eprintid: 7787 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 15 dir: disk0/00/00/77/87 datestamp: 2025-09-17 01:32:18 lastmod: 2025-09-17 01:32:18 status_changed: 2025-09-17 01:32:18 type: monograph metadata_visibility: show creators_name: Dewi, Maharani Luthvinda creators_name: Putro, Renaldi Lestianto Utomo creators_name: Fatimah, Ayu title: GARAP BEDHAYAN TARI SOCA AGNI NUGRAHA ispublished: unpub subjects: AC divisions: sch_geo full_text_status: public monograph_type: project_report keywords: Garap, Bedhayan, Tari, Rasa, Sesaji abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap proses “Garap Bedhayan Tari Soca Agni Nugraha”. Penelitian ini dipandu oleh teori garap Rahayu Supanggah dengan unsur-unsur seperti ide garap, bahan garap, penggarap, perabot garap, sarana garap, pertimbangan garap, penunjang garap, dan hasil garap. Upaya pemenuhan data dikerjakan melalui observasi, studi pustaka dan wawancara yang ketiganya lazim digunakan untuk menggali data kualitatif. Kesimpulan sementara yang dapat diajukan dalam penelitian ini adalah “Garap Tari Bedhayan Soca Agni Nugraha” didasari ide garap bedhayan yang menggunakan bahan garap sekaran lawas yang sudah jarang ditemui atau digunakan. Penggarap yang mengerjakan tari tersebut adalah para penari yang memahami konsep tari bedhayan. Perabot garap berupa rias busana disusun untuk ditampilkan dan dipresentasikan di pendopo sebagai sarana garap dengan 4 arah hadap. Empat arah hadap pendopo berimplikasi terhadap pertimbangan garap yang harus memenuhi tampilan 4 sisi. Sebagai penunjang garap, disajikan karawitan tari yang mendukung penghadiran suasana garap bedhayan. Hasil garap yang dicapai, ditemukan bahwa perpaduan dari berbagai unsur garap tersebut memberikan warna dan nuansa garap bedhayan yang khusus bagi Tari Soca Agni Nugraha. Rasa anteb muncul dari penggunaan sekaran lawas yang dikombinasi dengan karawitan tari dengan laya tamban. Tampilan visual yang merupakan kombinasi gawang kreasi baru dengan rias busana inovatif memunculkan rasa sigrak. Perpaduan kedua rasa tersebut hadir dalam presentasi karya yang berdurasi mencapai 9 menit dengan konsep tari sesaji. date: 2024-10 date_type: completed publisher: Institut Seni Indonesia Surakarta place_of_pub: Surakarta pages: 11 institution: Institut Seni Indonesia Surakarta department: Fakultas Seni Pertunjukan official_url: http://repository.isi-ska.ac.id referencetext: 1. Kusumastuti A, Khoiron MA. Metode Penelitian Kualitatif. Annisya F, Sukarno, editors. Semarang: Lembaga Pendidikan Sukarno Pressindo; 2019. 2. Nuryanto, Putro RLU. Bentuk Karya Tari Sesaji Dewaruci. Acintya. 2023; 15(2): 183–92. 3. Supriyanto. Eksistensi Tari Bedhaya Ketawang. Acintya. 2019;10(2):166–78. 4. Wahyudi DB. Garap Tari Cakil Gaya Surakarta. Acintya. 2023;15(2):119–26. 5. Supanggah R. Bothekan Karawitan II: Garap. Surakarta: ISI Press Surakarta. 2009; citation: Dewi, Maharani Luthvinda and Putro, Renaldi Lestianto Utomo and Fatimah, Ayu (2024) GARAP BEDHAYAN TARI SOCA AGNI NUGRAHA. Project Report. Institut Seni Indonesia Surakarta, Surakarta. (Unpublished) document_url: http://repository.isi-ska.ac.id/7787/1/Maharani%20LD%20-%20Copy%20-%20Copy.pdf