eprintid: 7774 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 15 dir: disk0/00/00/77/74 datestamp: 2025-09-16 05:29:19 lastmod: 2025-09-16 05:29:19 status_changed: 2025-09-16 05:29:19 type: monograph metadata_visibility: show creators_name: Rizkizha, Ditya Fajar creators_name: Rizqi, Wahid Tuftazani creators_name: Hamzah, Taufiq Ramadian title: MEDIA PEMBELAJARAN AKTIF: ISLAMIC BOARD GAME BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS TUNAGRAHITA DI SLB NEGERI 1 YOGYAKARTA ispublished: unpub subjects: AB divisions: sch_law full_text_status: public monograph_type: project_report keywords: Board Game, Tunagrahita, Multimedia, Ilustrasi. abstract: Pada dasarnya manusia diciptakan sebagai makhluk bertuhan. Kewajiban sesudahnya adalah bagaimana upaya untuk terus meningkatkan ketakwaan dan keimanan yang dimilikinya. Hal ini berlaku bagi siapapun, tak terkecuali pada anak berkebutuhan khusus. Peningkatan ketakwaan ini bisa dilakukan melalui pembelajaran di kelas, sehingga proses pembelajaran sebaiknya dilakukan dengan suasana yang menarik dan menyenangkan. Hal ini dapat dilakukan dengan membuat board game yang sesuai dengan target audience berupa anak tunagrahita. Penelitian ini akan memadukan beragam disiplin ilmu yang berperan dalam merancang sebuah permainan sebagai solusi dalam memecahkan permasalahan yang ada, berupa lintas bidang desain produk, desain komunikasi visual dan bidang ilmu agama Islam yang akan sangat memperhatikan perencanaan dan perancangan media edukasi dan informasi berupa permainan anak yang tidak terlepas dari aspek organisasi bidang dan organisasi visual. Kombinasi dari kedua bidang tersebut dapat merangsang pembelajaran aktif pada Anak Berkebutuhan Khusus tunagrahita. Berdasarkan latar belakang tersebut kemudian dilakukan upaya menawarkan solusi berupa perancangan media permainan anak dengan konten Islam sebagai media untuk merangsang pembelajaran aktif pada Anak Berkebutuhan Khusus tunagrahita yang dapat digunakan sebagai media penyampaian informasi dan permainan sehingga pembelajaran dapat menyenangkan. Menggunakan metode dari Luther, board game yang diciptakan diharapkan benar-benar akan sesuai dengan anak tunagrahita yang merupakan target audience dari penelitian ini. date: 2024-08 date_type: completed publisher: Institut Seni Indonesia Surakarta place_of_pub: Surakarta pages: 6 institution: Institut Seni Indonesia Surakarta department: Fakultas Seni Rupa dan Desain official_url: http://repository.isi-ska.ac.id referencetext: 1. Mualimin M. Konsep Fitrah Manusia Dan Implikasinya Dalam Pendidikan Islam. Al- Tadzkiyyah J Pendidik Islam. 17 November 2017;8(2):249. 2. Noor K. Nilai Dasar Islam Mengenai Disabilitas dan PAI pada SLB [Internet]. 2023 [dikutip 24 Mei 2023]. Tersedia pada: https://pendis.kemenag.go.id/pai/berita-278-nilai-dasar-islammengenai- disabilitas-dan-pai-pada-slb-.html 3. UU Sisdiknas. UU Sisdiknas No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. 4. UUD. 1945. 5. Mufida A, Abidin MR. Perancangan Board Game sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris Anak Usia 6-10 Tahun. 2021;2(3). 6. www.slbn1yogyakarta.sch.id [Internet]. [dikutip 24 Mei 2023]. Tersedia pada: http://slbn1yogyakarta.sch.id/html/profil.php?id=profil&kode=14&profil=Sambutan%20Ke pala%20Sekolah 7. Ayu F. Wawancara dengan Faisya Ayu selaku Guru di SLB Negeri 1 Yogyakarta. 2023. 8. Candra HA, Wahyuno E. Permainan Teka-Teki Silang Bergambar dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Anak Tunagrahita Ringan. J ORTOPEDAGOGIA. 28 Agustus 2018;2(1):51–3. 9. Amalia NP, Makhfud. Potret Pembelajaran Pendidikan Islam Pada Anak Tunagrahita Di Sekolah Luar Biasa Bhakti Pemuda Kota Kediri. Indones J Islam Educ Stud IJIES. 2019;2(2):193–202. 10. Ramadhani R. Pengembangan APE Board Game untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Tunagrahita Ringan. E-J Skripsi Program Studi Teknol Pendidik. 2020;9(5):536– 46. 11. Tirtouotomo S. Perancangan Media Board Game untuk Remaja Tentang Perilaku Baik dan Buruk. 2015; 12. Wicaksono AI. Perancangan Board Game Augmented reality Sebagai Media Pembelajaran Bertema Perang Kerajaan Kediri Melawan Tentara Mongol. 2019; citation: Rizkizha, Ditya Fajar and Rizqi, Wahid Tuftazani and Hamzah, Taufiq Ramadian (2024) MEDIA PEMBELAJARAN AKTIF: ISLAMIC BOARD GAME BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS TUNAGRAHITA DI SLB NEGERI 1 YOGYAKARTA. Project Report. Institut Seni Indonesia Surakarta, Surakarta. (Unpublished) document_url: http://repository.isi-ska.ac.id/7774/1/Ditya%20Fajar%20Rizkizha%20-%20Copy%20-%20Copy.pdf