TY - UNPB KW - bimbingan KW - mahasiswa KW - skripsi KW - tugas akhir KW - waterfall TI - RANCANG BANGUN SISTEM BIMBINGAN TUGAS AKHIR MAHASISWA INSTITUT SENI INDONESIA (ISI) SURAKARTA BERBASIS WEBSITE Y1 - 2024/08// AV - public CY - Surakarta UR - http://repository.isi-ska.ac.id N2 - Perkembangan teknologi dan internet membuka peluang dalam kemajuan sistem informasi dan manajemen di berbagai bidang, termasuk pendidikan tinggi di Indonesia. Salah satu sistem informasi yang krusial adalah sistem bimbingan Tugas Akhir (TA) online mahasiswa. Pemantauan TA penting untuk mahasiswa yang mengambil mata kuliah skripsi, namun proses bimbingan di ISI Surakarta saat ini masih dilakukan secara manual dengan tatap muka. Metode ini terbukti kurang efektif, karena sering kali terjadi kendala dalam penjadwalan bimbingan antara mahasiswa dan dosen, sehingga perkembangan TA tidak sesuai dengan timeline program studi. Pembangunan sistem bimbingan TA online diharapkan dapat memfasilitasi interaksi antara dosen pembimbing dan mahasiswa, serta menyimpan riwayat tinjauan dan revisi secara digital. Dengan demikian, pengumpulan data untuk keperluan administrasi dapat berjalan lebih efisien. Sistem ini juga dirancang untuk memberikan pengumuman dan timeline dari pengajuan proposal hingga ujian kelayakan, membantu mahasiswa mengukur kinerja mereka agar dapat lulus tepat waktu. Dalam perancangan sistem ini, metode Waterfall diterapkan untuk memastikan setiap tahap pengembangan dilaksanakan secara sistematis. Metode ini dimulai dengan analisis kebutuhan, diikuti oleh desain, implementasi, pengujian, dan pemeliharaan. Pendekatan Waterfall memungkinkan identifikasi masalah sejak dini dan memastikan semua kebutuhan pengguna terpenuhi sebelum peluncuran sistem. Diharapkan, sistem bimbingan TA ini akan meningkatkan kualitas bimbingan, memberikan dampak positif bagi mahasiswa dan dosen di ISI Surakarta. EP - 8 A1 - Muslihah, Isnawati A1 - Laksani, Hening A1 - Bagaskara, Danendra PB - Institut Seni Indonesia Surakarta ID - eprintsOLD7781 M1 - project_report ER -