TY - UNPB CY - Surakarta UR - http://repository.isi-ska.ac.id N2 - Penelitian ini bertujuan untuk melakukan observasi terhadap representasi keris yang difungsikan sebagai salah satu strategi konten dakwah yang dilakukan oleh Ustad Salim A. Fillah di platform Youtube. Sebagai sebuah karya seni tradisi, keris dinarasikan oleh Ustad Salim A. Fillah dengan menggunakan pendekatan historis, khususnya pada sejarah persebaran Islam di Nusantara, spesifiknya di Pulau Jawa. Oleh sebab itu, secara kualitatif deskriptif, penelitian ini mencoba untuk melihat sejumlah strategi Ustad Salim A. Fillah sebagai pendakwah yang membidik penikmat dan pengamat budaya sebagai target dakwahnya. Data primer dalam penelitian ini dihimpun konten analisis dari sejumlah video yang dipublikasikan melalui kanal Youtube Salim A. Fillah. Sebagai pelengkap, peneliti juga melakukan studi pustaka dari literatur dan wawancara dengan akademisi perkerisan untuk dijadikan data sekunder. Kerangka teori terkait Representasi yang cukup fenomenal dari Stuart Hall pun menjadi pisau analisis dalam mengolah data. Dari situ kita akan melihat bersama bagaimana strategi Ustad Salim A. Fillah dalam berdakwah dengan membawa representasi keris di setiap konten videonya. Urgensi dari penelitian ini adalah temuan secara konstruktif dalam melihat fenomena integrasi antara seni keris dan strategi dakwah agama Islam, mengingat selama ini keris senantiasa diasumsikan secara liar sebagai benda magis yang dekat dengan kesyirikan. Luaran dari penelitian ini adalah submit artikel jurnal nasional berindeks SINTA. Bila memungkinkan kami menargetkan di jurnal Al Jami?ah: Journal of Islamic Studies. EP - 13 PB - Institut Seni Indonesia Surakarta A1 - Sayekti, Devi Nirmala Muthia A1 - Harsakya, Cahya Surya A1 - Fakurohmah, Layla Fadilla ID - eprintsOLD7773 M1 - project_report KW - keris KW - islam dan jawa KW - strategi dakwah KW - seni dan agama TI - ISLAM DAN JAWA YANG BERKELINDAN: REPRESENTASI KERIS SEBAGAI STRATEGI DAKWAH USTAD SALIM A. FILLAH MELALUI MEDIA DIGITAL Y1 - 2024/10// AV - public ER -