eprintid: 7708 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 24 dir: disk0/00/00/77/08 datestamp: 2025-08-20 02:16:12 lastmod: 2025-08-20 02:16:12 status_changed: 2025-08-20 02:16:12 type: monograph metadata_visibility: show creators_name: Nurnani, Dewi title: NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM THE RAMAYANA KARYA R.K. NARAYAN ispublished: unpub subjects: AS divisions: sch_ecs full_text_status: public monograph_type: project_report keywords: nilai-nilai, pendidikan karakter, Ramayana, The Ramayana abstract: Penelitian berjudul “Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam The Ramayana Karya R.K. Narayan” ini untuk mendeskripsikan bagaimana nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam sebuah buku karya penulis India, R.K. Narayan, berjudul The Ramayana, A Shortened Modern Prose Version of The Indian Epic. Nilai-nilai Pendidikan karakter, saat ini, sangat mendesak untuk diberikan terutama kepada semua anak bangsa sebagai generasi masa depan karena di era IT (Information technology) ini semuanya bisa diakses dengan mudah sehingga perlu ada penyaring agar tidak menimbulkan efek yang tidak diinginkan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan struktural melalui pengkajian unsur-unsur intrinsik dalam buku tersebut. Data diperoleh melalui studi pustaka dan wawancara langsung dengan Narasumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa plot/alur cerita Ramayana dimulai dari peristiwa penculikan Sita oleh Ravana, kemudian terjadi konflik yaitu perang antara Rama dan pasukan kera dengan Ravana dan pasukan raksasanya, dengan klimaks gugurnya Ravana dalam medan peperangan. Tokoh yang terlibat di dalamnya adalah tokoh protagonis yaitu Rama, Sita, Lakshmana, Hanuman, dan Vibishana, sedangkan tokoh antagonis adalah Ravana, Kumbakarna, Soorpanaka, dan Keikayi. Nilai - nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam cerita tersebut meliputi nilai-nilai religiusitas, nasionalisme, kemandirian, gotong royong, dan integritas date: 2022-11-11 date_type: completed publisher: ISI Surakarta place_of_pub: Surakarta pages: 43 institution: Institut Seni Indonesia Surakarta department: Fakultas Seni Pertunjukan official_url: https://repository.isi-ska.ac.id referencetext: Arifin, Muhammad, dan Arif Rahman Hakim. 2021. Kajian Karakter Tokoh Pandawa dalam Kisah Mahabharata Diselaraskan Dengan Pendidikan Karakter Bangsa Indonesia. Jurnal Syntax Transformation 2 (5). http://jurnal.syntaxtransformation.co.id/index.php/jst/article/view/284 Budhiman, Arie. 2017. Gerakan Penguatan Pendidikan Karakter. Kementerian Pendidikan Nasional Republik Indonesia. Endraswara, Suwardi. 2008. Metodologi Penelitian Sastra. Yogyakarta: MedPress. Gufron, Anik. 2010. Integrasi Nilai-nilai Karakter Bangsa pada Kegiatan Pembelajaran, dalam Cakrawala Pendidikan, Jurnal Ilmiah Pendidikan, Th.XXIX, Mei, hlm. 13-24. Hakim, Muhamad Nur. 2008. “Ajaran Etika Yang Terkandung Dari Perjalanan Hidup Tokoh Rama Dalam Kisah Ramayana” Skripsi, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta Irma, Nurika. 2018. “Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Novel IBUK Karya Iwan Setyawan” Jurnal RETORIKA, Junaini, Isma, Emi Agustina, dan Amril Canrhas. 2017. “Analisis Nilai Pendidikan Karakter Dalam Cerita Rakyat Seluma” Jurnal Korpus Volume 1, Nomor 1 (Agustus 2017): 39-43 Mansur, R. H. 2014. Implementasi Pendidikan Karakter di Satuan Pendidikan. Jurnal LPMP SulSel, 1(1): 1–13. Muniapan, Balakrishnan dan Biswajit Satpathy. 2010. “Ancient Indian wisdom for managers: the relevance of Valmiki Ramayana in developing managerial effectiveness” International Journal of Indian Culture And Business Management Volume 3 Nomor 6 (4 Oktober 2010): 645-668 Narayan, R.K.2000. The Ramayana, A Shortened Modern Prose Version of The Indian Epic, Vision Books, New Delhi. Nurgiyantoro, Burhan. 2015. Teori Pengkajian Fiksi (cetakan ke-11). Yogyakarta: Gajah Mada University Press. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2018 tentang Penguatan Pendidikan Karakter Pada Satuan Pendidikan Formal Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter38 Pradopo, Rahmat Djoko. 1995. Beberapa Teori Sastra. Metode Kritik dan Penerapan. Yogyakarta. Pustaka Pelajar. Stanton, Roberts. 1965. An Introduction To Fiction. USA: Holt, Rinehart and Winston, Inc. Sutopo, H.B. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif: Dasar Teori dan Terapannya dalam Penelitian. Surakarta: UNS Press. Teeuw, A. 1983. Membaca dan Menilai Sastra. Jakarta: Gramedia. Utorowati, Sri, dkk. 2018. Nilai Pendidikan Karakter Dalam Novel Mahabharata Dan Novel Bisma Dewabrata: Sebuah Kajian Intertekstual. Proceeding of The 8th University Research Colloquium 2018: Bidang Pendidikan, Humaniora dan Agama. Wellek, Rene and Warren, Austin. 1976. Theory of Literature. Florida: Harcourt, Brace & World, Inc. Wellek, Rene dan Austin Warren. (1990). Teori Kesusastraan Terjemahan Melani Budianto. Jakarta. PT Gramedia Wibowo, Yusuf Dwi. 2014. “Nilai-Nilai Moral Novel Ramayana Karya Sunardi D.M. Dan Implementasi Pembelajarannya Di SMA” Skripsi, Universitas Muhammadiyah Purworej citation: Nurnani, Dewi (2022) NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM THE RAMAYANA KARYA R.K. NARAYAN. Project Report. ISI Surakarta, Surakarta. (Unpublished) document_url: http://repository.isi-ska.ac.id/7708/1/10.%20Lap%20Akhir-Pustaka-Dewi%20Nurnani-UPLOAD.pdf