eprintid: 7813 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 31 dir: disk0/00/00/78/13 datestamp: 2025-09-29 07:26:06 lastmod: 2025-09-29 07:26:06 status_changed: 2025-09-29 07:26:06 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Azzahrra, Istiqomah Nur title: PENGARUH TEKNOLOGI DIGITAL TERHADAP GAYA HIDUP “GEN Z” SEBAGAI SUMBER IDE PENCIPTAAN ispublished: unpub subjects: AG divisions: sch_murni full_text_status: public keywords: Teknologi Digital, Gaya Hidup, Gen Z, Seni Grafis, Silkscreen abstract: Penciptaan Karya Seni Grafis Tugas Akhir Berjudul “Pengaruh Teknologi Digital terhadap Gaya Hidup Gen Z sebagai sumber ide penciptaan karya seni grafis” ini dilatar belakangi oleh pengalaman penulis sebagai Generasi Z yang dimudahkan segala aspek dari teknologi digital. Gen Z yang dengan ciri khas nya menjadikan teknologi sebagai gaya hidup, membuat mudah segala urusan. Hadirnya teknologi digital yang erat hubungannya dengan Gen Z, membuat generasi lainnya memandang lemah Gen Z karena ketergantungan oleh teknologi digital. Tujuan dari Penciptaan Karya Seni Grafis pada Tugas Akhir ini adalah menciptakan karya silkscreen dengan teknik apropriasi yang juga menjelaskan konsep penciptaan, proses penciptaan, serta estetika bentuk hasil karya silkscreen yang diciptakan. Penciptaan karya mengacu pada metode L.H Chapman, meliputi: upaya menemukan gagasan, menyempurnakan mengembangkan dan memantapkan gagasan awal, serta visualisasi. Tujuan lain untuk memberi penyadaran bahwa Gen Z mendapat pengaruh baik dengan adanya teknologi dan bukan generasi lemah karena ketergantungan teknologi, tetapi teknologi digital sudah erat hubungannya dan menjadi gaya hidup Gen Z karena kemudahan dari berbagai aspek. Penciptaan karya tugas akhir ini memberikan wawasan yang lebih terkait alat, bahan dan teknik garap sebuah karya. hasil yang diperoleh dari penciptaan karya tugas akhir ini adalah karya seni grafis silkscreen serta pendalaman konsep dari tema tugas akhir ini, yang diharapkan berguna bagi penulis serta orang lain yang mengapresiasi karya-karya tugas akhir ini date: 2024-10-19 date_type: completed institution: Institut Seni Indonesia Surakarta department: Fakultas Seni Rupa dan Desain thesis_type: s1 thesis_name: ssn official_url: https://repository.isi-ska.ac.id referencetext: DAFTAR PUSTAKA Kupperschmidt, B. R. (2000). Multigenerational employees: Strategies for effective management. The Health Care Manager, 19, 65–76. https://www.cermati.com/artikel/teknologi-digital https://www.ui.ac.id/generasi-z-cepat-menyerap-keterampilan-digital-namun- sangat-perlu-did ampingi-guna-capai-ranah-budaya-digital/ https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/pilar/article/view/4436/3431 Moelyono. “Seni Rupa Penyadaran” (2017). Rahayu, Sri dan Mas’udah Penerapan Kegiatan Montase Untuk Meningkatkan Kemampuan Motori Halus Pad Anak Kelompok A Di TK Al Wardah Peterongan Jombang. Jurnal Paud Teratai, Volume 06 Nomer 03 Tahun 2017, 1-7 citation: Azzahrra, Istiqomah Nur (2024) PENGARUH TEKNOLOGI DIGITAL TERHADAP GAYA HIDUP “GEN Z” SEBAGAI SUMBER IDE PENCIPTAAN. S1 thesis, Institut Seni Indonesia Surakarta. document_url: http://repository.isi-ska.ac.id/7813/1/Istiqomah%20Nur%20Azzahra%20-%20UP.pdf