eprintid: 7775 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 15 dir: disk0/00/00/77/75 datestamp: 2025-09-16 05:53:44 lastmod: 2025-09-16 05:53:44 status_changed: 2025-09-16 05:53:44 type: monograph metadata_visibility: show creators_name: Aulia, Farhana creators_name: Abdullah, Varatisha Anjani creators_name: Fauziyah, Nafisa Nur title: PENGUATAN KETERAMPILAN BAHASA INDONESIA MAHASISWA DENGAN PEMBUATAN TAKARIR FILM SEBAGAI INOVASI PEMBELAJARAN LARAS BAHASA KREATIF ispublished: unpub subjects: AK divisions: sch_man full_text_status: public monograph_type: project_report keywords: keterampilan bahasa mahasiswa; takarir film; laras bahasa kreatif; pembelajaran bahasa Indonesia abstract: Penelitian ini membahas mengenai strategi inovasi pembelajaran berkenaan dengan pembuatan takarir film, atau dikenal pula dengan teks audio visual/subtitle. Pembuatan takarir film dapat menjadi sarana penguatan keterampilan berbahasa, khususnya dalam bahasa Indonesia. Sebagaimana penyesuaian penggunaan bahasa, takarir film dapat dikategorikan dalam laras bahasa kreatif. Tujuan penelitian ini diharapkan dapat memberikan solusi alternatif pada permasalahan penguatan keterampilan berbahasa Indonesia bagi mahasiswa Film dan Televisi, Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta. Penelitian ini dilakukan dengan studi literatur dan studi dokumen dari hasil kegiatan pembelajaran bahasa Indonesia, baik sebelum dan setelah dilakukan pendampingan dari tim peneliti. Kajian ini difokuskan pada data yang bersumber dari evaluasi tugas proyek takarir film dari mahasiswa Film dan Televisi, Jurusan Seni Media Rekam, Fakultas Seni Rupa dan Desain, Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta. Analisis dokumen dilakukan dengan identifikasi kesalahan kebahasaan takarir pada karya film yang telah dibuat dan pada berbagai panduan penulisan takarir di beragam platform. Pembuatan takarir film berbahasa Indonesia menunjang pembelajaran bahasa Indonesia, khususnya dalam bidang laras bahasa kreatif. Hal ini tidak hanya dapat memperkuat keterampilan bahasa Indonesia mahasiswa, namun memberikan kultur pengalaman belajar yang menyenangkan dan menarik di tengah stereotipe pembelajaran teori bahasa Indonesia yang kerap menjemukan. date: 2024-10 date_type: completed publisher: Institut Seni Indonesia Surakarta place_of_pub: Surakarta pages: 9 institution: Institut Seni Indonesia Surakarta department: Fakultas Seni Rupa dan Desain official_url: http://repository.isi-ska.ac.id referencetext: 1 Lanin, Ivan. “Keterampilan Berbahasa: Menyimak, Berbicara, Membaca dan Menulis”. 2023 [cited 8 Maret 2024]. https://ivanlanin.medium.com/keterampilan-berbahasa-2400675ad791. 2 Kochito, Mamo. “The Use of Authentic Materials in Teaching Listening Skills to College Students: The Case of Bonga College of Teacher Education”. Tesis. Addis Ababa University; 2013. 3 Harefa, Vonnita. tt. “Bahasa Indonesia di Takarir”. 2024 [cited 10 Maret 2024]. https://kantorbahasamaluku.kemdikbud.go.id/2023/06/bahasa-indonesia-di-takarir/. 4 Lanin, Ivan. “Enam Laras Bahasa”. 2021 [cited 8 Maret 2024]. https://narabahasa.id/nawala-narabahasa/enam-laras-bahasa/. 5 Brown, H. D. Principles of Language Teaching and Learning. White Plains, NY: Longman; 2000. 6 Nakrowi, Zain Syaifudin. “Revitalisasi Nilai Kearifan Lokal melalui Pembelajaran Debat Bahasa Indonesia”. Jurnal Onoma: Pendidikan Bahasa dan Sastra. 2022; Vol. 8, No. 1. 301—318 7 I Komang Sulatra. Media Televisi, Pemertahanan dan Perencanaan Bahasa Indonesia. 2014 Sep. 28 [cited 2024 Mar. 20]; 6(2). Available from: https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/sphota/article/view/1287 8 Telestream. “What are Closed Captions?”. Captioning Product Article; 2015. 9 Sa’diyah, Ilmatus. “Film dalam Pembelajaran Empat Keterampilan Berbahasa Indonesia Mahasiswa BIPA”. Jurnal Universitas Indonesia; tt. 10 Hidayati, Febby Amalia. “Subtitling Strategies And The Resulted Readability Of Indonesian Subtitles Of Moana” . Skripsi Sastra Inggris, Universitas Negeri Semarang; 2019. 11 Sarah Rose Zamoon. Closed captioned television: a perceived means to self-help in second language learning. Thesis Iowa State University; 1996. 12 Creswell, J. W., & Poth, C. N. Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Approaches (4th ed.). Los Angeles. SAGE Publications; 2018. p.44 13 Denzin NK, Lincoln YS. The SAGE Handbook of Qualitative Research. 5th ed. Los Angeles: SAGE Publications; 2018. citation: Aulia, Farhana and Abdullah, Varatisha Anjani and Fauziyah, Nafisa Nur (2024) PENGUATAN KETERAMPILAN BAHASA INDONESIA MAHASISWA DENGAN PEMBUATAN TAKARIR FILM SEBAGAI INOVASI PEMBELAJARAN LARAS BAHASA KREATIF. Project Report. Institut Seni Indonesia Surakarta, Surakarta. (Unpublished) document_url: http://repository.isi-ska.ac.id/7775/1/Farhana%20Aulia%2C%20-%20Copy%20-%20Copy.pdf