%0 Report %9 Project Report %A Kurniawan, Donie Fadjar %C SURAKARTA %D 2024 %F eprintsOLD:7745 %I ISI Surakarta %T KEMAMPUAN BERBAHASA INGGRIS LISAN DENGAN SELF EFFICACY PADA SISWA KELAS 8 SMPN 8 SURAKARTA: Spoken English by Self Efficacy to Grade 8 Students of SMPN 8 Surakarta %U http://repository.isi-ska.ac.id/7745/ %X Kemampuan berbahasa Inggris lisan dari pembelajar bahasa asing di Indonesia masih sangat kurang dibandingkan kemampuan bahasa Inggris tulisan. Oleh karena itu diperlukan sutau yang belum banyak dilakukan yaitu menggunakan self efficacy. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi penerapan self efficacy atau efikasi diri tentang keterampilan speaking /berbicara pada murid kelas 8, SMPN 8 Surakarta. Konsep efikasi diri yang diteliti adalah magnitude, strength dan generality. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif yaitu pemaknaan atas kemampuan dan kepercayaan diri terhadap berbicara bahasa Inggris siswa. Informan dalam penelitian ini adalah murid/siswa kelas 8 atau tahun kedua tahun akademik 2023 – 2024 dengan menggunakan purposive sampling yaitu siswa dengan nilai bahasa Inggris bagus setiap kelas 8 sehingga terkumpul 16 siswa. Data penelitian berupa rekaman dari Bahasa Inggris lisan dari sumber data penelitian di jam aktif sekolah. Setelah data terkumpul maka data dianalisis berdasarkan tiga unsur efikasi diri di atas. Hasil dari penelitian ini menunjukkan unsur magnitude, strength dan generality mampu menaikkan lama berbicara dan keragaman kosa kata yang digunakan dengan semakin sedikit menggunakan pengulangan kata. Membiasakan berbicara dengan nyaman dan menambah kosakata baru diharapkan menjadikan bahasa Inggris lisan peserta menjadi lebih lama dan baik. Kata kunci : efikasi diri, magnitude, strength dan generality, bahasa inggris lisan,