TY - UNPB EP - 5 N2 - Penelitian ini mengeksplorasi praktik pembelajaran Bahasa Inggris di perguruan tinggi menggunakan siniar atau podcast, diimplementasikan dengan pola metode gabungan Membaca dan Mendengarkan Ekstensif (Extensive Reading While Listening/ERWL) yang kolaboratif. Melibatkan dua kelas dengan tingkat kemampuan berbeda (intermediate dan advanced) masing-masing terdiri dari 18 hingga 20 mahasiswa, penelitian ini fokus menginvestigasi tiga hal, yaitu: 1) proses penentuan siniar (podcast) yang akan digunakan dalam pembelajaran Bahasa Inggris berdasarkan kemampuan dasar mahasiswa 2) implementasi siniar (podcast) dalam pembelajaran Bahasa Inggris, dan 3) evaluasi implementasi siniar (podcast). Pengumpulan data adalah melalui pengamatan, wawancara, dan studi literatur, kemudian dianalisis secara kualitatif dengan mengacu pada prinsip Extensive Reading While Listening/ERWL dan Pembelajaran Kolaboratif. Hasil penelitian ini memberikan kontribusi pada literatur tentang praktek nyata pembelajaran Bahasa Inggris menggunakan siniar (podcast) khususnya yang berorientasi pada peserta didik, dengan pendekatan komunikatif dan kolaboratif sehingga diperoleh rekomendasi terkait implementasi penggunaan podcast untuk pembelajaran Bahasa Inggris. UR - http://repository.isi-ska.ac.id/7763/ CY - Surakarta M1 - project_report ID - eprintsOLD7763 PB - Institut Seni Indonesia Surakarta A1 - Cahyani, Anisa Putri A1 - Rahmawati, Anisah TI - IMPLEMENTASI PEMANFAATAN SINIAR (PODCAST) DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS KOLABORATIF TINGKAT PERGURUAN TINGGI Y1 - 2024/10// KW - Siniar Podcast KW - Kolaboratif KW - Membaca Mendengarkan Ekstensif KW - Bahasa Inggris KW - Perguruan Tinggi AV - public ER -