-29 07:53:39 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Rejeki, Mega Lestari title: VISUALISASI KISAH LEGENDA RORO JONGGRANG DALAM KOMIK FABEL DENGAN TEKNIK LINOCUT ispublished: unpub subjects: AG divisions: sch_murni full_text_status: public keywords: legenda Roro Jonggrang, Komik, Fabel, Seni Grafis, Linocut abstract: Karya Tugas Akhir berjudul “Visualisasi Kisah Legenda Roro Jonggrang Dalam Komik Fabel Dengan Teknik Linocut” ini dilatarbelakangi dari kegemaran membaca buku cerita yang menjadi awal ketertarikan untuk mempelajari seni rupa. Karya seni grafis Tugas Akhir ini dibuat menjadi sebuah karya dalam bentuk komik yang mengambil dari kisah legenda Roro Jonggrang dengan visualisasi fabel menggunakan teknik linocut. Tujuan dari penciptaan karya Tugas Akhir ini adalah menciptakan karya seni grafis berbentuk komik fabel yang menarasikan kisah legenda Roro Jonggrang dengan viusalisasi karakter berwujud fabel serta menjelaskan konsep penciptaan, proses penciptaan, serta bentuk hasil karya seni grafis yang diciptakan. Penciptaan karya seni grafis Tugas Akhir ini mengacu pada metode L.H Chapman, meliputi: upaya menemukan gagasan, menyempurnakan mengembangkan dan memantapkan gagasan awal, serta visualisasi pada medium. Karya seni grafis Tugas Akhir ini memberikan wawasan yang lebih terkait alat, bahan dan teknik dalam proses penciptaan karya seni grafis bertema kisah visualisasi legenda Roro Jonggrang dalam bentuk komik fabel dengan menggunakan teknik linocut. Hasil dari pendalaman konsep karya seni grafis Tugas Akhir ini diharapkan dapat menjadi sumber referensi bagi penulis maupun civitas akademika seni rupa dalam berkarya seni serta dapat menyampaikan pesan- pesan moral dalam legenda Roro Jonggrang kepada masyarakat yang menyaksikan karya Tugas Akhir ini date: 2025-01-10 date_type: completed pages: 133 institution: Institut Seni Indonesia Surakarta department: Fakultas Seni Rupa dan Desain thesis_type: s1 thesis_name: ssn official_url: https://repository.isi-ska.ac.id referencetext: Daftar Pustaka Adi, Sigit. Purnomo. (2020). SENI CETAK TINGGI (EDISI SENI CETAK TINGGI). Penwerbitan dan percetakan UNS (UNS Press). Ananda, Yasmine. Dhea. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Buku Cerita Fabel Terhadap Keterampilan Berbicara Peserta Didik Kelas VII SMP Muhammadiyah 4 Pakembang. Plembang: Repsitory Universitas Muhammadiyah Palembang. Arianti, Andini. Setya. (2019). Kajian Visual Gaya Gambar Komik Aksi Indonesia Studi Kasus Pandji Tengkorak (1968) dan Raibarog (2016). Unikom. Cahyadi, Dian. (2023). ANTROPOMORFI : IMAJI REKAAN. Makassar: Universitas Negeri Makassar. Herb, Steven. L. (2011). WORLD LIBRARIES. Storyteller without words : The Graphic Novels of Lynd Ward. Kembaren, Mardinah. Mawar., Nasution, Arie. Azharie., & Lubis, M. Husnan. (2020). CERITA RAKYAT MELAYU SUMATERA UTARA BERUPA MITOS DAN LEGENDA DALAM MEMBENTUK KEARIFAN LOKAL MASYARAKAT. Rumpun Jurnal Persuratan Melayu, 8(1), 1-12. Khali, Adul. Mundhir. (n.d.). Misteri dunia Jin. KAKTUS. Komandoko, Gamal. (2013). Koleksi Terbaik 100 Plus Dongeng Rakyat Nusantara. Cabe Rawit. Luzar, Laura. Christina. (2011). KARYA SENI GRAFIS YANG MENARIK DAN KREATIF MELALUI TEKNIK CUKIL. HUMANIORA, 300-310. McCloud, Scott. (2001). Understanding Comics (Memahami Komik). KPG (Kepustakaan Populer Gramedia). Prasetya, Adhitya. (2017). HOBI SEBAGAI PRESENTASI GAYA HIDUP. INSTITUT SENI INDONESIA YOGYAKARTA. YOGYAKARTA: INSTITUTIONAL REPOSITORY INSTITUT SENI INDONESIA YOGYAKARTA. Prasetyo, Yanuar. Ady. (2014). ILUSTRASI BUKU CERITA FABEL SEBAGAI MEDIA PENDIDIKAN KARAKTER ANAK. Arty: Journal of Visual Arts, 3(1), 1-9. Rosa, Don. (2012). Kisah Hidup Paman Gober (The Life and TimesOf Scrooge McDuck) Edisi Bundel. Gramedia Majalah Delivering Ideas. Sahman, Humar. (1993). Mengenali Dunia Seni Rupa. IKIP Semarang Press. 116 Wachidah, Liana. Rochmatul., Suwignyo, Heri., & Widiati, Nita. (2017). POTENSI KARAKTER TOKOH DALAM CERITA RAKYAT SEBAGAI BAHAN BACAAN LITERASI MORAL. Jurnal Pendidikan, 894-901. Sumber Internet Love Peace, & Understanding. (2012, Desember 7). Dedokbali. https://dedokbali.blogspot.com/2012/12/love-peace-understanding.html?m=1 diakses pada 1 November 2024. Fiska, Rahma. Pengertian dan Contoh Cerita Rakyat di Indonesia. Gramedia.com: https://www.gramedia.com/literasi/contoh-cerita-rakyat-diindonesia diakses 3 Juni 2023 Hakim, Luqman. (2024, Oktober 17). Majas Personifikasi Adalah : Pengertian, Ciri dan Contoh. Deepublish Store: https://deepublishstore.com/blog/contoh- majas- personifikasi diakses 14 Mei 2023. Hibdawati, Winie. (2020, September 23). Komik Tanpa Dialog? Ini Dia Rekomendasi Komik Bisu Weebtoon! Jagadmedia: https://www.jagadmedia.id/2020/09/rekomendasi- silent-komik-webtoon.html diakses pada 26 Desember 2023. citation: Rejeki, Mega Lestari (2025) VISUALISASI KISAH LEGENDA RORO JONGGRANG DALAM KOMIK FABEL DENGAN TEKNIK LINOCUT. S1 thesis, Institut Seni Indonesia Surakarta. document_url: http://repository.isi-ska.ac.id/7815/1/Mega%20Lestari%20Rejeki%20-%20UP.pdf