eprintid: 7761 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 24 dir: disk0/00/00/77/61 datestamp: 2025-09-11 04:01:33 lastmod: 2025-09-11 04:01:33 status_changed: 2025-09-11 04:01:33 type: monograph metadata_visibility: show creators_name: Dwiyasmono, Dwiyasmono creators_name: Murtono, Taufik creators_name: Aliyya, Nadhira Putri creators_name: Pangestu, Meliana Enggal title: PROBLEMATIKA REPRESENTASI TARI DALAM IKLAN DI INDONESIA ispublished: unpub subjects: AC divisions: sch_geo full_text_status: public monograph_type: project_report keywords: kearifan budaya dalam iklan, makna seni dalam iklan, problematika representasi. abstract: Penelitian dasar ini yang bertujuan mengetahui problematika representasi tari dalam iklan di Indonesia. Tari dalam iklan Indonesia menjadi problematik karena cenderung dimaknai melalui kajian-kajian terkini sebagai hasil komodifikasi dan pemaksaan simbol-simbol dalam budaya untuk kepentingan komersial. Kondisi ini cukup memprihatinkan bagi kemajuan dunia seni, khusunya tari maupun iklan. Seni sebagai bagian dari budaya seharusnya lebih dapat bermakna sebagaimana mestinya dalam setiap sendi kehidupan, termasuk dalam penciptaan iklan. Metode studi literatur menjadi cara penelitian untuk mengungkap peran seni, dalam hal ini tari dalam iklan secara lebih beragam. Penelusuran beragam pustaka baik tulisan di jurnal ilmiah, prosiding, serta buku dimaksudkan untuk mendapatkan pemahaman tersebut. Tahapan penelitian meliputi 1) merumuskan pertanyaan dan protokol inklusi dan eksklusi data tulisan, 2) menelusuri tulisan yang memenuhi syarat dari database Google Scholar dan Scopus, 3) memilih data tulisan dengan cara mengekstrak data dan mengidentifikasi duplikasi data, 4) menganalisis data berdasarkan kuantitas dan kualitas tulisan sesuai kelompok-kelompok tema, 5) menyajikan data dalam matriks analisis, 6) menafsirkan hasil analisis dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian diharapkan mampu memberi sumbangan pengetahuan mengenai peran tari sebagai hasil cipta, rasa, dan karsa bangsa dalam memberi makna dalam iklan melalui representasi kearifan budaya suatu masyarakat. Luaran penelitian mono tahun ini adalah artikel di jurnal internasional bereputasi sedang atau jurnal Sinta 2 dengan status submitted. date: 2023-05-27 date_type: completed publisher: ISI Surakarta place_of_pub: Surakarta pages: 37 institution: Institut Seni Indonesia Surakarta department: Fakultas Seni Pertunjukan official_url: https://repository.isi-ska.ac.id referencetext: Adhirahma, Latif. 2021. “REPRESENTASI KEBUDAYAAN INDONESIA DALAM IKLAN ROKOK GUDANG GARAM.” Universitas Muhammadiyah Surakarta. Dwiyasmono, Dwiyasmono. 2018. “The Creation of ‘LAKU’ Multimedia Dance.” Arts and Design Studies 68 (1). ———. 2021. “Harjuna-Keratarupa Dance Development.” Arts Des. Stud 96 (1). Ginanjar, Fahmi Prastio. 2022. “Objektifikasi Perempuan Sebagai Elemen Persuasif dalam Iklan: Kritik Terhadap Iklan Shopee 11.11 Big Sale Versi Tukul Arwana.” CITRAWIRA: Journal of Advertising and Visual Communication 3 (1): 59–68. https://doi.org/10.33153/citrawira.v3i1.4621. Hall, Stuart. 2020. “The work of representation.” In The applied theatre reader, 74–76. Routledge. Handayani, Dian. 2019. “REPRESENTASI BUDAYA DALAM IKLAN:(Analisa Semiotika Iklan Marjan Versi Tari Betawi dan Sepatu Roda).” Jurnal Budaya Nusantara 3 (1): 12– 22. Hereyah, Yoyoh. 2012. “Komodifikasi Budaya Lokal dalam Iklan: Analisis Semiotik pada Iklan Kuku Bima Energi versi Tari Sajojo.” In Prosiding Seminar Nasional Menggagas Pencitraan Berbasis Kearifan Lokal. Purwokerto: Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Jenderal Soedirman. Hermawan, Herry. 2022. “Penggunaan Seksualitas Wanita Dalam Iklan Televisi” 1 (2): 112– 18. Hermawan, Herry, dan Radja Erland Hamzah. 2017. “Objektifikasi Perempuan dalam Iklan Televisi : Analisis Lintas Budaya terhadap Iklan Parfum Axe yang Tayang di Televisi Indonesia dan Amerika Serikat.” Jurnal Kajian Media 1 (2): 166–76. https://doi.org/10.25139/jkm.v1i2.721. Indrayana, Andika. 2014. “Analisis Wacana Kritis Komodifikasi Budaya Lokal pada Iklan Televisi (Studi Kasus Produk Frestea versi Hiphop Wedding).” DeKaVe 7 (2): 35–46. Marta, Rustono Farady, dan Jean Sierjames Rieuwpassa. 2018. “Identifikasi nilai kemajemukan Indonesia sebagai identitas bangsa dalam iklan Mixagrip versi keragaman budaya.” Jurnal Kajian Komunikasi 6 (1): 37–50. Mosco, Vincent. 2009. “The political economy of communication.” The Political Economy of Communication. Nadya, Najna, Siti Maryam, dan Ratu Nadya W. 2020. “Representasi Budaya Partiarki dalam Iklan Televisi Sariwangi Versi #maribicara.” IKON 24 (1): 16–27. Novianto, Wahyu, Taufik Murtono, dan Dwiyasmono Dwiyasmono. 2019. “Deconstructing the Past in Indonesian Contemporary Dance.” Arts and Design Studies 78. Orasi, Ifentigo Nalika. 2022. “Makna Perempuan dalam Iklan Shopee 11.11 Big Sale Nikmati COD Gratis Tanpa Minimum Ongkir.” Universitas Jenderal Soedirman. Paré, Guy, dan Spyros Kitsiou. 2017. “Methods for literature reviews.” In Handbook of eHealth Evaluation: An Evidence-based Approach [Internet]. University of Victoria. Permana, Anintya Wanda, dan Ana Rosmiati. 2019. “Kajian Semiotika Simbol Budaya Keraton Surakarta dalam Iklan Kuku Bima Ener-G Versi Visit Jawa Tengah.” Kadera28 Bahasa 11 (1): 45–58. Permana, Gandara. 2018. “Visualisasi Seni Sebagai Aspek Kreatif Periklanan.” Jurnal Bahasa Rupa 1 (2): 108–14. Qeis, Muhammad Iqbal. 2014. “CITRAAN INDONESIA DALAM IKLAN TELEVISI ‘VISIT INDONESIA YEAR 2008.’” Deiksis 6 (01): 63–77. Safarudin, Safarudin. 2021. “Mistifikasi Prabowo-Sandi dalam Iklan Politik.” PERSPEKTIF 10 (1): 255–64. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31289/perspektif.v10i1.4682. Syafuddin, Khairul, dan Rino Andreas. 2018. “Komodifikasi Nasionalisme Dalam Iklan Sirup.” In Prosiding University Research Colloquium, 245–58. Templier, Mathieu, dan Guy Paré. 2015. “A framework for guiding and evaluating literature reviews.” Communications of the Association for Information Systems 37 (1): 6 citation: Dwiyasmono, Dwiyasmono and Murtono, Taufik and Aliyya, Nadhira Putri and Pangestu, Meliana Enggal (2023) PROBLEMATIKA REPRESENTASI TARI DALAM IKLAN DI INDONESIA. Project Report. ISI Surakarta, Surakarta. (Unpublished) document_url: http://repository.isi-ska.ac.id/7761/1/lap_akhir_DWIYASMONO%20dkk%20-%20UP.pdf