eprintid: 7778 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 15 dir: disk0/00/00/77/78 datestamp: 2025-09-16 07:14:27 lastmod: 2025-09-16 07:14:27 status_changed: 2025-09-16 07:14:27 type: monograph metadata_visibility: show creators_name: Padnobo, Halintar Cokro creators_name: Rianto, Jaka creators_name: Putra, Dimas Winando Pradana creators_name: Jumantoro, Ilham Gatut Jiat title: ANALISIS SUMBER LAKON AJI SAKA DALAM SANGGIT DAN GARAP SAJIAN PURBO ASMORO ispublished: unpub subjects: AS divisions: sch_ecs full_text_status: public monograph_type: project_report keywords: sanggit, garap,lakon, Aji Saka, Ki Purbo Asmoro, pertunjukan wayang. abstract: Tujuan utama penelitian ini, yaitu menemukan garap dan sanggit dalam lakon Aji Saka sajian Ki Purbo Asmoro. Target penelitian, yaitu: (1) teridentifikasikannya sanggit dan garap lakon Aji Saka sajian Ki Purbo Asmoro; (2) tersajikannya Balungan lakon Aji Saka dari berbagai versi yang dapat digunakan sebagai materi pembelajaran dan repertoar vokabuleri lakon Jurusan Seni Pedalangan Fakultas Seni Pertunjukan ISI Surakarta; dan (4) diterbitkannya satu artikel dalam jurnal nasional. Teori Sanggit dan Garap digunakan sebagai pendekatan untuk menemukan jawaban pertanyaan. Metode analisis, yaitu: (1) mengidentifikasi lakon Aji Saka dengan sanggit dan garap dalam sajian Ki Purbo Asmoro; (2) mengidentifikasi lakon Aji Saka dalam berbagai versi; (3) evaluasi hasil; (4) menyajikan dalam bentuk laporan sebagai pertanggungjawaban ilmiah; dan (5) menyusun artikel ilmiah untuk diterbitkan dalam jurnal nasional date: 2024-11 date_type: completed publisher: Institut Seni Indonesia Surakarta place_of_pub: Surakarta pages: 8 institution: Institut Seni Indonesia Surakarta department: Fakultas Seni Pertunjukan official_url: http://repository.isi-ska.ac.id referencetext: Kuwato. “Tinjauan Pakeliran Padat Palguna-Palgunadi Karya Bambang Murtiyoso DS.” Laporan Penelitian STSI Surakarta, 1990. Lestyono, Getnu Agus. “Sanggit dan Garap Lakon Banjaran Ramabargawa Sajian Pakeliran Sigit Ariyanto dan Purbo Asmoro.” Skripsi Jurusan Pedalangan Fakultas Seni Pertunjukan Institut Seni Indonesia Surakarta, 2014. Lontar. Mahkota Rama – Makutharama: Teks Pementasan Wayang Kulit dalam Tiga Gaya. Dalang oleh Purbo Asmoro, diindonesiakan oleh Sugeng Nugroho. Jakarta: The Lontar Foundation, 2013. __________. Persembahan Agung Para Raja – Sesaji Raja Suya: Teks Pementasan Wayang Kulit dalam Tiga Gaya. Dalang oleh Purbo Asmoro, diindonesiakan oleh Sunardi. Jakarta: The Lontar Foundation, 2013.Sumanto, 2007, Dasar-dasar Garap Pakeliran” dalam Teori Pedalangan Bunga Rampai Elemen Dasar Pakeliran. Editor Suyanto. Surakarta: ISI Press. Nugroho, Sugeng. “Sanggit dan Garap Lakon Banjaran Pertunjukan Wayang Kulit Purwa Gaya Surakarta.” Disertasi Doktoral Program Studi Pengkajian Seni Pertunjukan dan Seni Rupa, Sekolah Pascasarjana Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, 2012a. __________. Lakon Banjaran Tabir dan Lika-likunya Wayang Kulit Purwa Gaya Surakarta. Surakarta: ISI Press, 2012b. __________. “Bima Bangkit: Sanggt dan Garap Pakeliran Manteb Soedharsono,” dalam Ed. Sunardi, Ki Manteb Soedharsono Pemikiran dan Karya Pedalangannya. Surakarta: ISI Press, 2015: 37–118. Sunardi, I Nyiman Murtana, Sudasono. 2020. Kreasi dan Inovasi Wayang Sinema Dewa Ruci. Surakarta: ISI Press. Suyanto, 2007. “ Unsur-unsur Garap Pakelitan” dalam Teori Pedalangan Bunga Rampai Elemen Dasar Pakeliran. Editor Suyanto. Surakarta: ISI Press. ______, 2020. Pengetahuan Dasar Teori dan Petunjuk Teknik Belajar Mendalang. Surakarta: ISI Press. citation: Padnobo, Halintar Cokro and Rianto, Jaka and Putra, Dimas Winando Pradana and Jumantoro, Ilham Gatut Jiat (2024) ANALISIS SUMBER LAKON AJI SAKA DALAM SANGGIT DAN GARAP SAJIAN PURBO ASMORO. Project Report. Institut Seni Indonesia Surakarta, Surakarta. (Unpublished) document_url: http://repository.isi-ska.ac.id/7778/1/Halintar%20Cakra%20Padnobo%2C%20-%20Copy%20-%20Copy.pdf