eprintid: 7803 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 25 dir: disk0/00/00/78/03 datestamp: 2025-09-29 04:30:25 lastmod: 2025-09-29 04:30:25 status_changed: 2025-09-29 04:30:25 type: monograph metadata_visibility: show creators_name: Handriyotopo, Handriyotopo title: MODEL GALERY VIRTUAL 3D UNTUK APRESIASI SENI MAHASISWA PENCIPTAAN SENI RUPA DAN DESAIN MAGISTER SENI PADA MATAKULIAH STUDIO 2 MELALUI AKVIRTUAL.ID ispublished: unpub subjects: AG divisions: sch_murni full_text_status: public monograph_type: project_report keywords: Model Gallery Virtual 3D, Seni Rupa dan Desain, Studio 2 Penciptaan Seni Rupa abstract: Apresiasi sebuah karya seni baik berbentuk rupa dua dimensi atau tiga dimensi saat ini cukup luas untuk melakukan pameran dalam ruang publik atau pameran dalam bentuk ruang konvensional dan ruang maya. Banyak platform ruang digital maya ini hadir dengan segala bentuk aplikasi untuk merancang ruang maya atau virtual tersebut. Mahasiswa pascasarjana program studi seni program magister seni dan program doctor Institut Seni Indonesia dituntut tidak saja membuat karya seni kreatif namun juga mampu melakukan apresiasi seni pameran dalam ruang maya atau virtual. Melihat kondisi perkembangan teknologi digital dan karya seni dalam bentuk virtual gallery pascasarjana ISI Surakarta perlu membuatkan model ruang gallery virtual tersebut sehingga dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa dan dosen pascasarjana. Sebagai pilot project seni terapan dalam gallery virtual ini adalah pada matakuliah Studio 2 Seni Rupa dan Desain progam magister minat penciptaan seni. Perancangan ini menggunakan platform akvirtual.id ataupun google skecup dan aplikasi 3D lainnya, yang mana keunggulan dari perangkat ini adalah ringan, mudah digunakan, dan dapat diakses oleh semua perangkat. Namun kemudian dialihkan mengunakan aplikasi studio.panoee.com. Luaran dari karya seni terapan gallery virtual adalah model gallery virtual studio 2 penciptaan seni, artikel ilmiah terbit di sinta, dan karya seni rupa mahasiswa yang dipamerkan secara virtual. Kata Kunci: Model Gallery Virtual 3D, Seni Rupa dan Desain, Studio 2 Penciptaan Seni Rupa date: 2023-05-03 date_type: completed publisher: ISI SURAKARTA place_of_pub: Surakarta institution: ISI SURAKARTA department: FSRD referencetext: DAFTAR PUSTAKA Azzahra, S., & Febriansyah, F. E. (2019). Aplikasi Pengenalan Koleksi Museum Lampung Berbasis Android. Jurnal Komputasi, 7(1). https://doi.org/10.23960/komputasi.v7i1.1719 Dewi, C. S. (2021). Galeri Nasional Indonesia (Gni) Dalam Pembentukan Identitas Nasional: Kajian Tentang Pameran Seni Rupa Nusantara, Di Gni, Jakarta, Tahun 2001 - 2017. Universitas Indonesia. Effendy, R. (2007). Sebuah Wacana : Menyikapi Keterbatasan Infrasktruktur Seni Rupa Indonesia. Fatah, Erlis Dwi Saputro, F. Y. (2015). E-Museum Berbasis Augmented Reality Sebagai Media Promosi Museum Radya Pustaka (Issue 1). Indratmo, E., & Handayani, T. L. (2014). Studi Manajemen Penyelenggaraan Pameran Seni Rupa di Bentara Budaya Yogyakarta. Brikolase, 6(1), 38–60. Muhammad Hilmy Ashshiddiq, & Darmawan, K. Z. (2022). Artsteps.Com Sebagai Media Apresiasi Karya Foto. Bandung Conference Series: Journalism, 2(2), 111–116. https://doi.org/10.29313/bcsj.v2i2.4466 Muna, C. N. (2022). Manajemen Pameran Oppo Art Jakarta Virtual 2020. 1–14. http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/10537%0Ahttp://digilib.isi.ac.id/10537/3/CUT NAILIL MUNA_2022_NASKAH PUBLIKASI.pdf Pustanto, Asikin Hasan, Sudjud Dartanto, S. W. (2019). Katalog Pameran Seni Rupa Nusantara KONTRAKSI Pascatradisionalisme. Galeri Nasional. Ramadhan, M. R. (2021). Rancang Bangun Platform 3D Virtual Exhibition dan Online Repository pada Pameran Karya Seni Berbasis Website SKRIPSI. Senoprabowo, N. H. A., & Program. (2019). Perancangan Ruang Pamer Digital Dalam Media Virtual Reality Sebagai Upaya Menyediakan Ruang Pamer Interaktif. Gestalt, 1(Juni), 103–112. Tambahani, G. S., Wenas, M. B., & Somya, R. (2016). Perancangan Online Virtual Gallery Dengan Memanfaatkan Teknologi HTML5. Jurnal Teknologi Informasi Aiti, 14(1), 1–30. Zouboula, N., Fokides, E., Tsolakidis, C., & Vratsalis, C. (2008). Virtual Reality and Museum. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 3(S3), 89–95. https://doi.org/10.3991/ijet.v3 citation: Handriyotopo, Handriyotopo (2023) MODEL GALERY VIRTUAL 3D UNTUK APRESIASI SENI MAHASISWA PENCIPTAAN SENI RUPA DAN DESAIN MAGISTER SENI PADA MATAKULIAH STUDIO 2 MELALUI AKVIRTUAL.ID. Project Report. ISI SURAKARTA, Surakarta. (Unpublished) document_url: http://repository.isi-ska.ac.id/7803/1/lap_akhir_398_202311111009.pdf