eprintid: 7715 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 24 dir: disk0/00/00/77/15 datestamp: 2025-08-20 03:56:57 lastmod: 2025-08-20 03:56:57 status_changed: 2025-08-20 03:56:57 type: monograph metadata_visibility: show creators_name: Waluyo, Waluyo creators_name: Prilosadoso, Basnendar Herry creators_name: Pandanwangi, Brilindra title: MEDIA SOSIALISASI MODERASI BERAGAMA UNTUK ANAK MELALUI KOLABORASI PENCIPTAAN TEMBANG DOLANAN DENGAN BUKU ILUSTRASI ispublished: unpub subjects: AI divisions: sch_che full_text_status: public monograph_type: project_report keywords: Moderasi beragama, tembang dolanan, ilustrasi, siswa sekolah dasar, edukasi abstract: Bangsa Indonesia dikenal sebagai bangsa yang multikultural dimana kehidupan masyarakatnya hidup dalam keragaman, hal tersebut dapat dilihat dari keragaman budaya, bahasa, suku, ras, etnis dan agama. Moderasi beragama akan sangat dibutuhkan dalam kehidupan bermasyarakat terlebih dalam kehidupan bangsa yang multikultural. Dengan moderasi ini diharapkan mampu menyelamatkan kita dari sikap intoleran, ekstremisme dan aksi kekerasan. Moderasi beragama merupakan bagaimana kita dapat mengimplementasikan nilai-nilai luhur ajaran agama yang diyakini di dalam kehidupan masyarakat yang plural dan kompleks. Penyebarluasan informasi seputar moderasi beragama ini dibutuhkan oleh semua kalangan, baik dari semua golongan usia, status ekonomi, jenis kelamin, demografi dan aspek lainnya. Begitu juga bagi kalangan siswa sekolah dasar, dimana pada usia tersebut informasi dapat menjadi pedoman nantinya baik untuk sekarang dan di masa depan dalam memahami moderasi beragama. Diperlukan media yang sesuai dan kondisi, serta dibutuhkan alternatif agar informasi yang disampaikan dapat diterima serta menarik. Media alteranatif, salah satunya melalui tembang dolanan mempunyai visualisasi nilai yang tampak dari bentuk tembang dolanan dan syair mengandung ajaran moral yang berguna dan dapat digunakan sebagai media penyampaian pesan yang dapat diaplikasikan dalam pelestarian bahasa ibu dan pendidikan budi pekerti. Tujuan penelitian terapan, yaitu : 1). Karya tembang dolanan anak yang berisi materi tentang sosialisasi moderasi beragama, dan 2). Karya berupa buku ilustrasi anak yang berisi materi penjelasan tembang dolanan sebagai media publikasi yang efektif dan efisien mengenai sosialisasi moderasi beragama kepada siswa sekolah dasar. Metode penciptaan karya seni ada 6 (enam) tahapan yaitu : Discovery, Interpretation, Ideation, Experimentation, Evolution, dan Implementation. Melalui media ini diharapkan meningkatkan pemahaman dan pengetahuan kepada warga masyarakat, khususnya siswa sekolah dasar dalam sosialisasi moderasi beragama untuk menuju kehidupan date: 2022-11-11 date_type: completed publisher: ISI Surakarta place_of_pub: Surakarta pages: 63 institution: Institut Seni Indonesia Surakarta department: Fakultas Seni Pertunjukan official_url: https://repository.isi-ska.ac.id referencetext: Ariesta, F. W. (2019). Nilai Moral Dalam Lirik Dolanan Cublak-Cublak Suweng. Ilmu Budaya Cakrawala, 7(2), 188–192. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.34050/jib.v7i2.7104 Astuti, T. P., & Rosmiati, A. (2019). Gaya Desain Cover Buku Karya Djenar Maesa Ayu Tahun 2016. Texture, Art & Culture Journal, 2(1), 61–73. https://jurnal.isiska.ac.id/index.php/TXT/article/view/2656 Buana, D. R. (2020). Analisis Perilaku Masyarakat Indonesia dalam Menghadapi Pandemi Virus Corona (Covid-19) dan Kiat Menjaga Kesejahteraan Jiwa. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(3), 217–226. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i3.15082 Damayanti, (2021). Pentingnya Pemahaman Dan Implementasi Moderasi Beragama Dalam Kehidupan Generasi Milenial, Syattar, Jurnal Studi Ilmu-Ilmu Hukum dan Pendidikan, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Buton, Volume 2 No.1, November 2021 ISSN 2747-0350 Gilang, L., Sihombing, R. M., & Sari, N. (2017). Kesesuaian Konteks Dan Ilustrasi Pada Buku Bergambar Untuk Mendidik Karakter Anak. Jurnal Pendidikan Karakter, VII(2), 158–169. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpk.v7i2.15799 Hartiningsih, S. (2015). Revitalisasi Lagu Dolanan Anak dalam Pembentukan Karakter Anak Usia Dini. Atavisme, 18(2), 247–259. https://doi.org/10.24257/atavisme.v18i2.119.247- 259 Maharsi, I. (2016). Ilustrasi. ISI Yogyakarta. http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/1167 Maryaeni, M. (2009). Kajian Tembang Dolanan Dan Implikasinya Dalam Pendidikan Budi Pekerti Anak Bangsa Pada Pendidikan Dasar Dan Menengah. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Universitas Negeri Malang, 16(2), 186–193. http://journal.um.ac.id/index.php/pendidikan-dan-pembelajaran/article/view/2833 Pramana, C. (2020). Siapkah Dokter menghadapi Pandemi akibat Covid-19. 480(March), 0– 6. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.35338.62402 Prasetyo, Y. A. (2014). Ilustrasi Buku Cerita Fabel Sebagai Media Pendidikan Karakter Anak. Arty: Journal of Visual Arts, 3(1), 5–8. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/arty/article/view/4024 Retnoningsih, D. A. (2019). Pembentukan Sikap Tata Krama Siswa Sekolah Dasar Melalui Revitalisasi Pembiasaan Tembang Dolanan. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Program Studi Bahasa Dan Sastra Indonesia, 8, 61–70. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v8i2.1790 Susilo, Y. (2018). Pembelajaran Tembang Dolanan Untuk Melestarikan Bahasa Ibu Mengandung Ajaran Budi Pekerti. Seminar Nasional Bahasa, Sastra Daerah, Dan Pembelajarannya (SN-BSDP) Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Daerah FPBS - Universitas PGRI Semarang Di Semarang, JAwa Tengah 21 Februari 2018, 441–448. http://prosiding.upgris.ac.id/index.php/pbsd18/pbsd2018/paper/view/2421 Sutanto. Jessica , P, Cok Gede, Tedjokoesoemo, P. E. D. (2017). Upcycle Limbah Kayu Palet34 Jati Belanda Menjadi Wadah Modular Serbaguna Untuk Anak-Anak (Studi Kasus: Kota Surabaya). IDIMENSI INTERIOR, 15(1), 26–34. https://doi.org/10.9744/interior.15.1.26- 34 Sutedjo, Agus, Prilosadoso, B. . (2016). Perancangan Desain Permainan Materi Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Wayang Beber. Acintya Jurnal Penelitian Seni Budaya, ISI Surakarta, 8(1), 17–24. https://doi.org/https://doi.org/10.33153/acy.v8i1.1909 Telaumbanua, D. (2020). Urgensi Pembentukan Aturan Terkait Pencegahan Covid-19 di Indonesia. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 12(01), 59–70. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v12i01.290 Wajdi, M. B. N., Iwan Kuswandi, Umar Al Faruq, Zulhijra, Z., Khairudin, K., & Khoiriyah, K. (2020). Education Policy Overcome Coronavirus, A Study of Indonesians. EDUTEC : Journal of Education And Technology, 3(2), 96–106. https://doi.org/10.29062/edu.v3i2.42 Waluyo. (2018). Transidentalisme Seni dan Budaya : Kajian Apresiasi Kritis Estetika Islam alam , dan dalam kehadirannya di muka bumi ini , Islam berbaur bersinergi . Kehadiran Islam di tengah-tengah masyarakat yang suatu masyarakat muslim . Sehingga Agama adalah merupaka. Jurnal Penelitian, 12(1), 65–84. https://doi.org/10.21043/jp.v12i1.4130 Yunita, L. S. (2014). Bentuk Dan Fungsi Simbolis Tembang Dolanan Jawa. Nosi, 2, 472–478. http://scholar.googleusercontent.com/scholar?q=cache:I_-YJT- 7iNEJ:scholar.google.com/+BENTUK+DAN+FUNGSI+SIMBOLIS+TEMBANG+DOL ANAN+JAWA&hl=id&as_sdt=0,5 Yunus, N. R., & Rezki, A. (2020). Kebijakan Pemberlakuan Lock Down Sebagai Antisipasi Penyebaran Corona Virus Covid-19. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(3). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i3.15083 Zahrotunnimah, Z. (2020). Langkah Taktis Pemerintah Daerah Dalam Pencegahan Penyebaran Virus Corona Covid-19 di Indonesia. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(3). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i3.15103 citation: Waluyo, Waluyo and Prilosadoso, Basnendar Herry and Pandanwangi, Brilindra (2022) MEDIA SOSIALISASI MODERASI BERAGAMA UNTUK ANAK MELALUI KOLABORASI PENCIPTAAN TEMBANG DOLANAN DENGAN BUKU ILUSTRASI. Project Report. ISI Surakarta, Surakarta. (Unpublished) document_url: http://repository.isi-ska.ac.id/7715/1/25.%20Laporan%20Akhir%20-%20Terapan%20-%20Waluyo%20-%20UPLOAD.pdf