eprintid: 7780 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 15 dir: disk0/00/00/77/80 datestamp: 2025-09-16 07:26:01 lastmod: 2025-09-16 07:26:01 status_changed: 2025-09-16 07:26:01 type: monograph metadata_visibility: show creators_name: Pravitasari, Indriati Suci creators_name: Kusuma, Monica Revias Purwa creators_name: Arifin, Hanifah Fadhilah title: ANALISIS PENGGUNAAN SIMBOL HERALDIK DALAM ILUSTRASI KEMASAN TEH TUBRUK DITINJAU DARI ELEMEN VISUAL (STUDI KASUS TEH NAGA SUPER) ispublished: unpub subjects: AB divisions: sch_law full_text_status: public monograph_type: project_report keywords: Desain Kemasan, Simbol Heraldik, Ilustrasi Kemasan, Teh Tubruk, Makna Simbol, Citra Produk, Kemasan Produk, Elemen Visual abstract: Desain kemasan merupakan elemen penting dalam strategi pemasaran produk. Desain yang menarik dan komunikatif dapat membantu menarik perhatian konsumen dan membangun citra produk yang positif. Penggunaan simbol heraldik, dengan makna simbolisnya, sering digunakan dalam desain kemasan untuk membangun identitas produk dan menarik minat konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan simbol heraldik dalam ilustrasi kemasan varian teh tubruk merek Teh Naga Super dan makna simbol-simbol tersebut dalam membangun citra produk melalui unsur pembentuknya yaitu ilustrasi, tipografi, warna, dan simbol yang terdapat pada penampilan display utama. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data studi pustaka dan observasi. Dalam penelitian ini, pengaplikasian teori kepada objek yang dikaji hanya menggunakan salah satu dari metode visual Gillian Rose yaitu site of image itself. Data penelitian diperoleh dari analisis visual kemasan Teh Naga Super, dengan fokus pada elemen visual seperti gambar, warna, tipografi dan simbol. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat beberapa aspek yang didapati yaitu yang pertama ialah aspek material dan yang kedua aspek formal. Aspek material berkaitan dengan desain dan karakter desain yang ada pada label kemasan teh naga super. Sedangkan dari segi formal ialah bagaimana konten atau makna dalam visual kemasan teh naga super itu ditampilkan. Analisis visual kemasan Teh Naga Super mengungkap adanya perpaduan menarik antara elemen tradisional dan modern. Penggunaan simbol naga, yang kaya akan makna dalam budaya Tionghoa, menjadi pusat perhatian dan memberikan identitas yang kuat pada merek.Diharapkan penelitian ini dapat menambah literasi baru bagi civitas akademik terutama di bidang Desain Komunikasi Visual. Dan juga penelitian ini dapat memberikan kontribusi pada pemahaman tentang penggunaan simbol heraldik dalam desain kemasan produk. Hasil penelitian ini dapat bermanfaat bagi para produsen dan desainer dalam merancang kemasan produk yang efektif dan komunikatif untuk dapat bersaing serta pembeda dengan produk kompetitor dan membangun keterikatan emosional dibenak konsumen. date: 2024-10 date_type: completed publisher: Institut Seni Indonesia Surakarta place_of_pub: Surakarta pages: 8 institution: Institut Seni Indonesia Surakarta department: Fakultas Seni Rupa dan Desain official_url: http://repository.isi-ska.ac.id referencetext: Adityo B. Hardoyo. (2013). Desain Vernakuler pada Media Kemasan Teh Seduh. Jurnal Visualita, 1-12. Ayu Latifah. 2020. Kajian Visual Kemasan Teh Tubruk Lokal. Jurnal ARS 23 (2): 62-83. Haney Theophany., Bramantya., & Ryan Pratama Sutanto. (2013). Studi Visual Perubahan Desain Kemasan Sosis “Bernardi” Tahun 2009-2013. Jurnal DKV Adiwarna, 1-13. Harry Pujianto Yoswara., Imam Santosa., & Naomi Haswanto. (2011). Simbol Dan Makna Bentuk Naga (Studi Kasus: Vihara Satya Budhi Bandung). Jurnal Komunikasi Visual & Multimedia, Wimba. Vol.3 No.2, 17-30. Indriati Suci Pravitasari. (2023). Tinjauan Ilustrasi Pada Desain Kemasan Teh Tjap Gardoe Ditinjau dari Elemen Visual. Jurnal Desain Komunikasi Visual Asia (JESKOVSIA),1-13. Julianti, S. (2014). The Art Of Packaging. Gramedia Pustaka Utama. Klimchuk, M. R., & Krasovec, S. A. (2007). Desain Kemasan : Perencanaan Merek Produk yang Berhasil Mulai dari Konsep Sampai Penjualan. Erlangga. Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing management (15th ed.). Pearson. Kotler, P., Armstrong, G., & Opresnik, M. O. (2018). Principles of marketing (17th ed.). Pearson Education Limited. Lupton, E., & Miller, J. (2011). Design is thinking. Cooper Hewitt, Smithsonian Design Museum. Pramono R, Peni. (2012), Brand atau Merek Kunci Suskses Usaha, Elex Media Komputindo, Jakarta. Rose, Gillian.(2002). Visual Methodologies. UK :SAGE Publications Ltd. Witabora, Jenita. (2012). Peran Dan Perkembangan Ilustrasi. Jurnal Humaniora, 659-667. Miles, M. D., Hubberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook (Tjetjep Rohindi Rohidi, Ed.; 3rd ed.). Sage Publications. Miza Nina Adlini, Anisya Hanifa Dinda, Sarah Yulinda, Octavia Chotimah & Sauda Julia Merliyana. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Jurnal Pendidikan Edumaspul, 974-980. Moleong, L. J. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. PT. Remaja Rosdakarya. Wirya, I. (1999). Kemasan Yang Menjual. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. Rina Carina.(2019).Penggunaan Huruf Dekoratif Dalam Tipografi Kinetis. Jurnal Dimensi DKV Seni Rupa dan Desain, 17-32. citation: Pravitasari, Indriati Suci and Kusuma, Monica Revias Purwa and Arifin, Hanifah Fadhilah (2024) ANALISIS PENGGUNAAN SIMBOL HERALDIK DALAM ILUSTRASI KEMASAN TEH TUBRUK DITINJAU DARI ELEMEN VISUAL (STUDI KASUS TEH NAGA SUPER). Project Report. Institut Seni Indonesia Surakarta, Surakarta. (Unpublished) document_url: http://repository.isi-ska.ac.id/7780/1/Indriati%20Suci%20Pravitasari%2C%20-%20Copy%20-%20Copy.pdf