eprintid: 7763 rev_number: 17 eprint_status: archive userid: 15 dir: disk0/00/00/77/63 datestamp: 2025-09-16 04:00:03 lastmod: 2025-09-16 05:22:50 status_changed: 2025-09-16 04:00:03 type: monograph metadata_visibility: show creators_name: Cahyani, Anisa Putri creators_name: Rahmawati, Anisah title: IMPLEMENTASI PEMANFAATAN SINIAR (PODCAST) DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS KOLABORATIF TINGKAT PERGURUAN TINGGI ispublished: unpub subjects: AK divisions: sch_man full_text_status: public monograph_type: project_report keywords: Siniar Podcast, Kolaboratif, Membaca Mendengarkan Ekstensif, Bahasa Inggris, Perguruan Tinggi abstract: Penelitian ini mengeksplorasi praktik pembelajaran Bahasa Inggris di perguruan tinggi menggunakan siniar atau podcast, diimplementasikan dengan pola metode gabungan Membaca dan Mendengarkan Ekstensif (Extensive Reading While Listening/ERWL) yang kolaboratif. Melibatkan dua kelas dengan tingkat kemampuan berbeda (intermediate dan advanced) masing-masing terdiri dari 18 hingga 20 mahasiswa, penelitian ini fokus menginvestigasi tiga hal, yaitu: 1) proses penentuan siniar (podcast) yang akan digunakan dalam pembelajaran Bahasa Inggris berdasarkan kemampuan dasar mahasiswa 2) implementasi siniar (podcast) dalam pembelajaran Bahasa Inggris, dan 3) evaluasi implementasi siniar (podcast). Pengumpulan data adalah melalui pengamatan, wawancara, dan studi literatur, kemudian dianalisis secara kualitatif dengan mengacu pada prinsip Extensive Reading While Listening/ERWL dan Pembelajaran Kolaboratif. Hasil penelitian ini memberikan kontribusi pada literatur tentang praktek nyata pembelajaran Bahasa Inggris menggunakan siniar (podcast) khususnya yang berorientasi pada peserta didik, dengan pendekatan komunikatif dan kolaboratif sehingga diperoleh rekomendasi terkait implementasi penggunaan podcast untuk pembelajaran Bahasa Inggris. date: 2024-10 date_type: completed publisher: Institut Seni Indonesia Surakarta place_of_pub: Surakarta pages: 5 institution: Institut Seni Indonesia Surakarta department: Fakultas Seni Rupa dan Desain referencetext: Suriani A, Chandra C, Sukma E, Habibi H. Pengaruh Penggunaan Podcast dan Motivasi Belajar terhadap Keterampilan Berbicara pada Siswa di Sekolah Dasar. J Basicedu. 2021;5(2):800–7. 2. Forsia L, Syekh-yusuf I. WATCHING ENGLISH MOVIE ON IMPROVING STUDENTS ’ WRITING Received : 31 October 2022 Revised : 03 November 2022. 2022; 3. Al-Asmahi MI, Novrianti N, Zuliarni Z, Maiziani F. Pengembangan Desain Pesan Podcast Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris. J Literasi Digit. 2022;2(2):85–95. 4. Rahayuningsih R, Rosalinah Y, Subroto I. Teaching Listening Through Podcast. Wanastra J Bhs dan Sastra. 2021;13(2):93–101. 5. Fietze S. Podcast in higher education: Students usage behaviour. ASCILITE 2009 - Australas Soc Comput Learn Tert Educ. 2009;314–8. 6. Ilyas M, Miranti Eka Putri, Ramadan ZH, Mayasari AD. Pemanfaatan Media Podcast Spotify Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Bagi Siswa di SMK YAPIM Siak Hulu Riau. J Hum Educ. 2024;4(1):172–8. 7. Ifedayo AE, Ziden AA, Ismail AB. Podcast acceptance for pedagogy: the levels and significant influences. Heliyon. 2021;7(3):e06442. 8. Marcelo Sandoval Zapata Claudio M. Podcast-based lessons: a useful tool to improve university students’ descriptive oral skills 52 Podcast-based lessons: a useful tool to improve university students’ descriptive oral skills. 2019; 9. Chan WM. Video Podcasting as a Supplementary Language Learning Tool – A Study of Its Use , Student Access and Perceptions. 2014;11(2007):183–206. 10. Saragih D, Marpaung A, Saragih RPS. Influence of Podcast In Improving Students’ Listening Skill of Senior High School. Int J Corner Educ Res. 2022;1(2):57–68. 11. Nugrahini Y, Rahmadhani K. The effectiveness of english podcast for fourth semester students’ listening ability at Universitas Bhinneka PGRI. LinguA-LiterA J English Lang Teach Learn Lit [Internet]. 2021;4(1):68–78. Available from: https://jurnal.stkippgritrenggalek.ac.id/index.php/lingua/article/view/220%0Ahttps://jurna l.stkippgritrenggalek.ac.id/index.php/lingua/article/download/220/111 12. Istanto JW, Indrianti. Pelangi Bahasa Indonesia podcast: What, why and how? Electron J Foreign Lang Teach. 2011;8(January 2009):371–84. 13. Pd M. PERSEPSI SISWA TENTANG MENONTON PODCAST DALAM PROSES PEMBELAJARAN Students ’ Perception OnWatching Podcast In Learning Process. 2016; 14. Putra DE, Dianti, M.Pd R. Podcast Utilization To Enhance Student’S Listening Skill. Didascein J English Educ. 2022;3(1):14. 15. Tsuda K, Muramatsu N, Renandya WA, Jacobs GM. Combining extensive reading while listening (ERWL) with cooperative learning. JOALL (Journal Appl Linguist Lit. 2023;8(1):125–45. Jacobs GM. Collaborative Learning or Cooperative Learning? The Name Is Not Important; Flexibility Is. 2015;3(1):33–51. 17. Jeon EY, Richard Day KR. The effectiveness of core ER principles Five Principles and Reading Proficiency. 2015;27(2):302–7. Available from: http://nflrc.hawaii.edu/rfl citation: Cahyani, Anisa Putri and Rahmawati, Anisah (2024) IMPLEMENTASI PEMANFAATAN SINIAR (PODCAST) DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS KOLABORATIF TINGKAT PERGURUAN TINGGI. Project Report. Institut Seni Indonesia Surakarta, Surakarta. (Unpublished) document_url: http://repository.isi-ska.ac.id/7763/4/Anisa%20Putri%20Cahyani%20-%20Copy%20-%20Copy.pdf