%0 Report %9 Project Report %A Ridlo, M Harun Rosyid %A Yunianto, Ipung Kurniawan %A Maharani, Utin Della %C Surakarta %D 2024 %F eprintsOLD:7785 %I Institut Seni Indonesia Surakarta %K Berpikir kreatif, project-based learning, creative thinking, design thinking, grounded theory %T KONSEP BERPIKIR KREATIF DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DENGAN KERANGKA DESIGN THINKING PADA MATA KULIAH CREATIVE THINKING %U http://repository.isi-ska.ac.id/7785/ %X Salah satu kemampuan dasar yang harus dimiliki mahasiswa desain komunikasi visual (DKV) adalah kemampuan berpikir kreatif. Menurut studi, terdapat enam konsep berpikir kreatif, yaitu divergent, temporallogical, imagery, intuitive, dialectical, dan horizontal-vertical thinking. Kemampuan berpikir ini penting dibutuhkan kaitannya dalam mengahasilkan solusi permasalahan dalam konteks komunikasi massa. Untuk melatih kemampuan ini, mahasiswa DKV ISI Surakarta mengikuti pembelajaran pada mata kuliah Creative Thinking. Basis konten dalam mata kuliah ini adalah mengeksplorasi ide, menganalisis data, menyarankan solusi, hingga mengimajinasikan alternatif solusi. Model pembelajaran dalam mata kuliah ini adalah melalui model project-based learning atau pembelajaran berbasis proyek dengan kerangka design thinking. Mulai dari discovery, planning, creative, hingga application. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan konsep berpikir kreatif yang dialami para mahasiswa DKV ISI Surakarta ketika mengikuti pembelajaran berbasis proyek pada mata kuliah Creative Thinking dengan kerangka design thinking. Proses penelitian ini menggunakan pendekatan grounded theory yang bertujuan untuk memunculkan pengembangan teori berpikir kreatif, khususnya dalam kerangka bertahap dalam design thinking. Hasil penelitian menunjukkan adanya aktivitas berpikir kreatif berulang. Rangkaian aktivitas ini merupakan proses berpikir kreatif berulang jangka panjang. Konsep proses berpikir ini dapat menjadi bahan evaluasi basis konten pembelajaran mata kuliah Creative Thinking, referensi upaya peningkatan daya pikir kreatif mahasiswa, dan referensi pengembangan pembelajaran berbasis proyek di ISI Surakarta.