eprintid: 7748 rev_number: 13 eprint_status: archive userid: 24 dir: disk0/00/00/77/48 datestamp: 2025-09-09 02:06:38 lastmod: 2025-09-10 03:32:57 status_changed: 2025-09-09 02:06:38 type: monograph metadata_visibility: show creators_name: Indarto, Indarto creators_name: Pertiwi, Ayu Ratna creators_name: Aji, Adi Setya creators_name: Meilana, Cindy creators_name: Putra, Andre Erlangga creators_name: Nurahyari, Syauqi Adam creators_name: Masabdi, HAbib Hasan Abdi title: STRATEGI BRANDING WISATA MELALUI SOFTWARE 3D MODELLING BLENDER DENGAN BAHAN SERAT ALAM ispublished: unpub subjects: AE subjects: AZ divisions: sch_hum full_text_status: public monograph_type: project_report keywords: Bregada, kanigara,spirit, kesatria abstract: Pariwisata sebagai sektor yang memiliki potensi ekonomi memerlukan objek yang menjadi daya tarik. Daya tarik wisata dapat dimunculkan dari berbagai aspek, salah satunya adalah ikon. Ikon diantaranya dapat dibuat dari ciri, budaya setempat kemudian diperbesar, menjadi patung, tugu maupun yang lainnya. Pembuatan patung menjadi kendala bagi masyarakat yang tidak memiliki pengetahuan keterampilan yang memadahi. Pembuatan patung atau ikon dapat dibuat dengan material apapun salah satunya adalah bahan dari serat. Bahan serat melimpah disekitar kita diantaranya adalah bambu, rami, kulit pohon, rotan, jerami dan sebagainya. Salah satu dareah di Solo Raya yang memiliki potensi pariwisata namun belum memiliki ikon dan branding adalah Desa Trangsan di Sukoharjo. Oleh karena itu penelitian ini adalah untuk memecahkan cara pembuatan patung atau ikon wisata melalui transfer dari software 3 dimensi menjadi objek skala 1 : 1 atau prototipe. Material penelitian berupa pasir, semen, kawat, kain kasa dan met serta serat alam sebagai material utama. Tahapan penelitian terdiri dari observasi dan analisis data, penetapan ikon wisata, pembuatan 3D modeling, pasca pembuatan modeling dilanjutkan dengan menyusun gambar pecahan sebagai acuan anatomi tokoh. Proses selanjutnya adalah pembuatan, perwujuduan prototipe, dan perlindungan hak kekayaan intelektual, dan uji publik. Luaran yang dihasilkan berupa desain, prototipe, ajuan hak kekayaan intelektual, artikel jurnal ilmiah. date: 2023-10-30 date_type: completed publisher: ISI Surakarta place_of_pub: Surakarta institution: Institut Seni Indonesia Surakarta department: Fakultas Seni Rupa Dan Desain official_url: https://repository.isi-ska.ac.id referencetext: Dini, Tria Ayu,2020, Paradigma Pendidikan Seni untuk Kehidupan Anak. Journal unnes Kartika, Dharsono Sony, 2016, Kreasi Artistik: perjumpaan tradisi modern dalam paradikma kekaryaan seni, ISI Press, Surakarta. Kayam, Umar, 2001, Kelir Tanpa Batas, Gama Media, Yogyakarta. Lombard, Denys, 2008, Nusa Jawa:Silang Budaya Kajian Sejarah Terpadu, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta. Peursen,1985, Strategi Kebudayaan, Yayasan Kanisius, Yogyakarta. Suharji, Soemaryatmi, 2015, Sosiologi Seni Pertunjukan Pedesaan, ISI Press, Surakarta. Suseno, Franz Magnis,1996, Etika Jawa, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta. Junaini ,Esma, 2017, Analisis Nilai Pendidikan Karakter dalam Cerita Rakyat Seluma, jurnal Korpus, Volume I, Nomor I. Maulana, Asep, 2018, Artikel, Lembaga UIN Sunan Gunung Djati Bandung, citation: Indarto, Indarto and Pertiwi, Ayu Ratna and Aji, Adi Setya and Meilana, Cindy and Putra, Andre Erlangga and Nurahyari, Syauqi Adam and Masabdi, HAbib Hasan Abdi (2023) STRATEGI BRANDING WISATA MELALUI SOFTWARE 3D MODELLING BLENDER DENGAN BAHAN SERAT ALAM. Project Report. ISI Surakarta, Surakarta. (Unpublished) document_url: http://repository.isi-ska.ac.id/7748/1/lap_akhir_INDARTO%20dkk%20-%20UPLOAD.pdf