?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.relation=http%3A%2F%2Frepository.isi-ska.ac.id%2F7788%2F&rft.title=STYLE+DADAISME+PADA+DESAIN+KEMASAN+PARFUM+LOKAL+MONJI+SEBAGAI+STRATEGI+PROMOSI+UNTUK+MERESPON+TREN+UNBOXING+DI+MEDIA+SOSIAL&rft.creator=Kusuma%2C+Monica+Revias+Purwa&rft.creator=Ridlo%2C+M+Harun+Rosyid&rft.creator=Zanzabil%2C+Bilqis+Katuffahati&rft.subject=Desain+Komunikasi+Visual&rft.description=Pada+era+modern+kemasan+dapat+digunakan+sebagai+bagian+promosi+untuk+mencapai%0D%0Atarget+pasar+bahkan+menaikkan+penjualan.+Sebagai+alat+komunikasi%2C+kemasan+juga%0D%0Aharus+dapat+mengikuti+perkembangan+jaman+dan+merespon+tren+terbaru.+Fenomena%0D%0Amenarik+terkait+kemasan+yang+sering+muncul+di+beranda+media+sosial+seperti+Tiktok%0D%0Ayaitu+tren+unboxing+yang+dilakukan+pada+saat+melakukan+pembelian.+Video%0D%0Aunboxing+sendiri+biasa+digunakan+oleh+konten+kreator+untuk+mereview+suatu+produk%0D%0Ayang+ingin+diiklankan.+Parfum+lokal+di+Indonesia+mulai+marak+dijual+secara+online%0D%0Akira-kira+pada+tahun+2019.+Salah+satu+parfum+lokal+yang+masuk+ke+kancah%0D%0Apersaingan+industri+parfum+yaitu+Monji+Perfumery+yang+berasal+dari+kota+Solo.%0D%0ASalah+satu+strategi+untuk+merespon+tren+unboxing+yang+dapat+diterapkan+Monji%0D%0APerfumery+untuk+mendapat+perhatian+target+audiencenya+secara+online+yaitu%0D%0Amembuat+visual+desain+kemasan+yang+menarik.+Pada+penelitian+ini+penulis%0D%0Amenerapkan+style+dadaisme+dengan+teknik+kolase+digital+pada+desain+kemasan%0D%0Aparfum+Monji.+Style+dadaisme+dengan+teknik+kolase+digital+dipilih+karena+sesuai%0D%0Adengan+target+audience+Monji+yaitu+generasi+y+dan+z+yang+aktif+di+media+sosial%0D%0Aterutama+Tiktok+dan+menyukai+sesuatu+yang+unik+dan+artsy.+Perancangan+ini%0D%0Amenggunakan+pendekatan+metode+design+thinking+Eric+Karjaluoto+yang+secara%0D%0Aumum+dibagi+menjadi+empat+tahapan+utama+yaitu+discovery%2C+planning%2C+creative%2C+dan%0D%0Aapplication.+Melalui+perancangan+ini+diharapkan+desain+kemasan+yang+di+buat+dapat%0D%0Amenjadi+strategi+promosi+untuk+menaikkan+penjualan.+Hasil+dari+perancangan+yang%0D%0Atelah+dilaksanakan+tersebut+menggambarkan+bahwa+style+dadaisme+yang+diterapkan%0D%0Apada+desain+kemasan+parfum+lokal+monji+sebagai+strategi+promosi+untuk+merespon%0D%0Atren+unboxing+di+media+sosial+berhasil+mencapai+tujuannya.+Hal+tersebut+dapat%0D%0Adilihat+dari+feedback+dari+hasil+view%2C+likes%2C+komen%2C+save%2C+share%2C+dan+konversi%0D%0Apembelian+yang+di+dapat+dari+unggahan+para+konten+kreator+melalui+video+media%0D%0Asosial+Tiktok&rft.publisher=Institut+Seni+Indonesia+Surakarta&rft.date=2024-10&rft.type=Monograph&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.language=id&rft.rights=cc_by_sa_4&rft.identifier=http%3A%2F%2Frepository.isi-ska.ac.id%2F7788%2F1%2FMonica%2520Revias%2520Purwa%2520Kusuma%2520-%2520Copy%2520-%2520Copy.pdf&rft.identifier=++Kusuma%2C+Monica+Revias+Purwa+and+Ridlo%2C+M+Harun+Rosyid+and+Zanzabil%2C+Bilqis+Katuffahati++(2024)+STYLE+DADAISME+PADA+DESAIN+KEMASAN+PARFUM+LOKAL+MONJI+SEBAGAI+STRATEGI+PROMOSI+UNTUK+MERESPON+TREN+UNBOXING+DI+MEDIA+SOSIAL.++Project+Report.+Institut+Seni+Indonesia+Surakarta%2C+Surakarta.++++(Unpublished)++&rft.relation=http%3A%2F%2Frepository.isi-ska.ac.id