%0 Report %9 Project Report %A Dwiyasmono, Dwiyasmono %A Murtono, Taufik %A Aliyya, Nadhira Putri %A Pangestu, Meliana Enggal %C Surakarta %D 2023 %F eprintsOLD:7761 %I Institut Seni Indonesia Surakarta %K kearifan budaya dalam iklan, makna seni dalam iklan, problematika representasi. %T PROBLEMATIKA REPRESENTASI TARI DALAM IKLAN DI INDONESIA %U http://repository.isi-ska.ac.id/7761/ %X Penelitian dasar ini yang bertujuan mengetahui problematika representasi tari dalam iklan di Indonesia. Tari dalam iklan Indonesia menjadi problematik karena cenderung dimaknai melalui kajian-kajian terkini sebagai hasil komodifikasi dan pemaksaan simbol-simbol dalam budaya untuk kepentingan komersial. Kondisi ini cukup memprihatinkan bagi kemajuan dunia seni, khusunya tari maupun iklan. Seni sebagai bagian dari budaya seharusnya lebih dapat bermakna sebagaimana mestinya dalam setiap sendi kehidupan, termasuk dalam penciptaan iklan. Metode studi literatur menjadi cara penelitian untuk mengungkap peran seni, dalam hal ini tari dalam iklan secara lebih beragam. Penelusuran beragam pustaka baik tulisan di jurnal ilmiah, prosiding, serta buku dimaksudkan untuk mendapatkan pemahaman tersebut. Tahapan penelitian meliputi 1) merumuskan pertanyaan dan protokol inklusi dan eksklusi data tulisan, 2) menelusuri tulisan yang memenuhi syarat dari database Google Scholar dan Scopus, 3) memilih data tulisan dengan cara mengekstrak data dan mengidentifikasi duplikasi data, 4) menganalisis data berdasarkan kuantitas dan kualitas tulisan sesuai kelompok-kelompok tema, 5) menyajikan data dalam matriks analisis, 6) menafsirkan hasil analisis dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian diharapkan mampu memberi sumbangan pengetahuan mengenai peran tari sebagai hasil cipta, rasa, dan karsa bangsa dalam memberi makna dalam iklan melalui representasi kearifan budaya suatu masyarakat. Luaran penelitian mono tahun ini adalah artikel di jurnal internasional bereputasi sedang atau jurnal Sinta 2 dengan status submitted.