eprintid: 7788 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 15 dir: disk0/00/00/77/88 datestamp: 2025-09-17 01:40:36 lastmod: 2025-09-17 01:40:36 status_changed: 2025-09-17 01:40:36 type: monograph metadata_visibility: show creators_name: Kusuma, Monica Revias Purwa creators_name: Ridlo, M Harun Rosyid creators_name: Zanzabil, Bilqis Katuffahati title: STYLE DADAISME PADA DESAIN KEMASAN PARFUM LOKAL MONJI SEBAGAI STRATEGI PROMOSI UNTUK MERESPON TREN UNBOXING DI MEDIA SOSIAL ispublished: unpub subjects: AB divisions: sch_law full_text_status: public monograph_type: project_report keywords: desain kemasan, video unboxing, dadaisme, desain thinking abstract: Pada era modern kemasan dapat digunakan sebagai bagian promosi untuk mencapai target pasar bahkan menaikkan penjualan. Sebagai alat komunikasi, kemasan juga harus dapat mengikuti perkembangan jaman dan merespon tren terbaru. Fenomena menarik terkait kemasan yang sering muncul di beranda media sosial seperti Tiktok yaitu tren unboxing yang dilakukan pada saat melakukan pembelian. Video unboxing sendiri biasa digunakan oleh konten kreator untuk mereview suatu produk yang ingin diiklankan. Parfum lokal di Indonesia mulai marak dijual secara online kira-kira pada tahun 2019. Salah satu parfum lokal yang masuk ke kancah persaingan industri parfum yaitu Monji Perfumery yang berasal dari kota Solo. Salah satu strategi untuk merespon tren unboxing yang dapat diterapkan Monji Perfumery untuk mendapat perhatian target audiencenya secara online yaitu membuat visual desain kemasan yang menarik. Pada penelitian ini penulis menerapkan style dadaisme dengan teknik kolase digital pada desain kemasan parfum Monji. Style dadaisme dengan teknik kolase digital dipilih karena sesuai dengan target audience Monji yaitu generasi y dan z yang aktif di media sosial terutama Tiktok dan menyukai sesuatu yang unik dan artsy. Perancangan ini menggunakan pendekatan metode design thinking Eric Karjaluoto yang secara umum dibagi menjadi empat tahapan utama yaitu discovery, planning, creative, dan application. Melalui perancangan ini diharapkan desain kemasan yang di buat dapat menjadi strategi promosi untuk menaikkan penjualan. Hasil dari perancangan yang telah dilaksanakan tersebut menggambarkan bahwa style dadaisme yang diterapkan pada desain kemasan parfum lokal monji sebagai strategi promosi untuk merespon tren unboxing di media sosial berhasil mencapai tujuannya. Hal tersebut dapat dilihat dari feedback dari hasil view, likes, komen, save, share, dan konversi pembelian yang di dapat dari unggahan para konten kreator melalui video media sosial Tiktok date: 2024-10 date_type: completed publisher: Institut Seni Indonesia Surakarta place_of_pub: Surakarta pages: 11 institution: Institut Seni Indonesia Surakarta department: Fakultas Seni Rupa dan Desain official_url: http://repository.isi-ska.ac.id referencetext: 1. Klimchuk MR, Krasovec SA. Desain Kemasan : Perencanaan Merek Produk yang Berhasil Mulai dari Konsep Sampai Penjualan. Jakarta: Erlangga; 2007. 2. Julianti S. The Art Of Packaging. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama; 2014. 15 p. 3. Norman D. Emotional Design : Why We Love (or Hate) Everyday Things. New York: Basic Books; 2004. 4. Hatmoko N. https://www.kompasiana.com/ndaruhatmoko4062/64b9289ca0688f52c60bf432/mengapakita- menyukai-video-unboxing-mengungkap-fenomena-unboxing. 2023. Mengungkap Fenomena Kita Menyukai Video Unboxing. 5. Rahayu AC. https://industri.kontan.co.id/news/industri-parfum-lokal-semakin-semerbakwanginya. 2022. Industri Parfum Lokal Semakin Semerbak Wanginya. 6. Rosyidah YAE. https://kumparan.com/yulia-abiyah-eka-rosyidah-2021/aroma-terapidapatkah- memengaruhi-emosional-seseorang-1x7HRL9A7Xg. 2021. Aroma Terapi: Dapatkah Memengaruhi Emosional Seseorang? 7. Alfian T. Sejarah Desain Grafis Barat. UNISNU PRESS; 2023. 60 p. 8. Alam R. https://www.rizqialam.com/2017/09/ngebahas-digital-collage-art.html. #Ngebahas Digital Collage Art. 9. Karjaluoto E. The Design Method: A Philosophy and Process for Functional Visual Communication. New Riders; 2014. 10. Arsyad Hizbullah L, Ariffudin Islam M. PENERAPAN GAYA DADAISME DALAM PERANCANGAN T-SHIRT BRAND BRIGSIDE. Jurnal Barik [Internet]. 2021;3(1):15– 29. Available from: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/ 11. Riansyah MI, Budi I. PERANCANGAN ULANG KEMASAN SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN PADA ATARAKSIA PARFUM. Dasarrupa : Desain dan Seni Rupa. 2023 Dec 3;5(3). 12. Aurellia M, Hananto BA. Visual Identity and Packaging Design for Gringsing Textile Products from Bali Morinda Art Textile SME at BEDA’KAN 8th Batch. de-lite: Journal of Visual Communication Design Study & Practice. 2022 Dec 13;2(2):122. 13. Mowlabocus S. ‘Let’s get this thing open’: The pleasures of unboxing videos. European Journal of Cultural Studies. 2020 Aug 1;23(4):564–79. 14. Rabiee F. Focus-group interview and data analysis. Proceedings of the Nutrition Society. 2004 Nov;63(4):655–60. 15. Wulandari D. https://mix.co.id/news-trend/ini-hasil-studi-nielsen-tentang-efektivitas-iklanonline/? amp. 2017. Ini Hasil Studi Nielsen tentang Efektivitas Iklan Online. 16. J K. https://medium.com/rawpixel/graphic-design-trends-to-watch-out-in-2024-47dad3bf98f1. 2023. Top Graphic Design Trends 2024: Quick Overview. 17. Elkhattat D, Medhat M. Creativity in Packaging Design as a Competitive promotional Tool. Information Sciences Letters. 2022;11(01). citation: Kusuma, Monica Revias Purwa and Ridlo, M Harun Rosyid and Zanzabil, Bilqis Katuffahati (2024) STYLE DADAISME PADA DESAIN KEMASAN PARFUM LOKAL MONJI SEBAGAI STRATEGI PROMOSI UNTUK MERESPON TREN UNBOXING DI MEDIA SOSIAL. Project Report. Institut Seni Indonesia Surakarta, Surakarta. (Unpublished) document_url: http://repository.isi-ska.ac.id/7788/1/Monica%20Revias%20Purwa%20Kusuma%20-%20Copy%20-%20Copy.pdf